Apa Itu Shared Hosting Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Shared Hosting Beserta Kelebihan dan Kekurangannya – Ada 3 jenis hosting yang umum dipakai yaitu ada Shared Hosting VPS, dan Dedicated Server. Shared hosting adalah salah satu layanan online tempat penyimpanan data dan mengelola website. Perbedaan dengan jenis hosting lainnya yaitu terletak dari servernya.

Pengertian share hosting membagi server ke beberapa user yang digunakan secara bersamaan. Hal ini berbeda dengan VPS yang menggunakan server virtual sehingga user memiliki kendali penuh. Begitu juga dengan dedicated server yang servernya hanya untuk satu pengguna saja.

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Hal ini karena ini merupakan level terendah dibandingkan jenis hosting yang lain. Meskipun begitu, shared hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pertama, kita bahas dulu pertanyaan jelaskan pengertian shared hosting yang ingin diketahui banyak orang. Jadi, shared hosting adalah jenis hosting yang dimana penggunaan satu servernya dipakai oleh banyak pengguna atau “berbagi hosting”.

Cara kerjanya adalah satu server akan menempatkan akun hosting dengan hosting lainnya dan bekerja bersamaan. Meskipun ada di satu server yang sama, setiap website bekerja secara individu sesuai dengan kontrol dari webmasternya.

Shared hosting cocok dipakai untuk pembuat website yang masih pemula karena tidak perlu kerepotan untuk mengatur website. Hal ini karena semua pengaturan telah dikelola otomatis oleh layanan hostingnya.

Fakta Unik Shared Hosting

Setelah mengetahui jawaban jelaskan pengertian shared hosting, Anda juga perlu tahu fakta menarik terkait jenis hosting yang satu ini.

  • Pertama, Anda tidak perlu melakukan berbagai pengaturan atau pengelolaan untuk website. Seperti yang dikatakan sebelumnya, hosting ini sudah dalam keadaan default sehingga ini cocok bagi Anda yang tidak paham dalam hal teknis website.
  • Kedua, kata “shared” disini banyak mengartikan apabila orang memakai sumber daya yang banyak, maka harus membayar dengan harga yang sama. Pemikiran ini yang perlu diluruskan. Setiap pengguna sudah dijatah berapa kapasitas yang perlu digunakan. Dengan menggunakan shared hosting, biaya yang dibayar juga lebih murah.

Kelebihan Shared Hosting

Untuk lebih memahaminya, kelebihan shared hosting adalah sebagai berikut:

1. Biaya Murah

Kelebihan yang paling menonjol dan diunggulkan dari shared hosting ini adalah dari segi biayanya yang murah. Jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, shared hosting jauh lebih murah sehingga bisa dipakai oleh banyak orang.

Shared Hosting Beserta Kelebihan dan Kekurangannya - Ada 3 jenis hosting yang umum dipakai yaitu ada Shared Hosting VPS, dan Dedicated Server. Shared hosting adalah salah

Dengan keunggulannya yang murah ini, pengguna yang baru merintis bisnis atau yang baru terjun ke dunia website bisa menggunakan shared hosting ini. Jadi, resiko kegagalan bisnis website ini lebih kecil karena modal yang dikeluarkan tidak besar jika menggunakan hosting ini.

Lalu, kenapa shared hosting murah? Hal ini karena penyedia hosting menyediakan tempat server untuk banyak website. Anda bisa menggunakan layanan hosting murah Niagahoster untuk mendapatkan shared hosting yang berkualitas.

2. User Friendly

Penggunaan shared hosting sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Setiap website memiliki panel kontrol sendiri sehingga webmaster bisa dengan mudah mengatur tampilan dasar.

Selain itu, Anda tak perlu khawatir mengenai manajemen dan pemeliharaan dari hosting tersebut. Pasalnya, semua pemeliharaan dan pengelolaan hosting sudah diatur oleh penyedia layanan hosting. Dengan begitu, semua user cukup fokus pada pembuatan konten untuk website.

Semua pengguna akan mendapatkan daya, bandwidth sampai dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia dalam server tersebut. Penyedia layanan umumnya akan menawarkan fasilitas membangun website seperti WordPress, dsb sehingga website akan lebih unggul.

Baca juga : Platform blogging terbaik tentukan pilihanmu

Kekurangan Shared Hosting

Jelaskan pengertian shared hosting dari segi kelemahannya dapat dilihat dalam penjelasan di bawah ini. Kekurangan shared hosting adalah sebagai berikut:

1. Mudah Terjadi Bug Atau Gangguan

Kekurangan pertama yang sering terjadi bagi pengguna shared hosting adalah sering mengalami gangguan. Hal ini disebabkan karena dari pengguna lain.

Misalnya, jika salah satu website memiliki traffic yang tinggi hal ini akan mengganggu kondisi user lainnya sehingga sering terjadi error atau lambat untuk masuk ke website Anda. Ini akan menghambat performa website terutama jika terjadi overload.

Jadi, jika sudah memiliki banyak pengunjung tidak disarankan untuk menggunakan shared hosting karena loading ke website akan lebih lama. Selain itu, gangguan lainnya bisa disebabkan adanya pengguna lain yang sering spam sampai server terblokir.

2. Tidak Memiliki Kendali Penuh

Berbeda dengan VPS dan dedicated server, shared hosting memiliki keterbatasan dalam mengelola websitenya sendiri. Hal ini karena adanya aturan dari penyedia layanan hosting atas keterbatasan mengakses server. Setiap user wajib mematuhi aturan dari penyedia layanan.

Oleh sebab itu, Anda perlu membaca peraturan dan fasilitas apa yang didapatkan jika menggunakan layanan tersebut. Pengguna juga tidak bisa melakukan instalasi aplikasi dan plugin tertentu.

3. Keamanan Kurang

Dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, keamanan dari shared hosting terbilang kurang. Hal ini karena dalam satu server dipakai oleh banyak website sehingga ini bisa mendatangkan malware dan mudah mengalami peretasan.

Meskipun begitu, shared hosting sebenarnya sudah memiliki keamanan standar.

Kesimpulan

Itulah pengertian shared hosting beserta kelebihan dan kekurangannya. Untuk mendapatkan hosting terbaik silahkan melalui layanan penyedia hosting murah Niagahoster. Ada banyak keunggulan yang didapatkan serta fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berkembangnya situs.

 

Note : Penulis dari Niagahoster

Tinggalkan komentar