Cara Memilih Kamera Yang Bagus Untuk Pemula

Diposting pada 158 views
cara memilih kamera yang bagus

Jika ingin memasuki dunia fotografi, yang tidak boleh dilewatkan adalah kamera. Banyak jenis kamera yang bisa ditemui di pasaran. Mulai dari kamera poket, DSLR, mirrorless dan masih banyak jenis lainnya. Memilih kamera tidak boleh asal karena mempengaruhi kualitas foto. Anda butuh riset agar mendapat kamera yang bagus. Di artikel berikut, watpedia membahas mengenai cara memillih kamera yang bagus.

Saat memilih kamera,usahakan menyesuaikan preferensi pribadi dan jangan berpatok pada anggapan orang lan. Karena kamera tersebut tidak digunakan oleh orang lan melainkan diri kita sendiri. Bisa saja kamera tersebut tidak cocok dengan orang lain namun cocok untuk Anda Langsung saja, simak cara memilih kamera terbaik yang harus Anda terapkan.

Tujuan Membeli Kamera

Saat ingin memilih dan membeli kamera,, perhatikan apa tujuan Anda untuk mendapatkan kamera tersebut. Misal, jika ingn membeli kamera untuk keperluan fotografi, Anda harus membeli kamera yang fiturnya  mampu memberi hasil yang bagus dan mumpun. Tujuannya supaya hasil foto yang dihasilkan benar-benar bagus.

Sebut saja kamera DSLR semipro yang fitur didalamnya benar-benar sesuai dengan kebutuha fotografi Anda. Sebaliknya, jika ingin memilih kamera untuk keperluan pribadi atau dokumentasi sederhana, kamera digital bisa menjadi pilihan terbaik.

Perhatikan Karakteristik Kamera dan Jenis Fotografi

Ini adalah pertanyaan dasar calon pembeli yang ingin memilih kamera kesukaannya. Anda harus memperhatikan karakteristik kamera untuk jenis fotografi yang ingin dipelajari. Apakah ingin belajar landscape fotografi, portrait atau sebagainya. Untuk mendapat hasil maksimal, perlu menentukan tone yang sesuai dengan preferensi.

Jika ingin kamera yang digunakan untuk memotret pemandangan dan dibawa kemana saja, Anda perlu kamera yang ringan, simple namun memberi gambar tajam untuk warna yang maksimal dari hasil fotonya. Tujuannya agar kamera tidak memberi beban saat traveling.

Sesuaikan Dengan Budget

Jika sudah tahu jenis kamera dan juga tujuan memiliki kamera, berikutnya persiapkan budget untuk membeli kamera tersebut. Meskipun memiliki dana yang besar, usahakan tidak menggunakan semuanya untuk membeli kamera. Pasalnya masih ada keperluan lain yang perlu dimiliki, mulai dari aksesoris hingga lensa tambahan.

Setidaknya, Anda perlu melakukan survei harga sebelum memilih kamera. Pastikan memiliki patokan harga yang sepadan dan tidak melenceng jauh. Jangan sampai hanya karena gengsi, Anda membeli kamera yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Kenali Merek Kamera

Cara memillih kamera yang bagus berikutnya adalah kenali beberapa jenis kamera yang ada di pasaran. Jangan tergoda karena fokus kepada merk saja. Setiap brand selalu bersaing untuk memberi yang terbaik dengan berbagai fitur yang ada. Riset dulu setiap merek kamera dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diketahui bahwa setiap merek kamera mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setidaknya ada beberapa merek kamera terbaik yang dipilih fotografer seperti Nikon, Canon, Olympus hingga Fujifilm.

Perhatikan Fitur Yang Diperlukan

Saat ingin memilih kamera, Anda harus memperhatikan setiap fitur yang ada ddalam kamera tersebut. Tujuannya untuk menunjang aktivitas fotografi hingga keperluan pribadi Anda. Setiap kamera sudah dilengkapi fitur berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin mendapat hasil yang bagus untuk fotografi, Anda bisa memilih kamera dengan fitur yang lebih menjanjikan.

Mulai dari resolusi yang tinggi hingga fitur lainnya. Begitu juga sebaliknya, jika kamera hanya untuk keperluan pribadi, tidak masalah jika memilh kamera berfitur standar. Namun biasanya kebanyakan orang memilih fitur lengkap agar lebih menjanjikan hasil fotonya.

Ukuran Dan Model Kamera

Ukuran kamera di pasaran sangat beragam, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Pilihlah kamera dengan ukuran yang nyaman digenggam tangan agar hasil jepretan semakin bagus. Untuk fotografi dengan hasil bagus, tentu kenyamanan sat menggunakan kamera adalah bagian yang tidak boleh dikesampingkan. .

Jika kamera ingin dibawa traveling, pastikan ukuran kamera tidak terlalu besar agar mudah mengabadikan setiap momen yang Anda lakukan. Model juga harus diperhatikan ketika memilih kamera. Pastikan modelnya nyaman di tangan ketika digenggam.

Pelajari Spesifikasi

Setiap kamera memiliki spesifikasi berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. ISO, sensor, megapiksel adalah bagian penting kamera yang harus diperhatikan ketika memilih kamera.. Resolusi diukur berdasarkan seberapa besar megapiksel sebuah kamera tersebut.

Bukan hanya itu, lensa juga memiliki peran penting untuk mengambil objek yang ingin dipotret. Pastikan memilih spesifikasi kamera yang sesuai dengan kebutuhan. ISO menjadi perhatian khusus ketika ingin memotret objek di kegelapan.

Itu adalah cara memilih kamera yang bagus untuk Anda ikuti. Memilih kamera menentukan hasil foto hingga kenyamanan ketika menggunakan kamera tersebut. Tidak sedikit fotografer profesional yang berani mengeluarkan dana besar untuk membeli kamera idamannya. Wajar karena kepuasan dan hasil foto yang bagus adalah hal yan tidak bisa dihitung dengan angka uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *