Mengapa Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip Saja

Tahukah Anda, mengapa laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip saja? Bagi Anda pengguna laptop, pasti sering bukan mengalami masalah saat laptop tidak mau menyala hanya lampu indikator saja yang berkedip.

Hal tersebut adalah salah satu masalah yang pastinya sangat membuat Anda merasa terganggu dan khawatir, apabila laptop Anda sedang mengalami kerusakan yang sangat parah.

laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip

            Namun, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab terjadinya dan bagaimana cara mengatasi masalah pada saat Anda sedang membutuhkan laptop untuk bekerja. Lalu, mengapa laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip saja?

Lantas, apa yang membuat laptop Anda tidak mau menyala? Berikut usalan tentang permasalahan dan cara mengatasinya. Ada beberapa penyebab laptop hanya berkedip dan tidak mamu menyala, di antaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Apa saja penyebab laptop tidak mau menyala ?

  1. Baterai habis.

Penyebab laptop tidak bisa menyala dan indikator lampu hanya berkedip ialah baterai laptop yang telah habis. Laptop yang baterainya habis tentunya tidak bisa di gunakan untuk menghidupakan laptop bukan?

Maka, biasanya para produser laptop menggunakan fitur yang berguna mencegah adanya baterai habis dengan cara mencegah laptop menyala yang tidak di gunakan adalah dengan menampilkan lapu indikator yang hanya berkedip saja.

  1. BIOS rusak.

Bios atau singkatnya Basic Input-Output System merupakan nama dari suatu program yang berfungsi mengatur perangkat keras dalam laptop yang penulisannya menggunakan bahasa assembly .

Tugas Bios itu sendiri ialah melakukan booting menu laptop atau memuat sistem operasi, melakukan POST untuk uji status pengoperasian perangkat keras laptop,.

Lampu indikator hanya menyala dan laptop tidak bisa di hidupkan bahwa BIOS telah mengalami kerusakan. Apabila kerusakan BIOS sudah sangat parah, maka laptop tidak bisa merespons sama sekali.

Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan BIOS, ada baiknya Anda memeriskan laptop Anda ke Service Center yang terpercaya suapa dicek apakah BIOS mengalami kerusakan atau tidak.

  1. RAM laptop rusak.

Jika RAM laptop Anda sedang mengalami kerusakan, hal ini bisa menjadi salah satu faktor ketika laptop Anda tidak bisa menyala. Beberapa ciri yang bisa menanadakan RAM sedang mengalami kerusakan adalah layar menyala, lampu indikator berkedip akan tetapi Anda tidak bisa masuk ke sistem operasi.

  1. HDD rusak.

Rusaknya HDD laptop Anda menjadi salah satu penyebab laptop tidak bisa di nyalakan namun lampu indikator berkedip.

Namun, salah satu hal yang mencirikan rusaknya HDD adalah terdapat pesan yang muncul pada monitor laptop yang menyebutkan bahwa HDD tidak dapat terdeteksi. Jika Anda ingin mendeteksi rusaknya HDD pada laptop Anda, cukup lalkukan check-up.

  1. VGA rusak.

Rusaknya VGA merupakan salah satu indikator penyebab mengapa laptop Anda tidak mau menyala dan lampu indikator yang berkedip saja.

 

cara mengatasi laptop tidak mau menyala

            Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tentang laptop yang tidak bisa di operasikan namun lampu indikatornya masih bisa menyala. Ada bebebrapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Mengganti mainboard.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukab adalah dengan mengganti mainboard atau motherboard.

  1. Mencharge ulang.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah charge ulang laptop Anda, cara yang sederhana ini bisa Anda terapkan agar laptop Anda menyala karena kehabisan baterai.

  1. Mengganti RAM.

Dengan mengganti RAM , Anda bisa mengatasi penyebab laptop yang tidak bisa di hidupkan. Mengganti RAM harus sesuai dengan laptop Anda.

  1.  Mengganti HDD.

Degan mengganti HDD yang Anda gunakan, kemungkinan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketika laptop yang tidak mau menyala dan lampu indikatornya saja yang hanya berkedip.

Mengganti HDD dapat di lakukan jika hardrisk laptop Anda mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dengan mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi permasalahan tentang laptop yang tidak mau menyala, Anda tidak perlu risau apalagi panik di saat deadline tugas maupun kerjaan menumpuk.

Baca juga :

Cara Mengembalikan Suara Laptop yang Hilang pada Windows 7

Cara Mengatasi Layar Hitam Pada Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cukup perhatikan penyebab terjadinya permasalahan tersebut, dan terapkan pedoman yang sudah di ulas di atas. Jika Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip saja.

Tinggalkan komentar