Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Paling Akurat

Diposting pada 64 views

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang – Kehilangan smartphone android mungkin pernah dialami oleh beberapa pengguna. Hilangnya HP entah itu karena lupa menaruhnya di mana atau bisa juga HP jatuh dan diambil oleh orang lain. Apapun alasannya yang pasti kehilangan HP android membuat pengguna bingung sekaligus kesal. Apalagi jika di dalam HP android tersebut tersimpan berbagai file penting. Dan lagi hampir semua orang sekarang ini tidak bisa terlepas dari yang namanya HP android dalam menjalani aktivitas hariannya.

Kehilangan HP android memang bisa dialami oleh siapa saja. Yang terpenting harus Anda pahami yakni bagaimana cara melacak keberadaan HP yang hilang tersebut. Dengan mengetahui tata cara melacak lokasi HP, maka nantinya kita tidak perlu bingung lagi jika kebetulan HP android kesayangan hilang atau dicuri. Khususnya bagi Anda pengguna HP Samsung dan kehilangan HP tersebut, Anda wajib membaca ulasan di bawah ini sampai tuntas. Pasalnya, di bawah ini sudah watpedia rangkumkan bagaimana cara melacak HP Samsung yang hilang paling mudah dan akurat bisa Anda terapkan.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Paling Akurat

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Melacak lokasi HP Samsung yang hilang mungkin menurut sebagian orang merupakan hal yang mustahil. Padahal tidak, Anda yang masih terbilang pemula sekalipun ternyata bisa dengan mudah melakukan hal tersebut. Pasalnya, pihak Samsung sudah menyematkan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui lokasi terakhir ponselnya saat hilang atau dicuri. Untuk melacak HP Samsung yang dicuri atau hilang setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan.

Adapun cara melacak HP Samsung yang hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melacak HP lewat Samsung Find My Mobile

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Samsung sejatinya sudah menyematkan fitur khusus untuk melakukan pelacakan ponsel jika memang terjadi kehilangan. Fitur untuk melacak lokasi di HP Samsung tersebut bernama Samsung Find My Device. Fitur satu ini diklaim sangat akurat untuk melacak keberadaan HP Samsung yang dicuri, lupa menaruhnya atau hilang. 

Namun, agar bisa melacak lokasi HP Samsung Anda perlu mengaktifkan fitur Samsung Find My Mobile tersebut. Selain itu, Anda juga harus sudah memiliki Samsung ID. Jika belum, maka Anda diharuskan untuk mendaftar Samsung ID terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan fitur Samsung Find My Mobile, yakni:

  • Pertama Anda masuk ke manu Pengaturan di HP Samsung.
  • Setelah itu, pilih opsi Pengamanan.
  • Klik pada opsi Temukan Ponsel Saya atau Find My Mobile.
  • Aktifkan fitur tersebut dengan cara geser toogle ke arah kanan.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Buka kunci jarak jauh / Remote controls dan dan juga fitur Kirim lokasi terakhir / Google Location service.

Jika fitur Samsung Find My Mobile tersebut tidak Anda aktifkan, tentunya tidak akan bisa melakukan pelacakan lokasi ponsel dengan cara ini. Karena itulah, sebagai antisipasi sebaiknya Anda aktifkan fitur tersebut selagi HP Samsung-mu tidak hilang. Jika sudah mengaktifkan fitur tadi, sekarang lanjut ke cara pelacakannya.

  • Langkah yang pertama Anda kunjungi situs Samsung Find My Mobile melalui browser di laptop atau PC. https://findmymobile.samsung.com/
  • Pada halaman utama situs yang tampil, sekarang Anda klik tombol Sign In atau Masuk.
  • Sekarang Anda masukkan email dan password yang digunakan untuk akun Samsung ID atau Samsung Account. Perlu diingat, Anda harus login ke Samsung ID yang sama di HP yang hilang. Kemudian klik tombol Sign In.
  • Akan muncul notifikasi pop up yang berisi Legal information. Centang semua opsinya, lalu klik tombol Agree.
  • Nantinya Anda akan dibawa masuk ke Dasboard Find My Mobile dan secara otomatis situs akan mencari serta menampilkan lokasi dari HP yang hilang. Di sana juga akan menampilkan informasi tipe HP, sisa baterai dan juga jaringan yang terhubung.
  • Di bagian bawahnya ada beberapa opsi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol HP yang hilang. Misalnya saja membunyikan speaker HP, mengunci HP, menentukan lokasi, melakukan backup dan penghapusan data, melihat log panggilan dan lain sebagainya.

2. Melacak HP Samsung Melalui Aplikasi

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Cara yang kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Ya, di sini Anda bisa memanfaatkan aplikasi resmi dari Google yang disediakan khusus untuk mengetahui lokasi HP yang hilang. Aplikasi tersebut bernama Find My Device yang bisa Anda unduh gratis di Google Play Store. Cara melacaknya juga hampir sama seperti cara di atas, hanya saja di sini Anda tidak menggunakan fitur Find My Mobile dari Samsung, melainkan dari Google.

Cara satu ini juga bisa dijadikan alternatif jika ternyata di HP Samsung Anda tidak mendaftar Samsung ID atau Samsung Account. Untuk langkah-langkah melakukan pelacakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda install aplikasi Find My Device di HP lain. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm&hl=in
  • Jika sudah, sekarang Anda langsung jalankan aplikasi tersebut. Lanjutkan dengan klik SIGN IN AS GUEST dan login ke akun email yang sama dengan yang terdaftar di HP yang hilang.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up untuk meminta izin akses lokasi di perangkat HP tersebut. Beri izin dengan klik tombol Allow.
  • Secara otomatis aplikasi Find My Device akan langsung menunjukkan lokasi terakhir HP Samsung yang hilang tersebut. Namun, sayangnya lokasi tidak akan ditemukan jika HP Samsung yang hilang tidak diaktifkan fitur GPS atau lokasinya.
  • Tapi tenang saja, Anda masih bisa melakukan kontrol pada HP Samsung yang hilang dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan di Find My Device. Fitur-fitur tersebut, seperti Alarm / Putar suara (untuk menderingkan HP yang hilang dengan suara paling keras), Amankan perangkat (untuk mengunci atau melakukan logout dari akun Google di perangkat) dan Hapus perangkat (untuk menghapus semua data yang ada di HP yang hilang).

3. Melacak HP Samsung Lewat Google Maps

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Dan cara terakhir untuk melacak HP Samsung yang hilang yakni menggunakan Google Maps. Perlu Anda tahu, Google Maps akan menyimpan lokasi mana saja yang pernah Anda kunjungi sebelum HP mati atau dinonaktifkan. Dari sini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui lokasi terakhir HP Samsung yang hilang tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda buka aplikasi Google Maps di HP android lain.
  • Selanjutnya Anda login ke akun Google yang sama dengan akun di HP Samsung yang hilang. Caranya dengan klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas, lalu klik ikon dropdown dan pilih tambahkan akun.
  • Setelah berhasil login ke akun Google yang sama, Anda klik lagi ikon tiga garis di pojok kiri atas dan pilih opsi Your Timeline.
  • Secara otomatis Google Maps akan menunjukkan lokasi terakhir HP Samsung yang hilang. Jika memang pelacakan tidak bisa dilakukan karena HP sudah mati, alternatifnya dengan mengganti tanggal. Di sini Anda bisa melakukan tracking lokasi HP di hari sebelumnya. Caranya klik ikon Kalender, kemudian tentukan tanggalnya. 

Itulah tadi beberapa rangkuman versi watpedia yang mengulas cara melacak HP Samsung yang hilang paling akurat dan mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *