Lampu Indikator Laptop Tidak Menyala Saat Di Charge, Baca Yuk

Lampu indikator yang tidak menyala saat laptop di charge membuat Anda panik, sebab kerusakan laptop diawali dengan tidak meresponnya lampu indikator, lalu mengapa lampu indikator laptop tidak menyala saat di charge? Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa laptop dalam kondisi mati atau hidp, apabila laptop dalam kondisi hidup yang menjadi masalah utama terdapat pada charger atau adaptor.

Lampu indikator bianya terletak pada body laptop yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam memahami kondisi laptop. Lampu indikator biasanya memberikan simbol.

Lampu indikator yang menunjukkan nyalanya laptop disebut dengan indikator utama. Lampu indikator charging biasanya terdiri 2 warna dan memiliki mode indikator antara lain adalah lampu yang berwarna merah menunnjukkan kondisi baterai akan habis, lampu yang berwarna merah diam menunjukan baterai sedang diisi, lampu putih atau hijau biasanya menunjukkan kapasitas baterai penuh.

lampu indikator laptop tidak menyala saat di charge

Namun, bagaimana cara memeriksa lampu indikator laptop tidak menyala saat di charge? Terlebih dahulu, Anda harus memastikan kondisi komponen yang rusak ketika lampu indikator laptop tidak menyala saat di charger, sebelum Anda membeli utnuk menggantinya menggunakan komponen yang baru.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Pastikan kondisi charger atau adapter laptop tidak bemasalah.

Komponen yang diperiksa untuk pertama kali ketika lampu indikator tidak menyala adalah adapter yang biasanya dikenal dengan sebutan chager. Pemeriksaan adapter bisanya dilakukan dengan menggunakan multitester.

Langkah yang harus dilakukan adalah, periksa ujung bagian charger dengan memasukkannya ke dalam laptop dengan menggunakan dua pen yang terdapat pada multitester.

Apabila diukur menggunakan pengaturan volt, biasanya output charger menunjukkan tegangan yang sesuai dengan info yang terletak pada bodycharger Permasalahan pada adapter bisanya menjadi indikator laptop tidak bisa menyala, hal ini berpengaruh pada baterai laptop yang tidak terisi apabila adapter yang digunakan rusak.

Sebelum melakukan pengukuran charger, Anda harus memastikan terlebih dahulu terhubungnya charger dengan daya listrik, Anda juga haus mengetahui terlebih dahulu nilai output yang ada pada tegangan charger.

Periksa kondisi konektor DC.

Penyebab utama terjadinya kerusakan disebabkan seringnya penggunaan lepas pasang pada konektor charger yang berpengaruh pada tegangan arus yang tidak dapat diterima oleh laptop sehinggadapat menyebabkan lampu indikator laptop tidak bisa menyala.

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa konektor yang terdapat pada motherboard laptop Anda. Alat yang Anda gunakan adalah multitester lalu arahkan pada OHMeter, kemudian Anda ukur dan  cek pada kedua kakinya. Apabila jarus menunjukkan besarnya nilai hambatan maka kemungkinan besar konektor telah putus.

Apabila konektor tidak putus, cobalah dengan menyambungjan adapter pada multitester kemudian ubah menjadi ukuran volt DC lalu ukurlah pada kaki konektor DC, apabila terdapat teganagn maka konektor DC dalam keadaan bagus.

Pastikan baterai dalam keadaan bagus.

Yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan baterai dan cobalah menyalakan laptop menggunakan baterai saja. Biasanya kerusakan yang terjadi pada baterai dapat menyebabkan short pada keseluruhan sistem, akan tetapi seiring perkembangan teknologi baterai laptop sudah tidak bisa di lepas.

Tegangan charger pada mainboard rusak.

Apabila Anda telah memeriksa charger yang rusak dengan cara diatas dan hasilnya menunjukkan bagus serta tidak menunjukkan adanya kerusakan, maka kemungkinan besar terjadi permasalahan yang ada pada laptop itu sendiri.

Kerusakan biasanya terjadi pada jalur input tegangan yang masuk dan diterima oleh mainboard dari charger yang bermasalah.

Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan rusaknya komponen berikut ini.

  1. Rusaknya IC Power
  2. Tidak ada tegangan kerja pada IC Power.
  3. Hilangnya PD15
  4. Rusaknya Mosfet PQ54 dan PQ49.

Dengan mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi permasalahan tentang laptop yang tidak mau menyala, Anda tidak perlu risau apalagi panik. Cukup perhatikan penyebab terjadinya permasalahan tersebut, dan terapkan pedoman yang sudah diulas diatas.

Baca juga :Inilah Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup! Lakukan Hal Ini Sebagai Pertolongan Pertama!

Jika Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai lampu indikator laptop tidak menyala saat di charge?.

Tinggalkan komentar