Cara Flash Hp Samsung Semua Tipe yang Mudah

Diposting pada 53 views
Cara Flash Hp Samsung

Cara Flash Hp Samsung – Bagi anda sebagai pengguna HP Samsung pastinnya sangat senang karena dari beberapa hal, di antarannya yaitu spesifikasinnya, model Hp yang modern, brand yang terkenal dan lain sebagainnya. Hp Samsung di pasaran kini memang salah satu yang paling banyak di beli oleh pecinta Samsung sendiri maupun juga pengguna baru, sudah tak heran jika brand Samsung yakni smartphone nya menjadi terbaik sampai saat ini.

Tidak lepas dari peran serta keunggulan Hp Samsung di atas memang begitu menonjol sekali baik dari keunggulan hingga laku di pasaran, namun perlu anda ketahui juga pada HP terbaik juga pernah mengalami problem dimana anda harus mensetting kembali yakni dengan cara flash. Mungkin buat anda yang masih belum paham tentang flash, tak perlu bingung.karena di watpedia akan diberikan cara flash hp Samsung yang mudah.

Cara Flash Hp Samsung Semua Tipe yang Mudah

Cara Flash Hp Samsung

sebelum melanjutkan dibagian cara flash HP Samsung, ada baiknya anda mengetahui apa saja manfaat flashing HP, di atarannya :

  • Menormalkan kembali HP seperti semula operasi sistemnya
  • Meminimalisir kesalahan dan bahkan memperbaiki HP yang mengalami error seperti hang, mati sendiri dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Dan satu lagi dapat menghapus virus yang menyerang HP Android anda.

Sebenarnya ketika melakukan flash terdapat dua cara yang berbeda, yang pertama anda bisa flash sendiri melalui Hp Samsung tanpa menggunakan alat tambahan lain dan berikutnya menggunakan sambungan laptop/ computer. Anda bisa flashing Hp Samsung dari berbagai tipe dan agar tidak penasaran yuk langsung saja simak selengkapnya langkah di bawah ini :

Persiapan Keperluan Flash Hp Samsung

Cara Flash Hp Samsung
  • Pertama kali anda perhatikan sekaligus cek data penting di hp Samsung, dengan membuat kembali file copy atau bisa dibilang cadangan. Tujuannya agar ketika flash nanti tidak khawatir data anda hilang. Karena ketahuilah tujuan flash ini membersihkan isi data yag berada di memori dalam.
  • Berikutnya perhatikan kondisi daya Hp Samsung anda apakah mampu untuk dilakukan flashing, namun usahakan baterai yang normal lebih dari 50% minimal.
  • Buat nantinnya yang menggunakan sambungan laptop/ computer untuk flash hp Samsung maka siapkan seperti kabel USB dan sekaligus atur pula driver USB nya.
  • Anda juga perlu mendownload firmware sesuai dengan type Hp Samsung anda, dan untuk referensi download-an anda bisa mengunjungi ke website Samsung-firmware.org/.
  • Siapkan juga pada perangkat laptop/ computer anda nantinnya seperti aplikasi Odin. Rekomendasi untuk download an ini anda bisa mengunjungi alamat samsungodin.com.

Flas HP Samsung Tanpa Sambungan Laptop/ Komputer

Cara Flash Hp Samsung

Metode yang pertama ini anda bisa melakukannya tanpa menggunakan apapun termasuk salah satunnya laptop, cara ini memang tidaklah ribet dengan bekal hp android yang di flash anda dapat melakukannya sendiri sembari melihat cara di bawah ini, apa saja yuk langsung saja simak infonnya.

  • Membackup Data

Seperti yang pernah di paparkan di atas tadi, usahakan semua data di memori internal anda bisa dicadangkan terlebi dahulu agar memastikan ketika flash tidak khawatir akan data penting tersebut.

  • Periksa Daya Baterai Hp

Berikutnya, untuk memastikan flashing Hp Samsung anda berjalan lancar dan tidak takut Hp nantinnya kehabisan baterai. Maka usahakanlah daya baterai anda lebih dari 50% ya? Jika pun itu dibawahnya lebih baik di cas dulu sesuai syarat dan ketentuannya.

  • File Firmaware Masukanlah

Setelah anda mempersiapkan file firmware sebelum melakukan flash, maka simpanlah di bagian direktori. Karena anda tidak perlu repot untuk membuat folder kembali hanya file yang berbentuk format rar maupun zip. Siapkan kembali untuk di ekstrak terlebih dahulu.

  • Memori Eksternal Masukanlah

Kali ini fungsi dari memori eksternal yaitu memasukkan data yang isinya berupa file firmware tadi di hp Samsung anda.

  • Mulailah Nyalakan Hp Samsung

Apabila semuanya sudah siap maka anda bisa langsng menyalakan hp Samsung, carannya sederhana sekali cukup menekan tombol kombinasi seperti Power, Home, dan juga tombol Volume secara bersamaan.

  • Tampilan Wipe Data/ Factory Reset

Setelah anda lakukan tekan tombol kombinasi seperti yang dilakukan di atas, sekarang anda bisa melihat tampilan flash yang berupa Wipe Data/ Factory Reset. Tampilan itu sangat berguna sekali pada hp anda yang ingin normal kembali nantinnya.

  • File zip Lakukan Install

Pada halaman menu utama akan menampilkan dengan perintah masukan file zip dari kartu eksternal tadi, kemudian anda install agar bisa melanjutkan langkah selanjutnya.

  • Pilih File Firmware

Sesudah install file zip di memori eksternal, anda bisa langsung cari file firmware tersebut dan tak lupa untuk langsung klik sekali. Tunggulah proses loading sampai benar-benar sukses ketika flash, selanjutnya jangan lupa anda melakukan restart kembali pada hp Samsung dan selesai untuk melihat hasilnya coba gunakan kembali ponselnya.

Cara Flash HP Samsung Menggunakan Laptop/ Komputer

Cara Flash Hp Samsung

Berikut ini langkah flash HP Samsung menggunakan Laptop atau computer, selain cara di atas tadi memang sudah umum setiap orang mencoba dengan cara yang satu ini yang akan di bahas di bawah ini.

  • Pertama kali tidak jauh berbeda dengan cara flash Hp Samsung tanpa bantuan perangkat, yakni usahakan semua data untuk anda cadangkan atau bisa juga lakukan membackup data pada ponsel anda.
  • Agar tidak khawatir ketika flashing berjalan, maka usahakanlah kondisi daya baterai anda lebih dari 50%, jika masih di bawahnya maka anda bisa menambah dayannya terlebih dahulu hingga yang sudah ditentukan.
  • Kali ini anda menggunakan bantuan perangkat seperti laptop/ computer, maka anda berhak install lebih dahulu driver USB Smsung asli. Agar nantinnya bisa langsung terbaca untuk di respon ketika melakukan flashing.
  • Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, maka usahakan aplikasi Odin untuk anda persiapkan sekaligus sudah di install ya? Jika memang sukses install, maka anda langsung jalankan.
  • Langkah ini merupakan awal dari flash melalui laptop/ komputer, usahakan anda matikan terlebih dahulu hp Samsung, kemudian anda hidupkan kembali dengan ketentuan menekan tombol kombinasi seperti power, home dan juga volume yang bawah secara barengan.
  • Sekarang anda tidak perlu menekan tombol apapun, untuk menyambungkannya ke laptop/ computer maka gunakanlah kabel data yang sudah di siapkan dari awal tadi. Jika sudah di sambungkan setidaknya antara ponsel dengan laptop sudah saling mendeteksi.
  • Apabila memang sukses terdeteksi di Odin, maka anda akan mendapatkan notifikasinnya dan sekaligus pilihlah otomatis.
  • Kembali lagi pada file firmware yang sudah tersedia dari awal tadi, untuk di masukan ke aplikasi Odin di laptop anda.
  • Setelah ekstrak file rar anda bisa kembali lagi ke menu aplikasi Odin tadi, dengan memilih enable di opsi auto reboot, F. Reset Time, dengan klik AP dan sekaligus cari file Tar.MD5. lalu Ok
  • Tunggu proses flash sampai sukses, dan selesai anda bisa menggunakannya.

Nah, itulah tadi mengenai Cara Flash Hp Samsung Semua Tipe yang Mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *