Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 10

Diposting pada 52 views

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer – Pernah tidak anda mengalami masalah pada printer yang tidak terdeteksi komputer, problem seperti ini memang sering dijumpai baik itu ketika di kantor, di sekolahan maupun di rumah printer milik pribadi. Mungkin ketika tiba-tiba printer tidak terdeteksi yang di rasakan anda pastinnya khawatir dan bingung alasannya karena printer tersebut sedang error atau anda sendiri yang salah memprogramnya.

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer

Mengulas tentang perangkat seperti printer ini kegunaannya untuk mencetak seperti dokumen, udangan, foto dan juga masih banyak lagi lainnya. printer bisa anda gunakan melalui laptop maupun komputer, selain itu sistem operasinnya yang bisa digunakan pada Windows xp dan juga Windows 7, 8, 10. kali ini yang akan di bahas mengenai cara mengatasi printer tidak terdeteksi komputer pada Windows 10.

Baca juga : Download Driver Printer HP Laserjet P1102 For Windows 7 Terbaru

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 10

Sebelum melanjutkan langkah-langkah mengatasinnya, anda perlu tahu lebih dulu tentang penyebabnya printer yang tidak terdeteksi di Windows 10. Nah untuk menyingkat waktu mari simak paparannya disini.

  • Kabel Port Printer mengalami Kerusakan ini bisa terjadi karena putus, padahal kabel port USB ini sangat penting perannya yakni menghubungkan dari printer menuju ke laptop/ komputer.
  • Lupa untuk install driver printer mungkin sudah sering terjadi, karena ketahuilah fungsi dari driver itu sendiri dapat mengontrol pada perangkat keras di komputer.
  • Sudah menginstalnya, namun driver ternyata tidak cocok
  • Lupa tidak menambahkan Device Printer yang baru.

Langkah Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Windows 10

1. Kabel Printer Gantilah yang Baru

Pertama, anda tidak perlu langsung menuju ke perangkat mesin printernya. Ada baiknya yang di periksa dahulu yaitu kabel printer-nya, untuk mengeceknya anda tidak harus susah. Jika printer anda memang tidak jalan, maka gantilah kabel yang baru apakah sekarang sudah ada bedannya atau tidak. Jika masih belum bisa maka lakukan langkah berikutnya,

2. Driver Printer Install Dahulu

Berikutnya langkah ini bisa menjadi solusinnya maka install terlebih dulu driver printer di windows 10 anda, karena ketahuilah driver disini sebagai pengontrol yang tergolong pada sebuah perangkat kerasnya.

Bisa jadi printer yang tidak terdeteksi pada laptop windows 10 anda, karena lupa tidak install driver printernya. Untuk install-nya anda bisa menggunakan langsung CD Drive-nya atau pun mendownload-nya lewat internet.

3. Update Baru Driver Printer

Kebalikan dari langkah yang di atas tadi, kali ini anda sudah melakukan update driver printer namun keadaannya bisa dikatakan sudah dalam masa tenggang. Maka sebaiknya anda bisa update ulang kembali dan usahakan kejadian seperti ini terulang kembali.

Ada pula problem lain yang bisa membuat printer sulit terdeteksi di Windows 10, bisa jadi karena file driver printer anda tidak cocok sehingga tidak akan direspon dengan sempurna oleh perangkat mesin printer itu sendiri. Cobalah sesuaikan seri sekaligus type dari printer yang anda gunakan.

4. Pilihlah Device Baru untuk Ditambahkan

Sala satu solusi yang bisa di bilang paling ampuh, jika keadaan printer anda tidak terdeteksi maka lakukanlah tambahan device printer yang baru untuk ditambahkannya.

Cara untuk menambahkannya sederhana saja, masuk terlebih dahulu pada menu Setting, kemudian anda klik device (bluetooth, mose dan printer), lalu tekan submenu perintah printer dan scanner. Setelah itu akan menampilkan seperti add a printer or scanner, anda bisa menambahkanya agar printer bisa terdeteksi seperti pada umumnya.

5. Troubleshooter Printer Begitu Diperlukan

Langkah yang terakhir kali ini anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan Troubleshooter, carannya pun begitu mudah untuk anda tiru. Pilih terlebih dulu pada menu setting, kemudian klik di menu device, lalu pilih perintah submenu & scanners.

Jika sudah untuk melanjutkannya psekarang ini anda tinggal memilih jenis ataupun type printer yang anda gunakan, kemudian tekan manage, dan pilihlah run troubleshooter. Tunggu prosesnya berjalan beberapa saat lagi agar bisa kedeteksi.

Baca juga : Cara Menginstal Printer Canon ip2770 ke Laptop Tanpa Cd Dengan Mudah

Nah, itulah tadi mengenai Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat di coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *