Menghapus Virus Shorcut Di Laptop Secara Permanen

Komputer sangat berguna pada zaman digital ini mulai dari usaha kecil sampai usaha bersar akan tetap menggubakan yang namanya komputer. Dalam sistem komputer harus ada perawatan yang baik akan kinerja komputer tetap maksimal yang akan membuat penggunanya nyaman.

Menghapus virus shortcut di laptop secara permane

Banyak sekali ganguan dalam komputer, terutama virus yang bisa merusak sistem PC yang akhirnya membuat kinerjanya, kita menjadi tidak maksima. Ada srbuah kejadian  yang membuat pengguna komputer sangat jengkel, semisal ada kerjaan yang memang sudah mendesak yang harus di selesaikan hari ini juga, tetapi komputer yang anda gunakan tidak bersahabat, sudah pasti kita akan sangat kesal dan kecewa.

Baca juga : Cara Membersihkan Virus di Laptop Paling Efektif

Salah satu virus yang yang bisa  mengurangnya kinerja komputer adalah virus shortcut. Apa si virus shortcut itu?. Virus shortcut adalah virus yang menjangkit komputer yang dapat menyembunyikan file aslinya dan virus ini sangat sulit di deteksi. Namun tetap ada celah untuk mengatasi virus shorcut ini, salah satu cara untuk menghapus shortcut secara permanen bisa menggunakan softwere  anti virus.

Virus shortcut tidak hanya menyerang komputer saja, flashdisk pun dapat terkena virus shorcut ini. Dalam pembahasan kali ini akan membahas virus shorcut yang menyerang komputer saja agar pembahasan nya lebih singkat.

Cara menghapus virus shortcut di laptop secara permanen

Menghapus virus shortcut di laptop secara permanen bisa di lakukan dengan cara  menginstal ulang windows dan bisa juga melalui command  prompt. Apabila menggunakan cara instal ulang akan beresiko hilangnya data yang ada di laptop, karna data yang ada terutama di bagian sytem akan di hapus dan akan di masukan sofwear yang baru. Akan lebih baik jika menggunkan cara yang kedua yaitu lewat commondt prompt.

Langsung saja kita bahas bagaimana cara mengahapus virus shortcut di laptop dengan cara  command prompt.ada beberapa langkah yang harus di lalui:

Pertama, kalian menuju pada pojok kiri bawah atau “start” , kedua klik di pencarai dan ketikan “RUN” kemudian OK. Setelah di klik OK akan muncul tampilan layar laptop, setelah muncul tampilan di layar , langkah ketiga adalah  klik “cmd” klik OK, akan muncul tampilan layar hitam dan langkah ke empat adalah kalian klik l huruf yang mewakili file shortcut, semisal file yang terduplikat di data D makan langkah selanjunya adalah menuliskan hurus “D” dengan di akhiri titik dua (:) dan enter.

Dan langkah yang kelima adalah anda memasukan kode “attrib -s  -r  -h  /s  /d”  dan klik enter. Setelah langkah-langkah tersebut selesai anda tinggal mengecek aplikasi yang telah di sebunyikan oleh virus shortcut dan hapuslah duplikat dari file yang asli . Menghapus virus shortcut di laptop secara permanen.

Cara kedua menhpasu virus shortcut

 Cara yang kedua adalah dengan menginstal ulang. Jika memang tidak mempunyai pengetahuan dasar bagaimana cara isntal ulang windows,sebaiknya mencari pengetahuan terlebih dahulu memalui media apapun. Ada beberapa bahan yang harus di siapkan sebelum anda menginstal ulang laptop.

 Pertama untuk menginstal ulang kita memerlukan yang namanya  driver  yang nantinya di gunakan untuk program windowsnya, untuk drive anda bisa mencari di website. Untuk  driver, saya sarankan untuk mencari yang sesuai dengan kapasitas laptop yang kita gunakan.

Kedua, kita memerulkan yang namanya rufus yang fungsinya untuk membuat alat penyimpanan seperti flashdisk atau memori untuk dijadikan bootable. Rufus nantinya akan di gunakan untuk bootable USB yang beriwsikan system windows yang akan kita jadikan bahan instal.

Ketiga adalah memnyipakan aplikasi rufus dan driver/iso windows yang akan kita gunakan. Buka apliaksi rufus yang sudah anda dawnload dan pilih menu “select” kemudian cari softwere windows yang masih mentah (ISO), selanjutnya klik file tersebut dan klik tombol open.

Langkah keempat yaitu membuat bootable windows yang akan kita gunakan driver isntalasi. Langkah selanjutnya pilih Partition scheme : MBR serta target system (BIOS), selanjutnya Anda dapat mengubah nama flashdisk bootable pada tab Format Options di kolom Volume label. Berikutnya pastikan File system adalah NTFS. Bukalah show advanced format options dan bagian tersebut harus di centang.

Baca juga : Paling Mudah Cara Menghilangkan Internet Positif di UC Browser Laptop Tanpa Ribet!

Untuk memulai cara menggunakan Rufus windows klik Start terlebih dahulu. Sebelum proses tersebut di mulai jendela peringatan akan muncul dan memberi informasi bahwa flashdisk akan di format. Untuk melanjutkan klik OK. nSudah dapat di pastikan Ini adalah menghapus virus shortcut di laptop secara permanen  yang sangat ampuh.

Tinggalkan komentar