Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Paling Mudah

Diposting pada 31 views

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android – Kalian pasti pernah mengalami yang namannya file terhapus di android, perasaan anda pasti akan khawatir dan bingung bagaimana cara mengembalikannya lagi. Apalagi file itu adalah yang paling favorit hasil dari simpanan lama atau file foto terbaik yang dimiliki.

Adapun penyebab lain selain file yang terhapus karena ulah anda, namun yang paling miris terjadi disebabkan oleh perangkat android itu sendiri. Bukan hal baru lagi ketika anda mengecek android namun file di dalamnya banyak sekali yang kosong atau terhapus. Hal ini dikarenakan pada perangkat android sudah mengalami kerusakan serius.

Mendengar problem di atas memang sudah seringkali terjadi, namun anda tak harus berdiam diri atau pasrah ketika file itu terhapus. Setidaknya anda harus mencari cara bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di android. Nah, biar anda tidak penasaran langsung saja yuk simak selengkapnya di bawah ini :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

1.Gunakan Aplikasi DiskDigger

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Pertama, cara mengembalikan file yang terhapus adalah menggunakan bantuan aplikasi DiskDigger. Jika anda memakai aplikasi satu ini untuk pencarian dan pengambilan file, tentunnya android yang anda miliki harus di root terlebih dulu. Carannya pun sederhana, ikuti langkahnya berikut di sini.

  • Awalnya anda harus menentukan file yang ingin dicarai untuk dikembalikan di android, anda bisa mencarinnya di penyimpanan internal maupun eksternal.
  • Kemudian tentukanlah untuk anda format, berikutnya pilihlah Ok.
  • Lalu anda bisa membuka aplikasi bantuan seperti DiskDigger yang sudah terinstal dengan benar di perangkat android, aplikasi tersebut akan melakukan scan pada file yang akan muncul pad android anda.
  • Setelah proses scan rampung kali ini anda bisa memilah file yang dituju, selanjutnya pilih file itu untuk anda klik, dan
  • Lakukanlah penyimpanan pada file yang sudah ditemukan, untuk di save dan tekan Ok.

2.Aplikasi Undeleter Recover File dan Data

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Berikutnya, solusi ini anda gunakan untuk file yang terhapus di android. Namun untuk memudahkannya anda bisa mendownload aplikasi Undeleter Recover, tapi ada syaratnya jika anda ingin mengembalikan file yang hilang dengan aplikasi ini usahakan perangkat android anda di root terlebih dahulu.

Meski aplikasi ini fiturnya lengkap, jika anda ingin memilikinya bisa pergi ke Google Play Store tanpa berbayar. Keunggulannya tak hanya bisa mengembalikan file seperti foto saja, namun juga chat, dan juga txt. Jika anda masih belum pernah sama sekali mengaplikasikan Undeleter bisa langsung ikuti langkahnya disini.

  • Pastinya awalnya anda harus memiliki aplikasi Undeleter recover file dan data, bisa langsung di Play Store gratis.
  • Selanjutnya langkah yg bisa anda lakukan yakni root perangkat android sebelum berlanjut ke tahap penggunaan aplikasi.
  • Kemudian untuk melanjutkan lagi pilih restore file/ restor data,
  • Sekarang tugas anda yaitu mencari file yang ingin dikembalikan ketika terhapus baik disengaja maupun tidak. Anda bisa mencarinnya di penyimpanan internal maupun eksternal.
  • Ketika sedang melakukan scan, anda akan dihadapkan oleh pilihan menu scan, yakni Journal scan dan juga Deep Scan.
  • Jika sudah menentukan pilihan pada scan tadi, langsung saja klik tombol scan dibawahnya. (untuk journal scan, pencarian semua file mulai dari foto, video dan juga chat, sedangkan deep scan yaitu untuk pencarian file sendiri untuk bisa ditentukan di restore.
  • Saatnya proses scan tadi berjalan dan tunggulah sampai rampung sehingga file akan terlihat muncul satu ersatu.
  • Jika sudah terlihat semua file yang terhapus tadi, anda bisa menyimpannya dengan cara save letaknnya berada di kanan atas pojok.
  • Selesai.

3.Aplikasi Foto Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Rekomendasi lain untuk anda yang ingin mengembalikan file yang terhapus di android adalah aplikasi foto recovery, seperti halnya nama aplikasi ini yang khusus untuk mengembalikan foto di android dengan mudah. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kedua aplikasi di atas tadi, anda perlu root terlebih dahulu perangkat android. Jika belum di root maka gunakanlah cara sederhana berikut ini :

  • Awalnya anda unduh aplikasi foto recovery di Google Play Store, lalu langsung instal.
  • Kemudian, sekarang anda bisa memilih file favorite yang sudah terhapus baik di sengaja atau terhapus karena perangkat android.
  • Lalu pilihlah menu perintah kembalikan foto selanjutnya tunggu prosesnya sebentar maka foto yang terhapus tadi akan muncul seperti awal.

4.Aplikasi Restore Image (Super Easy)

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Salah satu aplikasi terpopuler yang banyak digunakan untuk mengembalikan file di perangkat android, aplikasi sat ini juga terbilang fiturnyalumayan lengkap. Untuk menggunakanya lebih praktis dari pada ketiga aplikasi di atas, meskipun anda tidak melakukan root di perangkat terlebih dahulu anda sudah mudah memakai aplikasinnya.

Langkah paling sederhana untuk menggunakan aplikasi restore image di android, ini dia langkahnya,

  • Unduh aplikasi restore image (supaer eassy) secara gratis di Google Play Store.
  • Kemudian, pilih dan cari file yang berada dalam folder untuk dikembalikan di perangkat android.
  • Setelah anda sudah yakin akan pilihan file tadi yang ingin dikembalikan, maka untuk melanjutkannya pilih restore image yang letaknya berada di bawah sebelah kanan untuk anda klik,
  • Tunggu selama proses berlangsung hanya berapa detik saja, maka file akan kembali ke tempat semula di dalam folder.
  • Buka file foto apakah sudah sukses, jika sudah tampil maka cara anda berhasil. Selesai.

5.Aplikasi Deleted Photo Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Satu lagi aplikasi yang tak boleh anda lewatkan begitu saja adalah Deleted Photo Recovery, tujuannya menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file foto anda yang sudah terhapus baik itu anda sengaja maupun tidak.

Anda tak perlu khawatir dengan mengembalikan file lagi, dengan bantuan aplikasi deleted photo recovery maka dengan mudahnya anda bisa mengembalikan file seperti semula di android. Jika anda masih pemula dan belum bisa mengaplikasikannya, yuk ikuti langkah selengkapnya di bawah ini :

  • Pertama, anda download terlebih dahulu aplikasi deleted photo recovery. Dan instal di perangkat android.
  • Berikutnya sesudah aplikasi siap di gunakan di androis, sekarang anda buka aplikasinnya untuk memulai pencarian file untuk dikembalikan.
  • Pada perintah Start Recover, tekanlah untuk membuka
  • Tugas anda saat ini memilih file foto yang sudah terhapus untuk anda kembalikan lagi di dalam folder android.
  • Selanjutnya cari menu pada tombol recover lalu anda klik,
  • Sekarang anda sudah bisa menunggu proses pencarian file yang terhapus hanya beberapa detik saja, jika sudah berhenti prosesnya maka anda cari file yang dimaksud tadi untuk di save. Selesai

Nah, itu tadi tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba sampai berhasil.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *