Penyebab Komputer Bisa Di-Ping, Tetapi Sharing File Tidak Bisa

Diposting pada 24 views

Penyebab Komputer Bisa Di-Ping, Tetapi  Sharing File Tidak Bisa – Berbicara mengenai jaringan komputer, salah satu jenis jaringan komputer yang paling banyak digunakan sekarang yakni jaringan LAN. Jaringan LAN sendiri terbilang paling mudah dalam hal pembuatan dan penyettingannya. Selain itu, jenis jaringan satu ini diklaim lebih efektif untuk hal sharing data dan file antarperangkat. Jaringan LAN biasanya digunakan di kantor-kantor, sekolah ataupun instansi lainnya.

Penyebab Komputer Bisa Di-Ping, Tetapi  Sharing File Tidak Bisa

Meskipun cukup mudah dibuat, namun ternyata pada jaringan LAN sering mengalami beberapa problem. Salah satunya problem yang sering dialami oleh pengguna yakni tidak bisa sharing file dengan kompute lain. Masalah error seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik karena koneksi, sambungan, atau sistem komputer itu sendiri yang mengalami masalah. Apakah Anda juga sedang mengalami masalah tersebut dan bingung cara memperbaikinya? Tenang saja, berikut ini sudah kami rangkumkan informasi mengenai penyebab komputer bisa di-ping, tetapi sharing file tidak bisa dan cara mengatasinya. 

Penyebab Komputer Bisa Di-Ping, Tetapi  Sharing File Tidak Bisa

Jaringan komputer sangat penting perannya dalam dunia perkantoran, dimana dengan dibuatnya jaringan akan mempermudah pengguna dalam hal sharing file. Tidak hanya file saja, dalam sebuah jaringan komputer juga memungkinkan untuk sharing sumber daya, seperti internet dan printer. Namun, memang sharing file dan datalah yang paling sering dilakukan dalam penggunaan jaringan komputer.

Kembali ke permasalahan komputer bisa di-ping, tetapi sharing file tidak bisa dimana masalah seperti ini bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. Adapun beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah tersebut, antara lain:

  • Settingan pada network yang bermasalah atau kurang benar.
  • File tidak disharing untuk everyone atau hanya ke komputer tertentu.
  • Sambungan kabel atau konektor yang bermasalah.
  • Masalah firewall yang masih aktif.
  • Adanya virus yang menyusup.

Dari beberapa penyebab di atas tentunya kita bisa dengan lebih mudah untuk melakukan penanganan masalah yang terjadi. Hanya saja, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengatasi tidak bisa sharing file di jaringan LAN tetapi bisa diping tersebut.

Cara Mengatasi Komputer Bisa Di-Ping, Tetapi Sharing File Tidak Bisa

Cara memperbaiki masalah tidak bisa sharing file di jaringan LAN ini kami berikan sesuai dengan penyebab yang sudah dijabarkan di atas. Adapun langkah-langkah penanganan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan restart komputer

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah tidak bisa sharing file yakni dengan merestart komputer. Mungkin saja masalah error yang terjadi disebabkan oleh menumpuknya cache atau file sampah di dalam komputer. Dengan melakukan restart, file sementara tersebut akan dibersihkan sehingga RAM menjadi kosong kembali.

Tidak hanya bisa mengatasi beberapa masalah error, merestart komputer juga akan membuat performa komputer menjadi lebih cepat dan lancar.

2. Memastikan settingan di network sudah benar

Masalah tidak bisa akses file sharing selanjutnya mungkin disebabkan oleh settingan network yang tidak benar. Pastikan Anda sudah mengatur pada Network Sharing Center dengan benar agar sharing file bisa berjalan dengan baik.

Untuk menyetting network sharing center sendiri, sebagai berikut:

  • Buka Control Panel dengan cara klik Start Menu lalu pilih Control Panel.
  • Pilih opsi Netwrok and Internet, lalu klik pada opsi Network and Sharing Center.
  • Pilih Change sdvanced sharing settings.
  • Pilih Turn on pada bagian Network discovery dan File and printer sharing.
  • Scroll lagi ke bawah lalu pilih Turn Off pada bagian Password protected.

3. Pastikan file sudah disharing dengan benar

Selanjutnya yakni dengan memastikan file sudah disharing dengan benar. Selain itu, file yang disharing pastikan sudah diatur ke opsi Everyone. Jika tidak dipilih Everyone tentunya komputer lain tidak bisa mengakses file yang disharing tersebut.

4. Pastikan komputer berada di Workgroup yang sama

Inilah yang yang tidak kalah penting dan sering dilupakan oleh beberapa pengguna. Mereka tidak menyamakan Workgroup pada komputer, dan ini tentunya membuat komputer tidak bisa melakukan sharing file dengan benar.

5. Mematikan Firewall Windows

Dan cara yang terakhir yang dengan menonaktifkan firewall pada masing-masing komputer. Terkadang memang masalah tidak bisa sharing file disebabkan oleh firewall yang aktif. Untuk mematikan firewall pada Windows, sebagai berikut:

  • Klik Start Menu, lalu pada kolom pencarian ketikkan Windows Firewall.
  • Klik pada menu Firewall yang muncul.
  • Di bagian kiri tampilan Anda klik opsi Turn Windows Firewall on or off.
  • Kemudian pilih Turn Off…..

Baca juga : Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat Jaringan LAN

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer bisa di-ping, tetapi sharing file tidak bisa yang dapat Anda coba terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *