Cara Membersihkan Virus di Laptop Paling Efektif

Diposting pada 47 views

Cara Membersihkan Virus di Laptop – Bagi pengguna perangkat PC atau laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus. Ya, virus selalu menjadi ancaman utama pada laptop atau PC yang bisa saja menimbulkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dialami penguna akibat virus yakni laptop yang lemot bahkan sering mati sendiri. Selain itu, terkadang pengguna juga tidak bisa membuka aplikasi atau software yang terinstall di laptop. Lebih parahnya lagi, beberapa file yang tersimpan di laptop tiba-tiba hilang tanpa diketahui penyebabnya.

Masalah virus yang menyerang laptop harus ditangani dengan cepat agar tidak mengakibatkan masalah fatal. Namun, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara untuk membersihkan virus dari laptop tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kami watpedia sudah merangkumkan secara detail bagaimana cara membersihkan virus di laptop tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Membersihkan Virus di Laptop Paling Efektif

Cara Membersihkan Virus di Laptop

Sebelum lanjut ke langkah-langkah pembersihan virus di laptop, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja jenis virus tersebut. Virus yang sering menyerang laptop ada beberapa jenis, di antaranya virus Trojan, Spyware dan juga Worm. Ketiga virus tersebut memang paling sering kita temukan pada sebuah perangkat laptop. Meski demikian, masih ada ratusan jenis virus yang bisa menyerang laptop.

Lantas, bagaimana cara  membersihkan virus di laptop atau PC tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan, yakni:

1. Menggunakan Task Manager

Cara Membersihkan Virus di Laptop

Cara membersihkan virus yang ada di laptop pertama yakni menggunakan Task Manager. Cara satu ini memang cukup efektif untuk mendeteksi virus yang menyerang perangkat laptop Anda. Caranya yakni dengan menonaktifkan layanan di Task Manager yang dianggap mencurigakan, lalu lanjut dengan mengecek apakah ada virus yang menyerang atau tidak.

Adapun langkah-langkah membersihkan virus di laptop melalui Task Manager selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama yakni buka Task Manager di laptop. Caranya dengan klik kombinasi tombol Ctrl + Shift + esc / escape. Atau bisa juga dengan klik kanan pada bagian Taskbar, kemudian pilih Start Task Manager.
  • Pada halaman Task Manager, Anda masuk ke menu Processes. Sekarang Anda cari apakah ada program layanan yang mencurigakan atau tidak. Jika memang ada program yang mencurigakan, klik pada program tersebut lalu pilih End Process.
  • Selanjutnya Anda masuk ke menu Applications, kemudian klik pada tombol New Task. Pada notifikasi pop up yang muncul, Anda ketik perintah msconfig pada bagian kolomnya dan klik OK.
  • Nantinya di layar akan muncul halaman System Configuration, sekarang Anda masuk ke opsi Service. Di sini Anda akan melihat list program layanan yang sedang berjalan di laptop. Anda perlu menghilangkan tanda centang pada program layanan yang dianggap mencurigakan.
  • Selanjutnya Anda masuk ke menu Startup, kemudian Anda beri centang pada program layanan yang dianggap mencurigakan. Misalnya program yang tidak pernah Anda install sebelumnya.
  • Agar lebih maksimal Anda perlu menghapus program layanan yang mencurigakan tersebut melalui CMD atau Command Prompt.

2. Menggunakan Software Antivirus Terbaik

Cara Membersihkan Virus di Laptop

Rasanya tidak ada cara yang lebih ampuh untuk menghapus virus di laptop selain menggunakan software antivirus. Ya, dewasa ini software antivirus sudah dikembangkan dengan menghadirkan fitur-fitur handal di dalamnya. Fitur-fitur ini dihadirkan dengan tujuan untuk memaksimalkan pembersihkan serta pencegahan virus masuk ke laptop. Selain itu, beberapa antivirus juga dibekali fitur menarik lain, seperti fitur kunci software, pengamanan jaringan Wifi, keamanan browsing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Software antivirus untuk perangkat laptop ini sendiri ada banyak sekali jumlahnya. Masing-masing antivirus memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Anda bebas memilih jenis antivirus mana pun yang dianggap paling tangguh. Adapun beberapa rekomendasi antivirus untuk perangkat laptop terbaik, antara lain:

  • Smadav Antivirus

Antivirus terbaik untuk perangkat laptop yang pertama yakni Smadav Antivirus. Ini merupakan antivirus asli buatan anak bangsa yang diklaim menjadi salah satu yang terbaik. Antivirus satu ini mampu menghapus dan mencegah berbagai jenis virus yang bisa menyerang laptop. Namun, baru-baru ini tim Smadav memberitahukan kalau Smadav hanya bisa digunakan untuk antivirus tambahan. Artinya Anda masih perlu menggunakan antivirus lain agar keamanan laptop semakin terjaga.

  • Avast Antivirus

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi antivirus populer satu ini. Avast sendiri diklaim cukup handal dalam memberantas virus yang menyerang laptop. Selain itu, antivirus juga dibekali dengan fitur keamanan yang handal untuk melindungi perangkat dari serangan hacker. Avast Antivirus tersedia dalam dua versi yakni versi gratis dan berbayar.

  • AVG Antivirus

Ada pula antivirus bernama AVG yang juga cukup populer di kalangan pengguna laptop. Kemampuannya untuk membasmi virus di laptop juga terbilang sangat mumpuni. Tidak hanya tersedia untuk perangkat laptop, AVG Antivirus juga menghadirkan versi mobile untuk dipasang di perangkat smartphone.

  • Avira Antivirus

Untuk urusan melindungi laptop dari serangan virus bisa Anda serahkan pada Avira Antivirus. Menjadi salah satu antivirus tertua dan cukup populer di dunia, Avira sangat handal dalam membersihkan virus dan mencegahkan menyerang lagi. Bahkan aplikasi atau file yang dicurigai mengandung virus akan langsung dihapus secara permanen.

Selain beberapa apliaksi antivirus di atas, masih ada beberapa antivirus lain yang juga tidak kalah handal dalam melindungi laptop dari virus. Yang terpenting di sini, Anda diharuskan untuk rutin melakukan scanning harddisk untuk mencari virus yang mulai menyerang. Jika memang ditemukan virus baru yang menyerang, maka Anda bisa langsung membersihkannya dari perangkat. Lakukan scanning dengan antivirus ini setidaknya 1 bulan sekali agar perangkat laptop selalu aman dari serangan virus berbahaya.

3. Melakukan Install Ulang Sistem Operasi

Cara Membersihkan Virus di Laptop

Jika memang virus yang menyerang laptop cukup bandel dan tidak hilang meskipun discan dengan antivirus, maka cara satu ini bisa dijadikan opsi terakhir. Anda bisa melakukan instalasi ulang sistem operasi Windows agar virus yang menyerang tersebut benar-benar hilang dari perangkat laptop.  Seperti yang kita tahu, virus memang selalu ditemukan pada laptop yang menggunakan OS Windows. Berbeda pada perangkat laptop dengan OS Linux, tidak akan ditemukan yang namanya virus di dalamnya.

Namun, untuk melakukan install ulang Windows perlu yang namanya pengetahuan. Karena jika salah dalam melakukan langkah-langkahnya, bisa jadi perangkat laptop akan mengalami error bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Perlu diingat, melakukan install ulang Windows akan menghapus semua file yang tersimpan di drive C. Karena itulah, sebaiknya pindahkan dulu file penting yang ada di drive C ke drive D atau E. Itulah tadi beberapa cara membersihkan virus di laptop yang paling mudah dan efektif bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *