Cara Mengaktifkan Roaming dengan Mudah

Diposting pada 40 views

Saat anda berada di luar negeri kadang anda kebingungan ketika menggunakan provider loal yang  dibawa ke luar negeri. Jaringan dari provider ini tidak menjangkau daerah yang anda tempati. Nah, saat terjadi peristiwa demikian. Kini saatnya anda mencoba mengaktifkan mode roaming di ponsel anda. Beberapa provider juga telah memiliki fitur roaming. Dengan fitur roaming ini anda bisa menggunakan kartu lokal saat berada di luar negeri sekalipun. Anda jadi tidak perlu repot membeli kartu SIM seluler saat tiba di negara tujuan.  Lantas bagaimana cara mengaktifkan mode roaming pada ponsel Android anda?  Simak penjelasannya berikut ini

Langkah langkah aktifkan Roaming HP Android

Pertama yang anda lakukan adalah memastikan dari kartu yang dipakai apakah sudah diproses sistem roaming atau tidak. Jika sudah aman anda bisa membuka menu setelan di ponsel anda. Gulir menu tersebut dan pilih konfigurasi Wireless dan Networks)/ Jaringan. Selanjutnya anda bisa melakukan konfigurasi kartu SIM yang ada pada ponsel anda dengan memilih polilihan Jaringan Ponsel atau Mobile Network. Setelah melakukan konfigurasi, nantinya setiap SIM yang terpasang baik sim 1 maupun sim 2 akan terdapat fitur yang dinamakan data roaming.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur ini sebelum anda pergi ke luar negeri. Dengan adanya fitur ini maka akan membuat layanan Internet kartu anda bisa di pakai di luar negeri.

Setelah anda tiba di negara tujuan langkah yang harus anda tempuh selanjutnya adalah merestart ponsel. Jika berhasil maka paket data anda bisa digunakan namun jika masih gagal dan ponsel tidak menangkap sinyal dari negara tujuan maka anda bisa melakukan cara yang manual.

Cara manual yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan menu Carrier. Dengan menu Carrier ini anda bisa memilih jaringan operator yang tertangkap oleh ponsel maupun jaringan yang anda inginkan. Caranya adalah dengan mencari tahu sebelumnya informasi nama jaringan operator yang berada di luar negeri dan telah bekerja sama dengan provider lokal yang anda gunakan sebelumnya. Setelah menemukan informasi operator tersebut anda bisa mencarinya. Agar lebih mudah sebaiknya anda Mengaktifkan layanan roaming sebelum anda pergi ke luar negeri.

Nah cara diatas adalah cara yang umum digunakan oleh berbagai ponsel. Namun jika anda memiliki ponsel yang berbeda. Anda bisa melakukan cara roaming ini untuk tiap tiap ponsel seperti

Roaming Berdasarkan Jenis Ponsel

Blackberry

Jika anda pengguna blackberry maka anda bisa mengaktifkan roaming dengan memilih menu setelan , selanjutnya pilih Manage Connections. Pada menu tersebut Gulir hingga menemukan menu Mobile Network Connection atau jaringan ponsel.selanjutnya  Anda bisa pilih Off pada bagian service While Roaming. Cara yang cukup mudah bukan!

iPhone

Jika anda pengguna iPhone, cara pengaktivan mode roaming juga tak jauh beda. Pertama tama anda bisa menuju menu Setting dimana pada menu tersebut anda perlu menggulirnya hingga menemukan menu Cellular. Pada menu ini anda bisa memilih on atau Off di bagian Data Roaming.

Ponsel Lawas (Nokia, symbian)

Sedangkan untuk jenis ponsel Lawas ternyata juga bisa diaktifkan mode roaming. Caranya adalah memilih menu Setting. Pada menu Setting cari dan pilih menu konektivitas. Pada menu ini lalu pilih paket data. Selanjutnya anda bisa klik When needed yang terdapat pada bagian koneksi paket data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *