5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Tepat, Supaya Membeli Yang Sesuai Harapan Anda!

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Spesifikasi dapat juga diartikan sebagai rincian dari laptop tersebut. Tetapi, banyak orang yang tidak mengecek spesifikasi laptop sebelum membelinya. Padahal, spesifikasi ini sangat penting untuk mencegah atau menghindiri kekecewaan dan kerugian saat Anda membeli laptop. Dalam spesifikasi terdapat perincian tentang laptop tersebut seperti: Tipe Nama Komputer, Memori, RAM, Prosesor dan lain sebagainya secara lengkap.

Mengecek spesifikasi merupakan hal yang mudah dilakukan. Namun sebagian orang tidak mengecek spesifikasi dari laptop yang mereka gunakan, entah alasanya tidak terfikirkan atau karena belum tahu caranya. Namun perlu diketahui, keuntungan yang Anda dapatkan dari cek spesifikasi laptop ini maka bisa mendapatkan laptop yang sesuai dengan harapan, tidak tertipu, serta kualitas sesuai harga. Spesifikasi yang berbeda akan mempunyai fungsi berbeda pula pada penggunaannya. Maka dari itu, di dalam artikel Watpedia akan membahas mengenai Cara Melihat Spesifikasi Laptop. So, berikut beberapa caranya langsung simak ya Guys!

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

1.Menggunakan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah salah satu fitur yang bisa Anda gunakan untuk melihat spesifikasi dari laptop atau PC. Berfungsi juga untuk memperlihatkan berbagai informasi selain spesifikasi. Cara untuk melihat spesifikasi laptop atau PC melalui Sistem Informasi, adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Start pada laptop atau PC Anda
  2. Kemudian, cari Sistem Informasi dengan mengetik System Information untuk membukanya
  3. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard
  4. Akan muncul informasi-informasi terkait sistem. Akan membantu Anda untuk menemukan segala yang dibutuhkan. Banyak menu di dalamnya yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan informasi seperti: Jenis Sistem, Model Sistem, Processor, Informasi BIOS dan juga Tanggal Pembaharuan Terakhir. Tetapi tidak ada grafis dalam ringkasan sistem
  5. Selanjutnya, pilih Spesifikasi Sistem. Disitu Anda akan melihat spesifikasi laptop milik Anda

2.Menggunakan Setting Aplikasi

Setting aplikasi merupakan pengaturan aplikasi. Dalam pengaturan aplikasi tersedia berbagai informasi mengenai perangkat lunak dan perangkat keras dari laptop atau PC Anda. Cara untuk melakukan atau melihat spesifikasi sistem pada laptop atau PC Anda dengan menggunakan setting aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. MembukaSetting aplikasi
  2. Klik System yang berada di laptop atau PC Anda
  3. Anda akan menemukan informasi tentang laptop atau komputer yang sedang Anda gunakan saat ini. Anda juga dapat melihat Informasi, Kapasitas, RAM, VGA yang terdapat pada laptop atau PC Anda.

3.Menggunakan Dxdiag

Fitur Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools adalah aplikasi untuk mengetahui spesifikasi laptop dan bisa dilakukan di semua jenis laptop atau PC. Aplikasi ini dapat melihat spesifikasi dengan baik, disajikan oleh laptop atau PC yang Anda miliki. Anda bisa melihat dengan baik keterangan di komputer Anda. Dalam aplikasi ini juga akan mengetahui dan melihat berbagai macam hardware yang terhubung ke komputer Anda. Berikut cara menggunakan aplikasi Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools:

  1. Masuk ke Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools atau tekan timbol Win + R lalu cari Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools
  2. Secara otomatis akan muncul Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools dan kemudian akan muncul spesifikasi laptop

Menu-menu dalam Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools adalah: Sistem, Sound, Display, dan Input. Berbagai informasi sistem akan Anda dapatkan di dalam menu Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools.

4.Menggunakan Aplikasi CPU- Z

Selanjutnya untuk mengetahui spesifikasi laptop menggunakan aplikasi CPU- Z. Fitur ini merupakan software dari Windows, dipergunakan untuk melihat spesifikasi laptop atau PC yang Anda miliki. Berikut adalah cara untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan aplikasi CPU- Z:

  1. Dowload aplikasi sistem pada browser- browser yang Anda miliki
  2. Membuka atau menginstall CPU- Z menggunakan Run Administrasion
  3. Buka aplikasi CPU- Z akan muncul 7 menu yang ada di dalam CPU- Z antara lain adalah: CPU, Memory, Mainboard, Caches, SPD, Graphics, dan About.
  4. Maka, Anda akan tahu spesifikasi komputer dengan berbagai menu tersebut

5.Menggunakan Properties

Cara selanjutnya adalah yang paling mudah dalam mengetahui spesifikasi system. Dengan membuka This PC kemudian tekan “My Computer kemudian klik kanan dan akan muncul berbagai menu di dalamnya seperti: Collapse, Manage, Pin To Start, Map Network Drive, Open In New Window, Pin To Quick Accses, Disconnect Network Drive, Add A Network Location, Delete, Rename dan Properties. Maka, pilih “Properties” untuk mendapatkan spesifikasi laptop yang Anda gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Demikianlah berbagai Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang bisa Anda manfaatkan jika akan membeli laptop. Untuk mengetahui secara lengkap tentang laptop tersebut. Sehingga, bisa mendapatkan laptop sesuai dengan yang Anda harapkan dan butuhkan. Oke, sekian dariWatpedia dan terimakasih. Semoga bermanfaat buat kalian semuanya. Jangan lupa Guys, share artikel ini ke semua sosial media ya!

Tinggalkan komentar