Terapkan Tips Transaksi Online Berikut Agar Pembayaran Anda Tetap Aman

Diposting pada 40 views

Banyaknya situs belanja online memang sangat memudahkan Anda, namun sebagai calon konsumen Anda harus tetap waspada saat berbelanja online. Dunia maya dapat dengan mudah dapat mengirimkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Pada akhirnya kepuasan konsumen pun dipertanyakan.

Berikut ini adalah tips transaksi online yang dapat Anda coba untuk bertransaksi online.

Ketahui Reputasi Toko Online

Kini di Internet menyebar banyak situs belanja online, bahkan Anda bisa dibuat bingung karena banyaknya toko online yang ada. Namun tidak hanya butuh yang murah namun juga reputasi. Pastikan toko online yang Anda pilih untuk dapat berbelanja secara online memiliki reputasi yang baik seperti latar belakang dan grup perusahaan dari toko online yang akan Anda pilih.

Baca juga : Nikmati layanan digital marketing, dengan penuh kewaspadaan!

Waspada Penipuan

Sebagai seorang konsumen Anda harus pintar-pintar saat mendapatkan informasi dari pihak toko online. Kini banyak toko online yang nakal dengan meminta informasi rekening lewat email bahkan telepon dengan alasan yang bervariasi. Anda jangan mudah tergoda dengan promo barang murah. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu berhati-hati terutama menyangkut keuangan Anda.

Waspada Metode Pembayaran

Hal lain yang paling penting untuk berbelanja online adalah proses pembayaran. Sebaiknya Anda harus berhati-hati jika toko online tersebut menerima pembayaran ke beberapa rekening dan hanya mencantumkan pembayaran tunai via pos.

Maka dari itu Anda harus melakukan pengecekan terhadap metode pembayaran yang tersedia, dengan begitu Anda pun bisa memilih yang aman untuk transaksi Anda.

Memiliki Alamat Kantor Pusat Yang Jelas

Sebaiknya pilihlah toko online yang memang memiliki alamat rumah, bisnis atau kantor yang nyata. Jangan sampai Anda tertipu dengan alamat fiktif. Pastikan jika memang memiliki alamat yang dicantumkan memang ada. Anda pun bisa mengecek di aplikasi google maps dengan pilihan 3D directory sehingga bisa melihat secara nyata bahwa kantor tersebut memang ada.

Baca juga : 5 applikasi Terbaik untuk membuat daftar belanjaan

Berbelanja Dengan Kartu Kredit Atau Debit Yang Aman

Ketika Anda berbelanja online, maka pilihlah pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit dengan standar keamanan ganda. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Anda bisa dibantu oleh pihak bank tersebut.

Periksa Lagi Detail Barang

Ketika berbelanja online, pastikan yang Anda beli sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebaiknya baca secara detail deskripsi produk dan syarat serta ketentuan. Jika ada yang masih kurang dipahami, sebaiknya tanyakan pada customer service sehingga Anda pun tidak akan salah dalam membeli barang.

Usahakan Pakai Rekening Bersama

Rekening bersama merupakan salah satu solusi yang baik untuk dapat menghindari penipuan saat belanja online. Dengan menggunakan rekening bersama uang yang telah ditransfer sebelum dilakukan pengiriman barang oleh penjual baru akan sampai ke tangan penjual jika Anda mengkonfirmasi keberhasilan transaksi yang dilakukan.

Baca juga : Tips jualan pulsa tetap sukses di era digital

Jadi apabila penjual tidak kunjung mengirimkan barang atau mengirim barang yang tidak sesuai dengan pesanan, maka uang tersebut dapat kembali lagi. Biasanya situs-situs marketplace besar saat ini telah menggunakan metode pembayaran lewat rekening bersama untuk dapat meminimalisir risiko penipuan.

Beberapa tips transaksi online diatas bisa Anda coba ketika Anda berbelanja online. Semoga dengan adanya tips diatas Anda bisa berbelanja online dengan lebih aman mulai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *