Cara Memindahkan Database eSPT 1771 Ke Komputer Lain? Nih Tutorial Gampangnya Buat Anda!

Cara memindahkan database eSPT 1771 ke komputer lain, mungkin sedang Anda cari. Karena, dapat Anda gunakan untuk memindahkan database yang penting. Maybe, Anda sedang ingin ganti komputer baru yang mengharuskan database untuk dipindah.

Cara memindahkan database eSPT 1771 ke komputer lain

Apalagi bila itu berhubungan dengan database klien bisnis Anda atau urusan kerjaan, tentunya sangat penting. So, tepat sekali mengunjungi situs ini. Pasalnya, kami akan mengulas terkait cara memindahkan database eSPT  1771 ke komputer lain. Nah, langsung saja cus berikut tutorialnya untuk Anda!

Baca juga : Cara Memindahkan Database Espt Pph 23 ke Komputer Lain

Nih Cara Memindahkan Database eSPT 1771 Ke Komputer Lain Yang Hilang Saat Dipindah!

Bagaimana solusi mengatasi database eSPT yang hilang atau kosong saat dipindahkan? Untuk mengatasi permasalahan hilangnya database eSPT, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka folder : C terlebih dulu, kemudian pilih Users.
  2. Lalu buka User, lalu buka lagi AppData. Jika folder AppData tersebut tersembunyi atau terhidden, maka pastikan terlebih dulu menu View Hidden Files and Folders dalam folder options telah terceklis di bagian Show Hidden Folders, Files, dan Drives. Untuk masuk ke dalam pengaturan tersebut, Anda bisa klik Windows Explorer di ujung kiri atas kemudian pilih Organize – Folder lalu search options.
  3. Buka Program Files – Direktorat Jenderal Pajak (DJP), kemudian pilih menu eSPT PPh atau sesuai yang Anda cari.
  4. Buka lagi Folder Database, dan Copy database tadi lalu pindahkan ke PC lain.
  5. Lalu jika tiba-tiba Anda tak dapat membuka database-nya tadi di eSPT serta muncul peringatan atau pemberitahuan bahwa koneksi ke dalam database gagal, dan Anda disarankan mengecek DSN, maka solusinya ialah setting terlebih dulu DSN-nya. 

Nih Penyebab Database eSPT Kosong atau Hilang Saat Dipindah Ke Komputer Lain!

Salah satu faktornya adalah, database yang telah diinput masuk ke dalam Virtual Store. Hal ini dikarenakan wajib pajak running aplikasi eSPT tidak sebagai administrator. Selain itu, bisa juga UAC (User Account Control) belum di setting ke dalam never notify.

Adapun fungsi dari UAC ini untuk mencegah virus atau malware yang berpotensi mengganggu program di PC, dari pengaturan atau perubahan yang telah Anda lakukan.

Apabila Anda memilih pengaturan UAC ke dalam never notify, maka dapat install atau memakai program yang tak bersertifikasi Windows. Dalam proses pengaturannya, masuk ke menu Control Panel lalu pilih kategori User Account and Family Safety, lalu pilih User Account dan selanjutnya Change User Account Control Setting, serta arahkan ke bagian paling bawah dalam posisi Never Notify.

Nih Cara Memindahkan Database eSPT 1771 Ke Komputer Lain dan Menambah Database e-SPT Badan!

  1. Silahkan buka Windows Explorer. 
  2. Kemudian, klik Folder Program Files (x86), klik DJP, lalu klik e-SPT 1771. 
  3. Kemudian, buka Folder Database. Setelah itu, copy db kosong (db17712010) dan paste di folder database dan ganti nama file tersebut. 
  4. Silakan beri nama sesuai dengan kebutuhan Anda, misal DB Iwan. 
  5. Setelah selesai, silahkan klik menu Start lalu cari file ‘ODBC. Nanti, Anda akan melihat aplikasi ODBC Data Sources. Silakan klik aplikasi tersebut.
  6. Kemudian, pilih menu System DSN, lalu klik Add. 
  7. Setelah itu, klik Driver do Microsoft Access (*mdb), dan klik Finish. 
  8. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk mengisi Data Sources Name. Silakan isi sesuai dengan nama database baru, yaitu DB Iwan.
  9. Jika sudah, silakan klik Select. 
  10. Pada kolom Directories, silahkan arahkan folder DB baru Anda yang tersimpan dalam folder Database e-SPT 1717. Nanti, di kolom sebelah kiri akan muncul pilihan database. Silahkan klik DB Iwan, lalu klik OK.
  11. Setelah itu, silahkan buka aplikasi e-SPT Badan. Nanti, Anda akan melihat database baru sudah muncul dan bisa digunakan. Jika ingin memindahkan database ke PC lain, caranya sama tinggal connect KE ODBC. 
  12. Selesai. Mudah, kan? 

 

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang, cara memindahkan database eSPT  1771 ke komputer lain. Tentunya, sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menyimpan database ke komputer baru. Apalagi, bila itu berkaitan dengan database klien atau urusan kerja yang pastinya sangat penting.

baca juga : Inovasi Terbaru Cara Transfer File Lewat Wifi dari PC ke Android

Sehingga, dengan tutorial di atas semoga menjadi solusi buat Anda. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Sampai jumpa di konten-konten informatif yang berikutnya!

Tinggalkan komentar