Beberapa Kesalahan Pemakaian Power Bank Ini Jarang Diketahui

Diposting pada 46 views

Beberapa orang tidak mengetahui akan kesalahan pemakaian power bank yang seringkali dilakukan. Padahal menggunakan powerbank sendiri memang memiliki aturan supaya tidak menimbulkan masalah atau hal yang dapat merugikan. Power Bank sendiri merupakan salah satu alat yang dapat memberikan energi atau daya kepada smartphone yang kehabisan baterai.

kesalahan pemakaian power bank

Dapat dibilang powerbank memang sangat praktis dan membantu seseorang jika HP yang digunakan mengalami kehabisan baterai di waktu yang tidak tepat. Namun jika menggunakan powerbank dengan hati-hati serta menggunakannya seperti aturan maka tidak ada yang hal buruk yang terjadi. Dan berikut ini terdapat beberapa kesalahan seseorang saat menggunakan power bank.

Mengisi Daya Power Bank Belum Habis

Seringkali dijumpai bahwa beberapa orang memang menginginkan powerbank yang dimiliki selalu mempunyai tenaga atau energi yang banyak. Ya, hal ini adalah hal yang wajar karena powerbank memang selalu digunakan saat kondisi mendesak jika baterai handphone habis. Namun kesalahan beberapa orang sering terjadi ketika mengisi energi power bank belum sepenuhnya habis.

Atau dalam kata lain beberapa orang memilih untuk mengisi daya power bank tersebut ketika energi masih 50%. Jika hal ini sering dilakukan maka akan merusak masa dari power bank tersebut. Dikarenakan pengisian dari powerbank tidak memenuhi aturan sebelum daya menipis. Jadi usahakan untuk mengisi daya dari power bank harus betul-betul menipis atau tinggal 10 sampai 20%.

Mengisi Daya Terlalu Berlebihan

Kesalahan pemakaian power bank yang selanjutnya adalah mengisi daya terlalu berlebihan. Semua orang termasuk Anda tentunya ingin memiliki power bank yang berkapasitas besar. Hal ini nantinya akan berpengaruh penting karena Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat mengisi daya tidak boleh terlalu berlebihan.

Biasanya beberapa orang menganggap sepele bahwa kapasitas besar yang ada di powerbank harus diisi dengan waktu yang lama. Bahkan setelah power bank telah terisi dengan penuh, hal itu tidak digubris karena ingin menambah daya lebih terhadap power bank tersebut. Jika hal ini terus Anda lakukan, maka jangan kaget jika nantinya daya dari power bank kapasitas besar tersebut lambat laun akan berkurang.

Memakai Saat Pengisian Daya

Beberapa orang memang beranggapan bahwa untuk menggunakan power bank saat dalam kondisi pengisian daya tidak masalah. Padahal hal ini merupakan salah satu kesalahan yang fatal jika Anda lakukan. Pengisian dari daya powerbank memang sejarah secara terus menerus masuk, namun di sisi yang lain Anda menggunakannya tanpa memikirkan waktu saat pengisian daya tersebut.

Jadi meskipun persentase daya dari power bank naik, hasilnya tidak akan bagus dan dapat merusak powerbank secara cepat. Jika Anda menggunakan powerbank saat pengisian daya, hal ini tentunya akan membuat power bank serta handphone yang Anda miliki mengalami kerusakan. Jadi pastikan pengisian daya dari power bank ditunggu terlebih dahulu sebelum dipakai agar tidak terjadi kerusakan.

Membiarkan Terjatuh

Kesalahan pemakaian power bank yang selanjutnya adalah membiarkan saat powerbank terjatuh atau terbentur benda benda keras. Anda mungkin tidak menyadari bahwa benturan atau ketika powerbank jatuh hanya menimbulkan lecet sedikit dari desain eksteriornya. Namun jika hal ini sering terjadi maka komponen-komponen yang ada di dalam power bank akan bermasalah.

Terlebih lagi jika power bank seringkali jatuh dari ketinggian yang membuatnya tidak akan lama untuk dipakai. Oleh karena itu Anda bisa membawa wadah tersendiri untuk mengantongi power bank tersebut agar tidak mudah jatuh. Tentunya menggunakan dan merawat powerbank sebaik mungkin akan membuat daya atau rusaknya powerbank memiliki resiko yang kecil.

Mengisi Powerbank Dengan Kabel Non Original

Jika Anda membeli sebuah powerbank tentunya mempunyai beberapa alat lain seperti halnya kabel pengisian daya. Jika seandainya powerbank yang Anda miliki daya baterainya habis maka segeralah melakukan pengisian daya menggunakan kabel yang orisinil. Biasanya berapa orang melakukan pengisian daya dari power bank menggunakan kabel yang tidak original atau menggunakan kabel lain.

Pastinya hal ini juga tidak dibenarkan karena dapat merusak kapasitas jangka waktu dari organ tersebut. Karena kabel yang nantinya digunakan untuk pengisian baterai telah di desain khusus. Jadi jika Anda menggunakannya secara terus menerus tidak akan mengalami kerusakan. Namun sebaliknya jika Anda menggunakan kabel yang tidak original dalam pengisian power bank maka siap-siap powerbank rusak.

Memakai Powerbank Berlebihan

Dan kesalahan pemakaian power bank yang selanjutnya adalah menggunakan terlalu berlebihan atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentunya semua barang elektronik memiliki kegunaan yang tidak serta merta terus digunakan. Seperti halnya power bank. Anda wajib menggunakan powerbank jika memang dalam keadaan membutuhkan atau pergi ke luar kota dalam waktu yang lama.

Namun pastikan juga Anda tidak terlalu bergantung pada power bank karena hal ini akan merusak secara tahap-tahap jika dilakukan. Alangkah baiknya Anda menggunakan powerbank saat keperluan tertentu dan jangan menggunakan powerbank jika pilihan lain masih bisa digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *