Cara Mencegah WhatsApp download otomatis

Diposting pada 63 views

Terkadang banyaknya pesan yang masuk di WhatsApp tidak terkontrol sehingga membanjiri memori ponsel kita. Kalau sudah begini biasanya baik foto maupun video terunduh otomatis dan tiba tiba ada penyimpanan berkas anda. Hal seperti ini kadang membuat kita jengkel. Mengapa tidak, biasanya file file ini sangat memakan memori dan kita sebenarnya tidak menghendaki untuk menyimpannya. Anda mungkin saja bisa menghapus sampah file tersebut secara manual. Namun jika file tersebut teruS terusan masuk kita juga bisa kewalahan. Sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kejadian seperti ini. Caranya yaitu dengan menonaktifkan fitur download otomatis di aplikasi WhatsApp yang tersedia. Berikut caranya.

Nonaktifkan Download Otomatis di IOS

otomatis di aplikasi WhatsApp

Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp di ponsel anda. Setelah WhatsApp menampilkan interface nya maka anda bisa memilih ikon gear atau pengaturan/ Setting. Biasanya menu Setting berada di pojok kanan bawah. Setelah itu pada menu Setting yang ditampilkan, anda bisa menggulirkan opsi hingga menemukan “Data and Storage Usage ” atau penggunaan data dan penyimpanan “. Pada menu tersebut klik foto lalu pilih opsi “Never” atau tidak pernah. Anda bisa melakukannya tidak hanya untuk foto. Agar lebih efektif anda juga bisa ikut menonaktifkan file audio, video dah dokumen.

Nonaktifkan Download Otomatis di Android

otomatis di aplikasi WhatsApp

Pada ponsel Android cara yang dilakukan umumnya tidak begitu berbeda dengan yang ada di iOS. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp di ponsel anda. Selanjutnya anda bisa memilih ikon berbentuk titik tiga yang berada di pojok kanan atas disamping ikon search atau pencarian.

otomatis di aplikasi WhatsApp

Nah, setelah di klik disana akan muncul beberap menu. Anda hanya perlu mengklik menu setelan yang berada di bagian paling bawah. Selanjutnya akan terdapat beberapa menu seperti akun, chat, notifikasi, data dan penyimpanan dll. Nah disini anda klik menu data dan penyimpanan. Setelah klik data dan penyimpanan selanjutnya anda Gulir ke bagian “Unduh Otomatis ” disana terdapat menu “saat menggunakan data seluler ” nah didalam menu tersebut akan terdapat list seperti foto, video, dokumen, Audio.

otomatis di aplikasi WhatsApp

Jika anda inginkan untuk menonaktifkan semuanya anda bisa unchecklist kotak yang tersedia disamping tulisan tersebut. Maka otomatis saat terdapat pesan masuk baik berupa gambar, audio, video maupun file tidak terunduh otomatis.

otomatis di aplikasi WhatsApp

Demikian penjelasan mengenai cara Mencegah WhatsApp dalam mengunduh file secara otomatis ke memori perangkat anda. Dengan begini, anda tidak perlu repot untuk menghapus file file yang tiba tiba masuk ke perangkat anda. Dan yang paling penting memori anda tetap aman dan tidak tercolong oleh file sampah yang tidak anda kehendaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *