Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik?

Diposting pada 44 views
Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik

Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik? – Sama halnya dengan smartphone android, perangkat komputer juga sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan. Perangkat komputer ini sendiri punya fungsi yang beragam, mulai dari untuk sarana bisnis, browsing internet, hingga hanya untuk sekedar bermain game. Selain fungsinya yang beragam, komputer sendiri juga cukup mudah dioperasikan. Bahkan ole pemula sekalipun, mereka akan dengan cepat bisa mengoperasikannya.

Layaknya manusia, komputer juga memiliki identitas masing-masing. Setiap komputer memiliki pengenal yang disebut dengan alamat IP. Alamat IP masing-masing perangkat komputer tentunya berbeda-beda dan bisa diatur sendiri oleh penguna. Selain alamat IP, pengguna juga bisa memberikan nama pada perangkat komputer sesuai keinginan. Nama untuk perangkat komputer ini bisa diatur melalui Control Panel. Tidak hanya bisa mengubah nama, Anda juga memungkinkan untuk menambahkan foto profil untuk akun administrator pada komputer.

Berbicara mengenai penamaan pada perangkat komputer, banyak yang bertanya “ Mengapa komputer harus diberikan nama dan namanya harus unik? ”. Pertanyaan ini sering dilontarkan banyak pengguna dan penasaran apa fungsi dari penamaan tersebut. Tidak banyak yang tahu memang apa pentingnya memberikan nama pada perangkat komputer. Apakah Anda salah satu pengguna yang juga penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut? Jika iya, sebaiknya Anda baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Efektif dan Mudah

Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik?

Pertanyaan seperti ini setidaknya dibahas di dua situs diskusi besar yang ada di internet. Salah satunya yakni di situs Yahoo! Answer. Pada situs tersebut ada sebuah akun yang menanyakan “Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik? “. Cukup banyak akun lain yang merespon pertanyaan dari salah satu akun di Yahoo! Answer tersebut.

Setelah kami baca setiap jawaban dari masing-masing akun, mereka punya pendapat yang berbeda-beda mengenai pertanyaan tersebut. Ada yang menjawabnya sesuai teori kehidupan dan ada pula yang menjawabnya dengan candaan belaka. Ada pula sebuah akun yang merespon pertanyaan tersebut dengan jawaban nge-gas, yakni “terserah yang buat donk”. Agak lucu tapi itulah uniknya warga negara Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu.

Menurut kami pribadi sebenarnya memberi nama pada sebuah perangkat komputer itu harus. Hal ini dibuktikan saat kita menginstall OS Windows misalnya pada perangkat komputer. Saat proses instalasi sudah selesai, sistem akan meminta pengguna untuk memasukan nama, lokasi dan waktu sesuai negara si pengguna tersebut. Dari sini bisa disimpulkan memberikan nama pada komputer itu memang harus. Ibaratnya manusia, masing-masing komputer harus memiliki nama masing-masing sebagai identitasnya.

Sementara untuk masalah nama komputer harus unik, kami rasa ini tidak terlalu penting. Pasalnya nama yang standar atau biasa sekalipun tidak terlalu berpengaruh pada penggunaan perangkat komputer. Apalagi untuk pengguna personal, nama yang unik pada komputer tidak terlalu dianggap penting.

Baca juga : Cara Melihat Spek Komputer atau Laptop Paling Mudah

Kondisi Bagaiaman Nama Unik Komputer Menjadi Penting?

Sebagai pengguna personal mungkin tidak terlalu penting apakah nama pada komputer itu unik atau biasa saja. Namun, hal ini akan berbeda jika komputer terdapat di suatu jaringan yang besar.  Misalnya komputer untuk sebuah perusahaan atau komunitas tertentu, nama unik pada masing-masing komputer sangat penting untuk diperhatikan.

Tujuan pemberian nama yang unik pada masing-masing komputer yang tergabung di jaringan yang besar, salah satunya untuk meminimalkan crash. Jika nama satu komputer dengan yang lainnya ada yang sama, ini tentunya akan membuat hubungan jaringan di setiap komputer akan terganggu dan mungkin terjadi crash.

Selain itu, tujuan lain pemberian nama unik ini juga untuk mempermudah penanganan ketika terjadi masalah pada jaringan. Kita bisa mengetahui mana perangkat komputer yang mengalami masalah, dan dengan segera kita bisa melakukan perbaikan pada komputer dengan nama tertentu agar masalah tidak dialami lagi.

Bisa disimpulkan pemberian nama pada komputer itu memang harus karena akan menjadi identitasnya. Sementara untuk nama unik pada komputer bisa dikatakan penting dan bisa juga dikatakan tidak. Hal ini bisa disesuaikan dengan penggunaan dari perangkat komputer tesebut. Nama unik penting jika komputer tergabung di jaringan besar dan menjadi tidak penting jika hanya sekedar penggunaan personal.

Baca juga : Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer yang Simpel

Itulah tadi jawaban singkat dari pertanyaan “Mengapa Komputer Harus Diberikan Nama dan Namanya Harus Unik? “. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *