Begini Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Masuk Recovery dengan Mudah!

Diposting pada 26 views

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk Recovery-  Pernahkah Anda mengalami gangguan saat ingin memperbaiki Software pada HP Android yang rusak? Tentunya Anda pasti membutuhkan pilihan Factory Reset sebagai salah satu cara mengembalikan Software pada Android ke kondisi semula seperti pertama kali Anda menggunakannya. Ketika Anda memilih menggunakan pilihan Factory Reset Mode, otomatis akan meghapus semua data yang telah tersimpan didalam memori internal HP Android Anda. Olehkarenaya, Anda harus mengecheck terlebih dahulu data penting tersebut agar tidak ikut terhapus permanen. Dapat dilakukan dengan cara memilih Menu Settings > Privacy > Factory Data. Namun, seringkali Ada kendala setalah melakukan pilihan Factory Reset yakni HP Android kadang tidak bias Start atau tidak masuk ke Menu. Oleh karena itu, Anda juga dapat memilih pilihan Recovery mode yang disediakan HP Android. Recovery  atau Memperbaiki Mode merupakan salah satu pilihan yang disediakan pada HP Android . apapun. Menu ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada HP Android seperti saat Android boot loop, Gagal merespon saat disentuh atau tidak bisa masuk pada menu Telepon, Mengatasi lupa Password / PIN, dan kerusakan software lainnya.

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk Recovery

Recovery Mode tersedia dan dapat dilakukan pada setiap Merk Android HP manapun meskipun langkahnya berbeda. Namun terkadang sedikit ada kendala saat menggunakannya seperti kadang Root pada Android, kesalahan dalam memasang CMW, maupun ada tombol yang eror.  Adapun cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk Recovery antara lain :

  1. Menggunakan Aplikasi Quick Boot

Merupakan salahsatu aplikasi yang berada di Playstore dan harus mengunduhnya terlebih dahulu. Quick Boot direkomendasikan untuk memperbaiki kesalahan masuk Recovery Mode yang paling simple karena Anda hanya Membuka aplikasi Quick Boot > klik Recovery Mode. Lalu secara otomatis HP Android anda akan melakukan Reboot kemudian masuk ke Recovery Mode.

2. Menggunakan Android Debug Bride (ADB)

ADB merupakan sebuah alat yang dirancang khusus oleh Google untuk HP Android. ADB ini digunakan untuk menyambungakan Android dengan PC / Laptop kemudian dapat juga digunakan utnuk melakukan Recovery Mode. Jadi, bila HP Android mengalami kerusakan saat masuk pada Recovery Mode Anda dapat melakukan langkah berikut :

  1. Pastikan Baterai HP Android terisi penuh
  2. Gunakan USB dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking
  3. Install Driver HP Android dan ADB Installer agar dapat mengenali dan terhubung
  4. Hubungkan HP Android dengan PC / laptop menggunakan USB
  5. Klik folder C:/adb > SHIFT + klik kanan > Open Command window Here
  6. Ikuti langkah selanjutnay dengan menekan Allow hingga  muncul pesan attached
  7. Kemudian masuk ke Mode Recovey dengan menuiskan “ADB Reboot Recovery”
  8. Tunggu hingga secara otomatis HP Android masuk ke ColorOS Recovery

3. Terminal Emulator

Merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan bila tidak bisa masuk Recovery Mode. Anda hanya megunduh dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu. Selanjutnya > buka Aplikasi > Ketik Reboot Recovery > OK > Tuggu hingga HP Android Reboot selesai.

4. Memeriksa Tombol Recovery Mode

Ketika Anda ingin masuk ke Recovery Mode tentunya 2 tombol yang digunakan ialah tombol volume dan tombol power ditekan bersamaan. Namun ada juga tipe HP Android lain yang hanya menggunakan tombol kombinasi tertentu seperti menekan tombol volume up dan tombol volume down. Anda hanya mengecheck kombinasi manakah yang cocok dengan tipe HP Andoid agar dapat masuk kedalam Recovery Mode.

5. Membawa ke Service Center Terdekat

Ini adalah pilihan terakhir bagi Anda yang masih belum bisa masuk pada Recover Mode dengan langkah-langkah diatas. Karena bisa jadi ada penyebab kerusakan lain yang memicu masalah Recovery HP Android dimana dibutuhkan orang-orang ahli dalam bidang tersebut. Seringkali dtemukan kerusakan IC EMMC dan perlu perlunya Flash Ulang yang  dilakukan di Service Center.

Demikian Artikel tentang Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk Recovery.  Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *