Cara Memunculkan Suara dari Komputer ke TV Menggunakan Kabel VGA Yang Benar

Diposting pada 14 views
Memunculkan Suara dari Komputer ke TV Menggunakan Kabel VGA

Memunculkan Suara dari Komputer ke TV Menggunakan Kabel VGA – Dunia teknologi sudah berkembang sangat pesat sekarang ini. Buktinya sudah banyak perangkat teknologi yang dihadirkan, yang mana tujuan utamanya yakni untuk mempermudah aktivitas harian manusia. Salah satu perangkat teknologi yang punya fungsinya sangat banyak dan dibutuhkan hampir semua orang yakni komputer. Komputer ini sendiri juga punya perkembangan sangat pesat. Peningkatan tidak hanya terasa dari segi spesifikasi, melainkan juga dari sisi desain dan bentuknya.

Baca juga: Cara Menampilkan Layar Hp ke Laptop yang Simpel

Berbicara mengenai perangkat komputer, apakah Anda pernah berpikir untuk menyambungkan komputer ke layar TV? Tidak salah Anda berpikir yang demikian ini, karena hal tersebut benar-benar bisa dilakukan. Komputer yang layar LCD atau LED-nya rusak bisa digantikan dengan layar Televisi konvensional.

Tetapi, terkadang yang menjadi permasalahan banyak pengguna yakni untuk suara outputnya. Banyak dari mereka yang sudah berhasil menampilkan komputer di layar TV namun audionya tidak keluar. Tidak perlu khawatir, karena di sini kami sudah merangkumkan caranya untuk Anda. Berikut ini cara untuk memunculkan suara dari komputer ke TV menggunakan kabel VGA bisa coba Anda terapkan.

Cara Memunculkan Suara dari Komputer ke TV Menggunakan Kabel VGA

Sebenarnya sangat mudah untuk menghubungkan komputer ke layar TV beserta suara atau audionya. Hanya saja tidak semua orang tahu mengenai tata cara tersebut. Cara ini biasanya dilakukan ketika layar LCD komputer sedang rusak atau tidak berfungsi. Jadi, alternatif tercepat sebelum nantinya beli layar LCD baru yakni dengan menggunakan layar Televisi untuk menampilkan komputer.

Adapun cara menghubungkan komputer ke layar Televisi menggunakan kabel VGA selengkapnya, sebagai berikut:

Baca juga: Cara Memperbaiki Laptop Rusak Power Menyala Layar Tidak Tampil

  • Sebelum melanjutkan ke langkah-langkah menghubungkan komputer ke TV, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu bahan dan alatnya. Bahan dan alat yang dibutuhkan, mulai dari komputer, televisi (terdapat port DVI atau VGA), kabel VGA, kabel audio stereo 3,5 mm dan remote control TV.
  • Jika semuanya dipersiapkan sekarang hidupkan kedua perangkat, lalu hubungkan keduanya menggunakan kabel VGA atau DVI. Pastikan kabel VGA yang digunakan punya konektor yang sama dengan port yang ada di masing-masing perangkat yakni TV dan komputer. Untuk port VGA di TV biasanya diberi label PC IN atau Computer IN.
  • Selanjutnya pasangkan kabel audio stereo 3,5 mm dengan ujung pertama dicolokkan ke jack headphone pada komputer (port berwarna hijau), dan ujung kedua disambungkan ke port masukan audio pada televisi. Biasanya port masukan audio televisi ini letaknya berada di dekat port VGA atau DVI tadi. Inilah yang sering dilupa oleh beberapa orang, alhasil suara dari komputer tidak masuk ke televisi yang digunakan tersebut.
  • Langkah selanjutnya yakni mengubah mode masukan pada perangkat televisi. Untuk mengubahnya Anda hanya perlu menekan tombol INPUT yang ditampilkan di layar televisi. Mengubahnya bisa menggunakan remote control TV atau menggunakan tombol fisik yang terdapat pada televisi. Masukan ini sendiri biasanya muncul dengan tulisan PC atau komputer. Biasanya juga pada beberapa televisi akan akan menampilkan masukan secara otomatis ketika perangkat komputer dihubungkan.
  • Sekarang beralih ke perangkat komputer, pada layar utama Anda klik kanan lalu pilih opsi Display Settings. Pada halaman baru yang muncul, sekarang Anda klik tombol Detect. Akan muncul ikon layar dengan label 1 dan 2 yang menggambarkan layar komputer dan televisi. Kemudian klik tombol Identify.
  • Beralih ke opsi drop-down Multiple Display, di sana setidaknya ada 4 opsi yang bisa dipilih sesuai keinginan. Masing-masing opsi tersebut yakni Duplicate these displays (tampilan di televisi sama persis dengan di komputer), Extend these displays (layar TV berfungsi sebagai layar tambahan), Show only on 1 (hanya menampilkan layar 1) Show only on 2 (hanya menampilkan layar 2).
  • Dan terakhir yakni memilih opsi tampilan yang diinginkan. Selanjutnya klik Apply, secara otomatis komputer sudah berhasil dihubungkan dengan TV beserta dengan suaranya.

Baca juga: Cara Meredupkan Layar Laptop Paling Mudah

Mudah bukan cara memunculkan suara dari komputer ke TV menggunakan kabel VGA di atas? Agar suaranya muncul, Anda membutuhkan yang namanya kabel audio stereo 3,5 mm yang dihubungkan ke masing-masing port para kedua perangkat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *