Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Diposting pada 72 views
Laptop Asus Tidak Bisa Nyala

Laptop Asus Tidak Bisa Nyala – Asus merupakan brand ternama di Indonesia yang saat ini salah satu paling laris untuk dibeli, laptop asus juga desainnya modern disamping itu fiturnya begitu istimewa agar penggunanya tak ketinggalan jaman. Namun di sisi lain ternyata laptop asus juga pernah mengalami kendala, seperti tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Melihat dari problem seperti itu pastinnya pengguna semakin khawatir, tidak hanya Asus saja yang sering mengalami masalah demikian. Brand terkenal lainnya pun sudah pernah teridentifikasi seperti itu, tetapi anda tak perlu bingun terlebih dulu pasalnya disini akan diberikan referensi mengenai cara mengatasi masalah laptop Asus tidak bisa nyala tapi power hidup. Untuk menyingkat waktu, yuk langsung saja simak paparannya di bawah ini :

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah

Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Mengalami masalah pada PC/ Laptop bukan berarti sudah rusak, biasannya laptop yang mati tidak bisa menampilkan gambar namun lampu powernya masih hidup terjadi karena ada permasalahan pada komponen tertentu.

Untuk memastikannya memang harus kepada ahlinnya service laptop, jangan sampai anda coba untuk membongkarnya sedangkan anda sendiri tidak memiliki riwayat service PC/ Laptop. Nah, di sini ada beberapa langkah yang harus anda cek dulu sebelum ke pembenahan PC/ Laptop :

1.     Baterai atau Adaptor Diperiksa Kembali

Pertama, sebelum anda memastikan laptop mengalami problem. Cobalah untuk cek dan periksa baterai sekaligus adaptor untuk mengisi baterai. Karena jika baterai terindikasi rusak, wajar saja tampilan gambar laptop anda tidak akan muncul.

Untuk mengetahuinnya anda bisa melepas lebih dulu baterai setelah itu pasang kembali dan hidupkan power laptop, jika tidak merespon cobalah untuk charge asli anda, jika hidup berarti baterai anda yang sudah rusak. Dan sebaliknya

Baca juga : Laptop Lenovo Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

2.     Cobalah untuk di Power Reset

Berikutnya, langkah ini bisa anda coba untuk mengecek keadaan laptop yang mati namun tombol power masih hidup. Solusinya yaitu reset power laptop anda agar aliran listrik terhenti, dan anda bisa menyalakan kembali setelahnya.

Caranya cukup sederhana saja, anda coba untuk melepas charge dari laptop/ PC dan sekaligus baterainnya. Selanjutnya anda coba menekan tombol power dengan menahannya selama 30 detik kurang lebih, agar daya listrik yang ada di dalam laptop di pastikan habis, setelahnya anda pasang kembali mulai dari baterai dan charge ulang seperti pada umumnya. Untuk menormalkan usahakan cas dengan keadaan laptop shut down.

Solusi Menangani Laptop Asus Tidak Bisa Nyala

1. Keadaan Lampu Daya Hidup

Problem seperti ini terjadi karena charge adaptor masih bisa digunakan atau masih normal, sedangkan utuk perangkat dalam keadaan mati dikarenakan oleh komponen yang terganggu atau rusak. Solusinya anda bisa melakukan cara seperti ini :

  • Cobalah untuk melepaskan baterai pada Laptop Asus anda, lalu anda bisa gunakan lagsung charge adaptor untuk menghidupkan laptop.
    • Perintah di atas khusus untuk yang memiliki baterai pasang lepas, jika baterai tanam anda bisa melanjutkan cara ini dengan melepaskan perangkat eksternal semuannya seperti posrt USB, kabel internet, HDMI dan lain sebagainnya.
    • Hindari laptop dari daya listrik, usahakan untuk melepas charge dari saluran listrik ya? dan lakukan klik tahan tombol power selama 15 detik
    • Dan yang terakhir anda bisa memasang semuannya kembali termasuk baterai.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop yang Benar dan Mudah

2. Keadaan Lampu Power tidak Hidup

  • Pertama anda bisa memeriksa kembali seperti konektor adaptor apakah sudah terpasang sempurna atau masih terlihat tidak pas/ kendur pada stop kontak rumah anda.
  • Cobalah periksa kembali adaptor anda apakah mengalami kerusakan atau tidak, jika memang tidak bisa digunakan coba menggunakan adaptor kabel lainnya yang sama ya?
  • Dan yang terakhir anda bisa mencoba menekan tombol power sekaligus menahannya selama 15 detik saja (laptop dalam keadaan mati tanpa baterai maupun adaptor charge), lalu cobalah pasang kembali baik itu baterai dan charge adaptor. Semoga berhasil

Nah, itu tadi mengenai Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. Mudah buka? Semoga informasi ini memberikan manfaat dan selamat mencobannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *