Cara Menambah Ram Laptop Tanpa Ribet

Diposting pada 61 views

Cara Menambah Ram Laptop – Biasannya ketika membeli laptop selain dipilih berdasarkan merk brand laptop itu juga mengecek spesifikasi RAM, karena RAM sendiri merupakan sebuah komponen pada laptop/ computer yang bisa di tambahkan kapasitasnya. Namun RAM sendiri memang begitu penting sekali khususnya bagi pengguna aplikasi dengan memori besar dan juga para pegamer.

Di samping itu sayangnya tak banyak orang yang mudah menambahkan/ upgrade RAM ini untuk keperluan aktivitasnya, padahal RAM bisa di rubah kapasitasnya yang lebih tinggi. Nah, disini watpedia akan memberikan referensi mengenai cara menambah RAM Laptop yang mudah dan anda bisa langsung mencobannya nanti. Untuk menyingkat waktu, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Cara Menambah Ram Laptop Tanpa Ribet

Menambah RAM setiap orang memang berbeda-beda alasannya, selain untuk kebutuhan penyimpanan data agar terproses dengan cepat dan tidak lemot di CPU. Selain itu penambahan RAM juga baik untuk para gamer, karena ketahuilah game terbaik saat ini yang selalu populer kapasitasnya juga lumayan tinggi sehingga anda memerlukan penambahan kapasitas memori laptop. Sebelum anda ingin menambahkan RAM pada laptop, ada baiknya anda perhatikan dan siapkan terlebih dahulu bahan peralatan yang penting di bawah ini :

  • Sesuai Kebutuhan Meningkatkan RAM
Cara Menambah Ram Laptop

Siapa sih yang tidak senang jika laptop RAM nya besar, namun ternyata faktannya kapasitas laptop anda berbeda dengan kapsitas RAM tidak terlalu besar, hal ini mungkin tidak banyak mempengaruhi jika aktivitas setiap harinnya digunakan untuk menulis atau pun tidak mengganggu. Sebaiknya tidak perlu dan sesuaikan kebutuhan anda saja.

  • Pilih Prosesor Sesuai Jenisnya

Selain menyesuaikan kebutuhan setiap harinnya untuk upgrade RAM, anda juga perlu memilih prosesor berdasarkan jenisnya. Ada beberapa prosesor yang perlu anda ketahui ketika ingin menaikan kapasitas RAM seperti, ukuran besarnya memori, pilihlah memori berdasarkan tipe, dan juga memori channel.  Jika sudah mengetahui pentingnya sebelum upgrade dan anda memutuskan tetap menaikkan RAM, yuk lengkapi bahan dan peralatannya terlebih dahulu.

  • Siapkan obeng mulai dari jenis ukuran yang terkecil hingga yang berukuran paling maksimal.
  • Selain menyiapkan peralatanya, anda juga menyiapkan memori RAM yang baru dengan kapasitas yang lebih tinggi.
  • Jika sudah semua bahan utama ada, maka anda perlu menggunakan peralatan bantuan seperti kartu tebal yang kuat seperti kartu gitar dan sejenisnya. Tujuannya untuk membuat back cover.
  • Langkah membuka cover belakang pada laptop sendiri tidaklah rumit apa yang anda kira, hanya dengan membuka skrupnya yang fungsinya mengunci pada cover belakang. Selanjutnya anda gunakan obeng yang sudah disiapkan dari awal, sesuaikan ukurannya hingga sampai terlepas dengan baik.
  • Setelah anda melepaskan pengaitnya dengan obeng, maka cepatlah amankan ke satu tempat yang aman agar tidak sampai terpisah dan menghilang. Selanjutnya

Cara menambahkan RAM sebenarnya tidak rumit, hanya saja anda perlu ketelitian saat melepas RAM dan memasangnya. Jika mengaktifkan di konfigurasi dual channel atau Quad Channel agar laptop anda menjadi lebih tanggap dan bisa digunakan untuk semua kegiatan, maka anda simak langkah-langkahnya berikut di bawah ini :

Pertama kali setelah anda siapkan semua bahan dan juga RAM yang baru dengan kapasitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Yang perlu diperhatikan disini sesuaikan RAM yang anda miliki bertipe sama dengan jenis laptop anda.

Selanjutnya, jika anda sudah mahir atau berpengalaman pernah membongkar laptop anda bisa lakukan sendiri, jika memang masih pemula sebaiknya cari bantuan ke teman maupun ke orang yang lebih bisa sekaligus anda mempelajarinnya.

Cara Menambah Ram Laptop

Sekarang anda melakukan pembongkaran dengan melepas slot RAM, pada umumnya secara fisik RAM tersebut komponennya berwarna hijau tipis.

Apabila sudah menemukannya saatnya anda mulai pasang RAM dengan kondisi yang baru, carannya cukup mudah masukkan dengan posisi miring mendatar sembari di tekan sampai masuk. Pentingnya lagi pada bagian logam wajib tersambung ke bagian slot RAM dan hindari penyambungan yang sifatnya terlalu menekan ataupun ada yang mengganjal.

Cara Menambah Ram Laptop

Ketika memasan RAM sebenarnya tidaklah sulit, anda harus teliti ke setiapbagiannya seperti ketika mengunci di slot RAM. Untuk memastikannya jika RAM itu tersambung, usahakan berbunyi klik apabila memasangnya. Jika sudah seperti itu berarti anda sudah berhasil memasangnya.

Jika sudah maka anda nyalakan seperti biasannya.

Sekarang anda sudah memasuki pemasangan perangkat untuk di kembalikan seperti semula, usahakan tidak ada bahan atau kotorang yang menyangkut ketika memasangnya. Jika sudah aman maka anda bisa langsung merakit hingga berbentuk seperti laptop pad umumnya.

Masalah Menambah RAM Laptop yang Perlu Diketahui

Terkadang ketika ingin menambahkan RAM laptop masih ada saja yang tidak kompatibel alias tidak cocok pada kondisi perangkat laptop. Hal ini memang sering terjadi sehingga pada akhirnya gagal untuk menambahkan RAM menjadi lebih tinggi. Nah untuk mengetahui masalahnya, yuk ikuti dengan menyimak paparan di bawah ini.

1.Masalah pada BSOD

BSOD singkatan dari Blue Screen of Death ini masalahnya memang sangat beragam, seperti halnya ketika anda sedang mengganti RAM di laptop dan menjadikan BSOD terkadang bermasalah. Apabila laptop terdampak masalah pada BSOD, maka lakukanlah langkah di bawah ini :

  • Pertama bongkar terlebih dahulu kemudian rakit kembali dengan teratur, agar sambungannya benar-benar rapi sehingga aman untuk di hidupkan kembali.
  • Selanjutnya untuk memastikan RAM anda aktif, cobalah RAM dilepaskan terlebih dulu kemudian anda pasang di perangkat laptop lain. Dan pastikanlah jika memang baik RAM-nya berarti system jalannya normal.
  • Berikutnya cobalah lepaskan RAM pada laptop anda, kemudian pada pin RAM usahakan dibersihkan dengan alat penghapus tulis.

2.Bunyi Beep dan Tidak Menyala pada Laptop

Berikutnya, ketika anda menemukan masalah seperti laptop yang tidak menyala atau pun berbunyi seperti beep secara berulang-ulang, untuk mengatasinnya lakukan cara di bawah :

  • Tidak berbeda dengan cara di atas, pertama kali cobalah untuk melepaskan RAM terlebih dahulu, kemudian pasang RAM itu ke perangkat lainnya.
  • Sebelum menghidupkan cobalah untuk di bersihkan pin RAM dengan alat penghapus tulis, karena biasannya masalah sperti ini yang paling banyak terjadi membuat RAM menjadi rusak.

3.Tidak Jalannya Konfigurasi Dual Channel 

Setiap orang memang memiliki alasan yang berbeda ketika ingin meningkatkan RAM menjadi lebih besar, hal ini mungkin menyesuaikan dari kegunaannya seperti software/ aplikasi yang memakan banyak memori. Selain itu alasan lain yang biasannya terjadi pada seseorang ketika RAM ditingkatkan untuk mengembalikan konfigurasi Dual Channel menjadi aktif.

Sehingga dengan kapasitas yang awalnya rendah, sekarang sudah menjadi semakin banyak menampung software/ aplikasi. Di samping itu kinerja laptop anda juga lebih responsive dengan kemampuan maksimal lebih cepat.

Nah, itu tadi tentang Cara Menambah Ram Laptop Tanpa Ribet. Semoga referensi ini menjadi bermanfaat sekaligus menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *