Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Diposting pada 62 views
Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif – Gmail merupakan salah satu layanan digital dari Google yang memungkinkan digunakan secara gratis oleh semua orang. Gmail sendiri adalah layanan e-mail gratis yang cukup populer digunakan sekarang ini. Tidak hanya memudahkan pengguna untuk hal berkirim surat elektronik atau pesan, akun Gmail biasanya juga bisa digunakan untuk mengakses layanan Google lainnya. Jadi, dengan satu akun Gmail tersebut kita sudah bisa mengakses hampir semua layanan digital dari Google. Praktis banget bukan?

Penggunaannya yang bersifat gratis membuat beberapa orang memiliki lebih dari satu akun Gmail. Karena terlalu banyak akun Gmail yang dimiliki, terkadang membuat ia lupa password akun Gmailnya tersebut. Untuk memulihkannya, biasanya kita membutuhkan nomor HP terdaftar untuk menerikan kode konfirmasi. Namun, apa jadinya jika nomor HP yang digunakan untuk akun Gmail tersebut sudah tidak aktif atau hilang? Ini tentunya bakal menjadi masalah serius yang sulit untuk dipecahkan. Tetapi tenang saja, di bawah ini sudah kami rangkumkan bagaimana cara untuk mengatasi lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif tersebut.

Baca juga : Cara Logout Gmail di Android Paling Mudah

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Sejatinya Google sudah memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dalam penggunaan layanan digital yang diberikannya. Misalnya untuk akun Gmail, Google sudah menyarankan kepada pengguna untuk menambahkan nomor HP dan akun e-mail cadangan yang nantinya bisa digunakan untuk memulihkan akun yang lupa password. Tetapi tidak jarang pengguna mengabaikan hal ini. Alhasil saat lupa password Gmail, ia akan sulit untuk melalukan pemulihan akun tersebut.

Adapun langkah untuk mengatasi lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan fitur Forgot Password atau Lupa Password

Cara terbaik untuk memulihkan akun Gmail yang lupa password yakni dengan menggunakan fitur lupa password. Fitur ini biasanya berada di bawah kolom untuk memasukkan kata sandi atau password pada halaman login Gmail. Klik link lupa password tersebut, nantinya Anda akan di bawah ke halaman untuk memulihkannya.

Jika memang Anda tidak menemukan atau kesulitan untuk menemukan fitur link lupa password, maka bisa mengunjunginya melalui LINK INI. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman untuk memasukkan alamat e-mail atau nomor HP. Sekarang Anda masukkan alamat e-mail yang lupa password tersebut.

2. Memasukkan kata sandi lama

Cara ini biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk bisa memulihkan akun Gmail yang lupa password. Tetapi, syaratnya Anda harus mengingat betul apa password yang pernah digunakan untuk akun tersebut sebelumnya. Jika berhasil, maka Anda akan langsung dibawa masuk ke halaman untuk membuat password Gmail baru. Dan dengan mudah Anda bisa masuk ke akun Gmail Anda kembali.

Jika memang Anda ingat password yang pernah digunakan, maka pada halaman bantuan dengan pertanyaan “Apakah kamu ingat kata sandi yang pernah kamu pakai sebelumnya? Masukkan di sini.” Anda ketikkan pada kolom yang tersedia. Namun, jika tidak mengingatnya, maka bisa melewati langkah ini dengan klik tombol “Saya tidak tahu”.

3. Menggunakan e-mail pemulihan

Setelah langkah di atas nantinya Anda akan dibawa ke halaman untuk memulihkan akun Gmail melalui nomor HP. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP yang terkait dengan akun tersebut melalui SMS ataupun telepon. Karena di sini nomor HP yang Anda gunakan sudah tidak aktif, maka alternatif lainnya yakni menggunakan email pemulihan. Cukup klik pada opsi “Saya tidak dapat mengakses ponsel”, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman pemulihan akun menggunakan e-mail cadangan.

Secara otomatis kode verifikasi akan dikirimkan ke akun e-mail pemulihan yang Anda kaitkan dengan akun Gmail yang lupa password tersebut. Sekarang buka e-mail pemulihan tersebut dan cek pada kota masuk. Di sana ada e-mail masuk yang dikirim oleh Google dan berisikan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia di halaman pemulihan akun Gmail tadi. Jika berhasil, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan password baru.

4. Menjawab pertanyaan dari Google

Jika memang Anda belum pernah memasukkan e-mail pemulihan saat membuat akun Gmail lupa passwor tadi, maka cara terakhir yang bisa dilakukan yakni menjawab pertanyaan dari Google. Google akan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan akun Gmail yang lupa password tadi. Jika jawabannya benar maka Anda akan langsung dibawa ke halaman untuk membuat password baru.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *