Laptop Mati Total, Tapi Lampu Indikator Charger Masih Nyala

Semenjak pandemi ini karna menyebarnya wabah bahaya covid-19 membuat seluruh intansi merubah segala peraturan. Untuk pendidikan di indonasia sangat terlihat bahwa sekolah formal merubah metode belajar dari tatap muka dengan pembelajaran  virtual.

laptop mati total tetapi lampu indikator charger masih nyala

Perlu di ketahui bahwa dengan adanya sekolah virtual ini para pelajar di indonesia sangat membutuhkan yang namanya laptop untuk melakukan pembelajaran. Tidak sedikit juga kejadian saat pembelajaran, pelajaran mendapatakan kendala yang sangat serius di laptop nya , bisa saja mati tiba-tiba,  laptop lemot, dan lainyan yang menghambata pembelajaran siswa.

Baca juga : Laptop Lenovo Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Dalam pembahasan ini sesuai dengan judul bagaimana mengatasi laptop mati total tetapi lampu indikator charger masih nyala. ada banyak penyebab yang mengakibatkan terjadinya laptop mati dengan ke adan lampu indikator masih menyala. Mari bahas satu persatu:

Penyebab laptop mati total

Batrai habis

                Jangan menuduh yang laptop rusak ketika di tekan tombol power tapi tidak nyala. sedangkan saat di cas lampu indikator menyala, karena laptop yang kehabisan batre total sudah pasti tidak bisa menjalankan sistem walaupun dengan di cas.

                Untuk memastikan kalau laptop kita hanya kehabisan batrai yaitu caslah beberapa menit, kira-kira batrai mampu untuk menyalakan atau menjalakan sistem dari laptop tersebut, namun bila tetap saja dengan di cas tidak menyala maka kita cari cara lain yang berkaitan denan ciri-ciri yang di tunjukan. Cibalah cara yang kedua yaitu dengan memeriksa RAM.

RAM kotor/rusak

RAM kotor juga bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa mengoprasikan sistem, namun sebelum kita mengganti RAM alangkah bainya bila mencoba untuk membersihkan nya dulu, apabila sudah di bersihkan cobalah untuk memasangnya kembali danyalakan laptop seperti biasanya, apabilanya tetap tidak nyala berarti Ram nya Rusak.

                Ciri-ciri RAM yang rusak di tandai dengan menyalanya lampu indikator walaupun laptop mati. Untuk cara nya sendiri tidak rumit karna RAM memiliki ukuran besar, jadi tidak membuat bahaya jika di bongkar sendiri.

Prosesor mengalami masalah

                Prosesor adalah otak dari perangkat laptop yang anda gunakan, apabila prosesor mengalami error maka bisa di tandai dengan laptop yang menyala hitam saja. Penyebab dari maslah prosesor bisa dari debu yang memang sudah sangat menumpuk di area prosesor, cobalah untuk membersihkanya terlebih dahulu.

                Cara pengecekan ini lebih rumit dari pengecekan RAM, karena anda harus super hati-hati jika anda ingin membersihkan prosesor. Kaki-kaki pinnya yang sangat kecil itu sangatlah mudah bengkok atau bisa jadi patah jika anda memaksa untuk mencabutnya.

Coba mulai bersihkan debu-debu yang hinggap pada prosesor serta heatsink-nya, dan jangan lupa untuk cek pada pembuangan angin di laptop, biasanya sangat banyak debu yang mengendap di situ.

Untuk yang memang khawatir akan terjadinya masalah ketika mencoba membongkar sendiri, mending kita bawa saja ke tukang servis komputer.

HDD Rusak

                Cara mengatasi  laptop mati total tapi lampu indikator charger masih menyala memeriksa HDD. Sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu HDD? HDD adalah memori penyimpnan laptop, muali dari sistem yang mengoprasikan laptop sampai dengan data-data yang di simpan di laptop.

Tanda-tanda yang menandai bahwa hardisk rusak yaitu melambatnya perangkat kita untuk mengoprasikan sebuah software, layar yang menjadi gelap/blue screen, suara aneh pada hardisk, dan bisa saja laptop mati. Untuk mengatasinya bila terjadi keerusakan dengan ciri-ciri mati total yaitu dengan menggati hardisk, karna montor hadisk sudah tidak bisa jalan/rusak.

Mainboard ganti

                Apabila masalah laptop tidak bisa nyala di sebabkan karena kerusakan motherboard, kerusakan CPU, kerusakan VGA, kerusakan konektor di splay dan berbagai macam kerusakan lainnya maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti mainboard laptop tersebut.

Namun perlu untuk kita ketahui bahwa mengganti mainboard laptop yang rusak tidak jauh berbeda dengan membeli sebuah laptop baru. Hal ini di karenakan proses penggantian yang sulit dengan harga yang tidak sesuai dengan biaya perbaikannya menjadikan alasan lebih baik membeli laptop baru dari pada mengganti perangkat tersebut.

Baca juga : Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Masuk ke Windows Dengan Benar

kerusakan yang di alami laptop memang banyak penyebanya namun.

jika masih ada tanda kehidupan lampu indikator charger dan hanya mati layar nya, cobalah dengan cara-cara di atas. Itulah cara mengatasi laptop mati total tapi lampu indikator charger menyala.

Tinggalkan komentar