Cara Memperbaiki Hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer

Diposting pada 38 views

Cara Memperbaiki Hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer – Hardisk merupakan salah satu komponen hardware pada komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Data ini sendiri tidak hanya berupa video, gambar, atau jenis file lainnya, melainkan juga data dari sistem. Hardisk pada sebuah komputer dibagi menjadi 2 tipe, yakni hardisk internal dan hardisk eksternal. Fungsi dari keduanya sebenarnya sama, hanya penggunaannya saja yang berbeda. Dimana hardisk internal biasanya langsung tertanam di dalam perangkat komputer atau laptop. Sementara hardisk eksternal bersifat portable yang bisa digunakan di luar perangkat.

Cara Memperbaiki Hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer

Berbicara mengenai hardisk eksternal, terkadang komponen tersebut mengalami beberapa masalah saat digunakan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada hardisk eksternal yakni tidak terbaca oleh komputer. Entah apa yang menyebabkan masalah tersebut, yang pastinya pengguna tidak bisa lagi mengakses isi data di dalam harddisk tersebut. Lantas, bagaimana cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Baca juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Memperbaiki Hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer

Hardisk yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari komputer tidak mengenali HDD, kabel USB rusak, slot kabel USB longgar, casing HDD terlalu longgar, rusak karena terjatuh, hingga karena dimakan umur. Apapun penyebabnya, yang terpentin di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca tersebut.

Adapun cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer selengkapnya, antara lain:

1. Install driver hardisk eksternal

Cara pertama untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terdeteksi oleh komputer yakni dengan menginstall ulang driver HDD. Driver sendiri berfungsi agar komponen HDD bisa terbaca oleh komputer. Jika drivernya tidak kompatible atau error, tentunya hardisk eksternal tidak akan bisa dideteksi oleh komputer.

Untuk mengisntall ulang driver harddisk eksternal tersebut, yakni:

  • Pertama buka Device Manager dengan cara klik Start Menu >> klik kanan pada Computer >> pilih Manage >> pilih Device Manager.
  • Pada halaman Device Manager Anda cari driver dari Harddisk eksternal. Biasanya tertulis USB Atteched SCSI (UAS) Mass Storage Device. Klik kanan pada driver tersebut, lalu klik Update Driver Software.
  • Pilih Browse My Computer For Driver Software. Kemudian, lanjutkan dengan pilih Let Me Pick From a List List Of Device Drivers On My Computer.
  •  Sekarang fokus ke bagian Show Compatible Hardware, beri centang pada USB Atteched SCSI (UAS) Mass Storage Device.
  • Selanjutnya klik tombol Next dan install driver tersebut.

2. Pindah ke port USB lain

Jika cara di atas sudah dilakukan namun hardisk eksternal tetap saja tidak terdeteksi, alternatif lainnya cobalah untuk menyolokkan kabel USB di port lain. Mungkin saja salah satu port pada komputer atau PC tersebut bermasalah. Jadi, Anda bisa mencoba menghubungkan harddisk eksternal ke port yang lainnya.

Jika tetap tidak terdeteksi, cobalah hubungkan hardisk eksternal ke komputer lain. Jika ternyata hardisk eksternal terdeteksi, berarti masalah ada pada komputer Anda.

3. Ganti kabel USB dan casing HDD

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hardisk eksternal tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh kabel USB yang rusak. Karena itulah, coba ganti kabel USB dengan kabel yang lain. Gunakan kabel USB baru agar masalah sebenarnya bisa ditemukan. Jika memang HDD eksternal sudah terdeteksi, berarti benar kabel USB-lah yang bermasalah.

Jika kabel USB dalam keadaan baik, mungkin saja masalah terletak pada casing harddisk eksternal. Pastikan casing yang digunakan sudah rapat dan persisi. Jika tetap tidak bisa, cobalah ganti casing HDD eksternal dengan casing lain. Dan jika memang terdeteksi berarti masalah ada pada casing tersebut.

4. Mengatur ulang Disk Management

Pada beberapa kasus, hardisk eksternal yang tidak terdeteksi bisa diperbaiki dengan cara mengatur ulang pada Disk Management. Namun, cara satu ini punya efek samping yakni bisa membuat data di dalam hardisk terhapus semua. Untuk melakukan pengaturan ulang Disk Management sendiri, sebagai berikut:

  • Klik Start Menu lalu ketik Disk Management. Selanjutnya buka Disk Management tersebut.
  • Biasanya HDD eksternal tetap terdeteksi di Disk Management. Klik kanan pada Drive (hardisk eksternal) tersebut, lalu pilih Delete Volume.
  • Jika sudah, klik kanan lagi pada drive tadi lalu klik New Simple Volume.
  • Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Baca juga : Cara Memperbaiki Laptop Rusak Power Menyala Layar Tidak Tampil

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer paling ampuh bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *