close
Shopee Promo

Pengen Tau Cara Menghilangkan Virus Di HP Dengan Mudah? Berikut Solusinya

cara menghilangkan virus di HP

cara menghilangkan virus di HP – Dewasa ini memiliki keterampilan atau cara menghilangkan virus di HP sangatlah penting. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa keseharian kita senantiasa membutuhkan alat komunikasi berupa HP atau smartphone dengan kondisi prima.

Virus dalam hal ini bisa saja menyerang smartphone melalui aktifitas kita, saat mengakses internet atau link tertentu yang langsung terhubung ke HP.

cara menghilangkan virus di HP

Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna harus antisipasi sedini mungkin. Terutama, dalam mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di HP tanpa harus menunggu sampai smartphone kita rusak parah akibat serangan malware.

Nah, untuk Anda yang kebetulan belum tahu caranya mengatasi dengan mudah, berikut ini watpedia paparkan beberapa tips yang bisa Anda gunakan.oke sebelumnya kami juga sudah bahas Daftar antivirus HP Terbaik Yang Aman tidak salah jika anda baca juga . Simak baik-baik ya Guys!

Baca juga :Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Pilih Aplikasi Save Mode

Memilih untuk masuk di aplikasi Save Mode, berarti Anda akan masuk pada system operasi standard dari gadged Anda. Keuntungan saat Anda masuk pada aplikasi ini yakni, Anda hanya akan menggunakan aplikasi bawaan dari HP saja. Sehingga, beban operasional android Anda akan menjadi lebih ringan.

Namun tidak hanya memperingan beban operasional saja. Lebih dari itu, Anda pun akan dengan mudah menghapus data-data yang tidak penting seperti hapus cache ataupun virus misalnya.

Nah, adapaun cara untuk masuk di aplikasi Save Mode ini Anda dapat menekan tombol power dan +volume secara bersamaan. Kemudian setelah masuk pada menu Booting, pilihlah Save Mode. Maka, secara otomatis HP Anda akan berada pada kondisi system standard.

Cek Aplikasi di Save Mode

Setelah Anda memilih berada pada aplikasi Save Mode, langkah selanjutnya dapat melihat aplikasi apa saja yang terpasang. Cara melihat aplikasi apa saja yang terpasang di HP Anda yakni, cukup pilih menu Setting, lalu Apps dan setelahnya tab Downloaded.

Setelah itu, system akan secara otomatis menghapus aplikasi pihak ketiga yang mana biasanya menjadi domain virus berada. Perlu diketahui bahwa, virus yang menyerang gadged kita biasanya berdomain pada system aplikasi pihak ketiga.

Dengan demikian Anda akan mengetahui aplikasi asing yang belum pernah Anda download dan pasang di smartphone.

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Langkah selanjutnya, setelah Anda mengetahui aplikasi asing yang belum pernah Anda download dan pasang sebelumnya maka dapat langsung klik aplikasi asing atau mencurigakan tersebut kemudian pilih Uninstall.

Namun dengan catatan, jika aplikasi tersebut masuk pada system administrator maka ada kemungkinan aplikasi tersebut tidak dapat di-uninstall pada aplikasi Save Mode ini.

Hapus Aplikasi Administrator Asing

Selain virus yang berdomain pada aplikasi tertentu, virus ini juga dapat berdomain pada system administrator smartphone. Maka, jika Anda menemukan virus yang berdomain pada system administratornya maka Anda hanya dapat menghapus melalui system administrator smartphone.

Adapun cara menghapus virus di HP yang berdomain pada system administratornya yakni dengan memilih menu Setting, kemudian pilih menu Security, lalu pilih menu Device Administrator.

Kemudian, Anda dapat menghapus akses administrator aplikasi asing tersebut. Jika sudah selesai, Anda dapat kembali masuk pada menu Applications Setting dan dilanjutkan untuk menghapus aplikasi asing tersebut.

Exit Save Mode

Nah, bagi Anda yang telah selesai melaksanakan langkah-langkah di atas maka Anda telah berhasil menghapus virus di HP tanpa menggunakan aplikasi antivirus.

Artinya, Anda dapat menghapus virus di android walaupun tanpa adanya aplikasi antivirus. Setelah semua proses terlaksana dengan baik dan Anda telah berhasil menghapus aplikasi-aplikasi asing, maka keluarlah dari aplikasi Save Mode dan mulailah untuk restart ulang HP Anda.

cara menghilangkan virus di HP

Adapun selain langkah atau cara menghilangkan virus di HP tanpa menggunakan aplikasi antivirus. Anda juga dapat menghapus virus dengan menggunakan aplikasi seperti Google Play Protect, AdAway, atau Malwarebytes yang cukup mudah untuk dijalankan.

Namun, pada dasarnya banyak cara untuk menghilangkan virus di gadged tanpa membuat bingung dan panik dengan kondisi smartphone kita.

Terpenting, Anda tahu tanda-tandanya sedini mungkin bila HP mulai terserang virus seperti: Munculnya iklan pop-up tidak jelas yang tiba-tiba muncul, kuota cepat habis, baterai smartphone terasa lebih boros dari biasanya, waktu booting smartphone terasa lebih lama, sampai smartphone terasa sangat lemot.

Ketika Anda sudah mampu mendeteksi gejala awal HP mulai terserang virus, Anda dapat langsung melakukan langkah-langkah pencegahan. Diantaranya seperti: Melakukan scanning virus, jangan memberikan superuser kepada aplikasi yang tidak dikenal, dan hati-hati dalam pemasangan aplikasi di smartphone Anda.

Begitupun ketika Anda sering melakukan koneksi maupun menggunakan aplikasi yang langsung terhubung ke Internet, maka usahakan untuk rutin dalam melakukan scanning terhadap smartphone Anda.

Baca juga : Menghapus Virus Shorcut Di Laptop Secara Permanen

Agar virus segera terdeteksi sedini mungkin. Oke, sekian artikel dari watpedia yang membahas mengenai Cara Menghilangkan Virus Di HP. Semoga bermanfaat buat Anda semuanya. Sampai jumpa di postingan yang berikutnya.

Tinggalkan komentar