Bagaimana Cara Melacak HP Dengan IMEI? Nih Tips Ampuhnya

Diposting pada 353 views
Cara Melacak HP Dengan IMEI

Cara Melacak HP Dengan IMEI – Memiliki HP di zaman seperti sekarang ini amatlah sangat penting, guna menunjang keseharian kita. Bahkan, ketika kita sedang bepergian dan lupa tidak membawa smartphone serasa ada yang kurang dalam hidup ini. Apalagi, gadged yang biasa kita genggam sehari-hari hilang atau dicuri oleh orang lain. Tentunya, hal tersebut sangat tidak enak kita rasakan.

Nah, biasanya salah satu langkah untuk mengembalikan smartphone yang hilang atau dicuri orang lain adalah melalui cara melacak HP dengan IMEI. Lalu, apakah bisa kita melacak HP yang sudah hilang tersebut hanya dengan mengandalkan IMEI? Melacak HP dengan mengandalkan IMEI memang menjadi salah satu cara dari sekian banyak metode. Sebab, nomor IMEI yang tertera pada setiap smartphone bisa menjadi kunci utama jika terjadi suatu hal di luar keinginan kita. Walau beberapa orang ketika kehilangan gadged mereka, akan merelakan HP-nya yang sudah hilang. Namun, tidak sedikit pula yang tetap berusaha untuk mencarinya dengan berbagai macam cara seperti: Memposting pengumuman di media social, dan salah satunya adalah melacak dengan IMEI.

Kemudian, apa sih IMEI itu? Ya, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Atau, dalam bahasa sederhananya IMEI adalah nomor identitas HP yang menyimpan berbagai macam data penting. Adapun nomor IMEI ini pada tiap HP berbeda-beda, tergantung gadged tersebut menyediakan berapa slot kartu sim. Jika single sim hanya terdapat satu nomor IMEI, bila dual sim maka memiliki dua nomor IMEI dan seterusnya. Oleh karena itu, pentingnya nomor IMEI tersebut maka kita harus menyimpannya pada ponsel dengan rapi.oya sebelum di lanjut watpedia juga pernah membuat postingan cara mencari HP Android yang Hilang Paling Mudah tidak ada salahnya jika anda membacanya untuk menambah wawasan.

Trik Mengecek Nomor IMEI, Sebelum Menerapkan Cara Melacak HP Dengan IMEI

Cara Melacak HP Dengan IMEI

Adapun sebelum kita membahas bagaimana cara melacak HP dengan IMEI, terlebih dahulu kita harus tahu bagaimana mengecek nomor IMEI pada ponsel. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek nomor IMEI di HP, untuk hp samsung bisa baca di artikel cara cek imei samsung terbaru 2020 .Simak baik-baik oke Guys!

  1. Carilah nomor IMEI pada kardus atau box HP. Biasanya pada kardus ponsel tersebut terdapat barcode sekaligus nomor IMEI.
  2. Carilah nomor IMEI dengan melihat pada tutup casing HP atau pada battery. Terkadang nomor IMEI ditempelkan pada battery atau tutup casing belakang smartphone.
  3. Carilah nomor IMEI dengan mengetikkan *#06# pada menu Dial Pad, lalu nomor IMEI HP Anda akan secara otomatis muncul di layar.
  4. Carilah IMEI dengan membuka menu “Pengaturan”, kemudian “Tentang Ponsel”, lalu “Status”, cari dan pilih “Informasi IMEI”. Ini berlaku untuk semua android.
  5. Carilah IMEI dengan membuka menu “Pengaturan”, kemudian pilih “Umum”, lalu pilih “Tentang”, dan carilah nomor IMEI. Ini khusus bagi Anda pengguna iPhone.

Nih Cara Melacak HP Dengan IMEI, Solusi Buat Anda!

Cara Melacak HP Dengan IMEI

Setelah memahami cara untuk mengecek nomor IMEI pada ponsel, jika sewaktu-waktu Anda mengalami musibah berupa kehilangan gadged maka dapat menerapkan cara melacak HP dengan IMEI yang ada di ponsel. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi Operator Penyedia Layanan SIM Seluler

Perlu diingat bahwa, nomor IMEI yang ada pada setiap HP akan selalu terhubung dengan penyedia operator kartu SIM seluler. Oleh sebab itu, jika ingin melacak keberadaan smartphone Anda yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI maka langkah pertama Anda harus bekerjasama dengan penyedia Operator SIM seluler tersebut.

Caranya yakni, Anda bisa menghubungi Operator Service Center dengan memberikan informasi bahwa Anda ingin mencari HP yang hilang. Kemudian, sampaikan pula nomor IMEI HP Anda.

2. Hubungi Pihak Yang Berwajib

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni, menghubungi pihak berwajib untuk melengkapi surat keterangan. Biasanya diminta oleh penyedia Operator layanan SIM seluler. Surat keterangan ini digunakan oleh Operator layanan SIM seluler untuk memperkuat ajuan Anda. Sehingga, proses pencarian smartphone Anda dapat dilakukan secara akurat oleh Operator layanan SIM seluler.

Nah, itu tadi seputar bagaimana cara melacak HP dengan IMEI. Meskipun terkesan ribet dan susah karena harus melapor ke pihak berwajib dan Operator layanan SIM seluler, namun hasil yang akan didapat sangat akurat.

Akan tetapi apabila si Pencuri HP Anda sudah mengganti SIM card atau kartu SIM dengan yang baru, maka pihak Operator layanan SIM seluler hanya akan dapat melacak sampai si Pencuri tersebut mengganti kartu SIM di HP Anda. Walaupun demikian, untuk mencari keberadaan gadged yang hilang tidak hanya ada satu cara ini saja. Melainkan, masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menemukannya. Seperti halnya melacak keberadaan HP dengan menggunakan akun Google atau sejenisnya yang tidak membutuhkan nomor IMEI.

Terlepas dari kelebihan maupun kekurangan cara melacak HP dengan IMEI, mencari HP yang hilang baik itu dicuri maupun jatuh tanpa disengaja memang perlu disikapi dengan tenang. Kemudian, barulah mulai mengatur strategi atau cara untuk menemukan smartphone Anda dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *