Mengenal Kelebihan Kamera DSLR Dan Kekurangannya

Diposting pada 361 views
kelebihan kamera DSLR

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan kamera populer yang terus berkembang hingga sekarang. Kameranya disebut bersaing dengan mirrorless .Perbedaan fisik hingga berbagai fitur yang dimilikinya menjadi kelebihan dan kekurangan keduanya. Tentu, ada kelebihan kamera DSLR yang tidak dimiliki mirrorless,sebelumnya juga watpedia sudah membuat artikel kamera mirrorless terbaik keluaran 2019 , intinya baik DSLR dan Mirrorless ada kekurangan dan kelebihan masing-masing .

Di artikel ini watpedia akan membahas mengenai kelebihan kamera populer tersebut. Kamera adalah kebutuhan penting jika Anda penggila fotografi. Jangan sampai setiap momen menarik terlewatkan karena tidak ada kamera. Jenis kamera juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah kamera DSLR yang memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut.

DSLR Mempunyai Fleksibilitas

Sudah menjadi rahasia umum jika kamera DSLR adalah kamera dengan lensa beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebut saja seperti lensa fisheye, lensa primer dan sebagainya. Setiap lensa memiliki kondisi dan manfaat yang bisa dicocokkan. Dengan mengetahui lensa yang terbaik, hasil foto yang menjadi jebretan juga bagus.

Contoh, ketika memotret landscape gunung, Anda bisa memasang lensa ultra wide karena membuat setiap sudut bisa masuk ke sudut. Untuk objek kecil bisa memilih lensa makro agar objek terlihat besar di hasil foto yang didapat, dan sebagainya. Hal ini membuatnya terkesan begitu menarik dan banyak diminati.

Mempunyai Kualitas Gambar Bagus

Dibanding kamera biasa, kamera DSLR menjanjikan hasil foto yang jauh lebih baik. Meskipun memiliki pixel dan fitur yang sama, entah kenapa hasil foto kamera DSLR jauh lebih bagus dan menjanjikan dibanding kamera digital biasa.

Kualitas gambarnya memang sudah dibuktikan sendiri oleh para fotografer di dunia. Inilah kelebihan DSLR yang tidak dimiliki kamera jenis lainnya. Dengan kualitas yang bagus, tentu hasil foto lebih memuaskan.

Kinerja Yang Lebih Baik

Dibanding kamera digital, kamera DSLR mempunyai kinerja yang lebih baik dengan hasil yang sangat menjanjikan. Contohnya adalah bagian autofokus yang ia miliki lebih cepat dengan penundaan rana yang lebih pendek dibanding jenis kamera lainnya.

Bukan hanya itu, kamera ini juga mempunyi kapasitas memori yang besar. Bukan hanya itu, kameranya juga dibekali titik dan fungsi yang lengkap. Meskipun mudah, pemula tetap harus belajar supaya bisa memakainya dengan baik.

Aksesoris Dan Perangkat Yang Mudah Untuk Diupgrade

Kelebihan kamera DSLR selanjutnya adalah berbagai aksesoris yang diperlukan banyak dijual di pasaran. Contohnya seperti lensa dan aksesoris kamera lainnya. Artinya, Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari aksesoris yang nantinya akan digunakan. Dengan aksesoris melimpah, tampilan kamera lebih menjanjikan.

Bukan hanya itu, perangkat juga bisa diupgrade dengan sangat mudah. Jadi agar lebih fresh dan tidak ketinggala jaman . Inilah alasan kenapa meksipun kamera ini sudah berumur tua namun tidak ketinggalan zaman.

Bentuk Yang Besar Dengan Beban Yang Berat

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, kamera DSLR juga memilki kekurangan. Terutama untuk ukuran bentuk yang lebih besar dan berat jika dibawa berpergian. Wajar karena jenis kamera ini menggunakan sistem adanya cermin dan prisma didalamnya. Akhirnya kamera ini memiliki bodi yang lebar dan juga kening yang sangat menonjol.

Posisi viewfinder di kamera ini harus segaris dengan sensor digital dan juga sumbu optik. Ini yang membuat kamera DSLR mempunyai bentuk body dasar mirip. Bukan hanya komponennya yang besar, body kameranya juga cukup berat jika dibawa. Bagi pemula, tentu akan minder jika membawa kamera besar namun tidak terampil menggunakannya.

Mekanismenya Cukup Rumit Sehingga Harus Belajar Tekun

Selain kelebihan kamera DSLR yang beragama, ternyata penggunaan kamera ini juga ada kekurangannya. Bukan hanya bobot dan bodynya saja yang berat, mekanisme untuk menggunakan kamera ini juga cukup berat alias rumit. Berbeda dengan mekanisme kamera digital yang cenderung lebih sederhana, kamera ini membutuhkan skill yang mumpuni untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Berbeda dengan kamera digital yang tinggal jepret saja. Untuk mendapat skill mumpuni dan menghasilkan foto yang bagus, Anda harus belajar dengan tekun. Terlebih jika ingin menghasilkan foto yang bagus eperti fotografer profesional

Harga Yang Cukup Mahal

Komponennya yang rumit membuat kamera ini membutuhkan proses perakitan yang mahal. Jadi tidak heran jika harga kameranya juga mahal di pasaran. Bandingkan saja dengan kamera jenis lain di pasarannya. Ya, semakin lengkap fitur yang ada di kamera, semakin besar resolusinya, maka harga yang harus ditebus juga lebih mahal.

Bahkan tidak sedikit harga kamera yang mencapai ratusan juta rupiah atau seharga mobil kelas premium. Ini berbeda dengan kamera digital yang lebih simple sehingga harganya juga lebih terjangkau dibanding kamera DSLR.

Demikian artikel dari watpedia mengenai kelebihan kamera DSLR dan berbagai kekurangannya. Kamera adalah kebutuhan pokok bagi Anda yang ingin berprofesi atau punya hobi fotogafi. Tidak sedikit fotografer profesional harus mengeluarkan uang yang besar untuk mendapat kamera impiannya. Wajar karena menambah kualitas foto yan dihasilkan. Akhirnya memberi kepuasan yang amat besar bagi orang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *