Cara Untuk Meningkatkan Akurasi GPS Kamu

Diposting pada 44 views

GPS atau global positioning system merupakan salah satu teknologi terbaru dimana kita bisa mengetahui letak keberadaan objek dalam titik di bumi. Banyak sekali manfaat dari GPS ini. Dahulu kita mungkin akan tersesat saat jangan berkunjung ke tempat yang belum pernah kita kenali. Namun, berkat teknologi ini kita bisa pergi kemarahan yang kita mau tanpa khawatir tersesat. Semua data tentang letak objek terekam jelas di ponsel pintar anda.

Namun terkadang, GPS juga memiliki berbagai kendala dalam pengoperasiannya misalnya keakuratan posisi yang kurang. Hal ini tentu saja berdampak buruk bagi si pemakainya. Bisa jadi kita malah tambah tersesat. Sekarang anda atau perlu khawatir, pada artikel kalian Watpedia akan membahas tentang cara meningkatkan keakuratan GPS di ponsel anda. Simak penjelasannya dibawah ini  

1. Cek Lokasi Kamu Manual

Cara ini bisa dibilang cukup mudah dalam mengetahui keakuratan posisi anda. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Maps atau peta di perangkat anda yang sudah terhubung dengan GPS. Pada aplikasi tersebut anda cukup melihat apakah lokasi yang ditunjukkan oleh GPS telah menunjukkan lokasi yang tepat atau belum. Jika tepat berarti anda tidak perlu melakukan langkah lanjutan. Namun jika belum anda bisa melakukan langkah langkah selanjutnya.

meningkatkan keakuratan GPS

2. Aktifkan High Accuracy

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktifkan High Accuracy pada setelan smartphone anda. Menu High Accuracy biasanya terdapat di menu setelan. Caranya buka setelan GPS atau cari melalui tombol search ketik ” High Accuracy ” atau akurasi tinggi kemudian centang tombol on. Setelah dihidupkan, anda bisa mengecek ulang pada aplikasi Maps apakah posisi anda saat ini sudah akurat. Apabila masih tetap belum akurat maka anda perlu melakukan langkah selanjutnya.

meningkatkan keakuratan GPS

3. Kalibrasi Ulang Kompas dengan Aplikasi

Langkah selanjutnya apabila kita menginginkan keakuratan GPS maka kita butuh pihak ketiga yaitu aplikasi. Aplikasi tersebut bernama GPS Status. Anda bisa mencarinya si Google Play Store atau Apple Store. Dengan bantuan aplikasi ini bisa menunjukan lebih akurat tentang posisi anda. Sehingga anda tak perlu lagi kesal saat sedang berpeluang menggunakan GPS.

meningkatkan keakuratan GPS

Cara mengoperasikan aplikasi ini sangatlah mudah. Pertama, jika anda sudah mendownloadnya maka buka aplikasi tersebut. Secara otomatis, GPS Status akan mulai mencari satelit yang terdekat. Nah, langkah selanjutnya anda tinggal mengkalibrasikan kompas yaitu dengan klik menu di pojok kiri atas. Selanjutnya anda pilih Compass Calibration. Setelah di klik anda hanya perlu mengikuti petunjuknya maka kompas akan menunjukan lokasi yang tepat. Apabila masih belum tepat anda bisa merasa GPS. Saat menggunakan aplikasi ini apabila sinyal dari satelit tidak didapatkan berarti GPS ponsel anda telah di-block.

meningkatkan keakuratan GPS

4. Refresh GPS Kamu

meningkatkan keakuratan GPS

Nah menyambung dari cara yang tadi, apabila masih belum berhasil juga anda bisa mulai merefresh GPS. Masih dengan aplikasi GPS Status anda anda bisa mulainya dengan meng klik menu pilihan lalu klik “diagnose sensor “. Selanjutnya anda klik menu GPS Sensors. Setelah itu maka akan ada meni pop up dimana disana terdapat menu reset. Klik tombol reset untuk membersihkan cache dari data GPS yang lalu. Dengan cara ini seharusnya smartphone anda sudah akurat dalam menampilkan letak posisi objek. Anda abis mengeceknya kembali lewat aplikasi Google Maps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *