Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Diposting pada 54 views
Laptop Acer Tidak Bisa Nyala

Laptop Acer Tidak Bisa Nyala – Pasti bukan hanya anda saja yang khawatir jika laptop acer tidak bisa nyala namun kondisi lampu power tetap hidup, problem seperti ini memang cukup menyebalkan jika anda sedang lembur untuk pekerjaan maupun tugas lainnya.

Memang jika dilihat sekilas tidak terlihat adannya masalah pada laptop, karena lampu indikator sendiri masih terlihat hidup dan aktif. Lantas apa yang menyebabkan laptop seperti itu? nah buat anda yang ingin tahu kenapa laptop acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Yuk langsung saja simak berikut di bawah ini :

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Kendala yang terjadi pada lapop acer yang tidak bisa nyala, kemungkinan ada beberapa permasalahan yang mendasari laptop anda. untuk mengetahuinnya lihat info selengkapnya di sini.

1. Bios mengalami Kerusakan

Pertama, yang menjadi masalah laptop tidak bisa nyala, namun lampu power masih hidup bisa jadi pada Bios-nya yang rusak. Bios merupakan sebuah sistem yang tersimpan pada mainboard, yang fungsinnya beraneka ragam seperti mengoperasikan pada perintah POST.

Cara kinerja dari Post itu sendiri di operasikan dengan mainbord ketika laptop di hidupkan, Bios juga bisa mendeteksi semua komponen yang ada di dalam laptop sehingga akan tersambung dengan sistem operasi pada hard disk.

2. Chipset Mengalami Kerusakan

Kendala berikutnya yang membuat laptop tidak bisa menyala adalah karena chipset mengalami kerusakan, sebenarnya chipset ini tak jauh berbeda dengan Bios tadi hanya saja bentuknya berupa komponen yang ada di dalam laptop so jenisnya pun beraneka ragam.

Kalau anda ketahui chipset fungsinnya yaitu mengatur semua yang ada di komponen laptop agar aliran tetap stabil. Di samping itu chipset perannya juga sangat besar, apabila salah satu chipset mengalami gangguan/ rusak maka laptop di pastikan akan rusak dan mati.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah

3. GPU Mengalami Kerusakan

Problem yang satu ini bereda dengan kedua komponen di atas, laptop yang tidak bisa menyala tapi lampu power hidup bisa dipengaruhi oleh GPU. Singkat mengenai GPU sendiri merupakan sebuah komponen yang dapat menampilkan gambar pada layar depan laptop anda.

Jadi meskipun GPU ini minim terhadap kerusakan namun anda tetap berhati-hati dengan cara merawat laptop, biasannya yang menyebabkan GPU berpengaruh dan mengalami kerusakan karena kapasitas yang ditampungnya melebihi spesifikasi laptop itu sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Acer Tidak Bisa Nyala

1. Cobalah untuk Charge Kembali

Pertama, pastikan ketika laptop acer anda tidak menyala maka cobalah untuk charge kembali, karena belum tentu laptop tersebut bermasalah hanya saja mengalami kehabisan baterai saja.

Langkah ini bisa anda ambil untuk memastikan kondisi laptop tersebut benar-benar mati atau kehabisan baterai, karna kalau anda ketahui biasannya laptop yang lupa di sleep atau di matikan baterainnya akan terkuras habis. Jadi anda berhak untuk charge laptop dan usahakan laptop dengan kondisi dimatikan.

2. RAM Perlu Diganti

Langkah selanjutnya yaitu jika laptop mati namun lampu power masih hidup bisa di pastikan RAM laptop anda mengalami kendala/ bermasalah. Jadi anda bisa melepas RAM terlebih dahulu ya, jadi jangan membeli dulu RAM baru yang pastinnya akan menguras kantong anda.

Jadi RAM ini bisa di lepas dari dalam laptop, usahakan melepasnya dengan benar atau membayar tukang service agar tetap aman. Disitu anda bisa melihatnya dan nantinnya memasang ulang RAM, so hidupkan laptop kembali apakah sudah bisa digunakan.

3. Cobalah untuk Mengganti Mainboard

Untuk langkah satu ini jika cara di atas memang gagal atau tidak bisa untuk di perbaiki, maka anda bisa mengganti Mainboard laptop. Kerusakan ini biasannya terjadi pada VGA, rusaknya CPU, konektor dan komponen lainnya.

Jadi jangan sampai laptop mengalami problem seperti ini misalnya mainboard rusak, karena ketahuilah membeli mainboard sama saja anda ganti laptop baru. Jadi untuk budget harus siap dan pastinnya akan menguras uang jajan anda.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop yang Benar dan Mudah

Nah, itu tadi tentang Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. Semoga dengan adannya referensi ini bisa memberikan manfaat dan kemudahan buat anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *