Cara Mencari HP Android yang Hilang Paling Mudah

Diposting pada 16 views

Cara Mencari HP Android yang Hilang – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak diminati sekarang ini. Berbagai tipe HP dihadirkan oleh para vendor, pastinya dengan banderol harga yang bervariasi. Hal ini memungkinkan kalangan menengah ke bawah juga bisa membeli yang namanya HP android. Meskipun yang dibeli hanyalah HP dengan spesifikasi standar.

Berbicara HP android, entah karena keteledoran pengguna atau hal lain membuat HP hilang. Mungkin karena lupa menaruhnya di mana atau justru HP hilang karena dicuri oleh orang. Tidak perlu panik, Anda masih bisa melacak keberadaan HP sehingga nantinya bisa ditemukan kembali. Mencari HP android yang hilang bisa dilakukan melalui smartphone lain ataupun perangkat PC. Berikut cara mencari HP android yang hilang paling akurat bisa Anda terapkan.

Baca juga : Cara Menggunakan VPN Master Beserta Kegunaannya

Cara Mencari HP Android yang Hilang Paling Akurat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak keberadaan smartphone android yang hilang. Untuk melacaknya Anda bisa memanfaatkan aplikasi khusus yang memang punya fungsi tersebut. Langkah-langkah mencari HP android yang hilang paling mudah, sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Alamat E-mail

Cara mencari HP android yang hilang pertama adalah dengan memanfaatkan alamat e-mail. Alamat e-mail yang dimaksud adalah e-mail yang digunakan pada smartphone android yang hilang. Pastikan Anda mengingatnya dengan betul alamat e-mail dan passwordnya agar pencarian bisa lebih mudah dilakukan.

  • Sekarang Anda buka aplikasi browser di perangkat lain, baik smartphone maupun PC atau laptop.
  • Buka situs Gmail, kemudian login ke akun Gmail yang sama dengan di HP android yang hilang tersebut. Jika menggunakan HP android lain, pastikan Anda mengatur tampilan Gmail ke versi Web.
  • Jika sudah berhasil login, sekarang klik 9 titik persegi yang ada di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih akun Google Anda.
  • Pada halaman Google Account, sekarang Anda masuk ke menu Keamanan.
  • Selanjutnya pilih tombol Cari pengkat yang hilang, maka Anda akan dibawa ke halaman Temukan Ponsel Anda.
  • Pilih perangkat ponsel yang hilang tersebut, kemudian masukkan password e-mail kembali.
  • Selanjutnya klik Temukan, maka di layar akan muncul Google Map dan akan ditunjukkan lokasi smartphone yang hilang tadi.

Baca juga : Tips Agar Bebas dari VPN Berbahaya!

2. Meggunakan Aplikasi Find My Device

Cara-Mencari-HP-Android-yang-Hilang
Cara-Mencari-HP-Android-yang-Hilang

Cara mencari smartphone android yang hilang berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Find My Device. Aplikasi Find My Device merupakan aplikasi resmi dari Google LLC yang sangat akurat menemukan keberadaan Hp yang hilang. Cara penggunaannya sangat mudah karena dibekali dengan antarmuka sederhana.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan yakni hanya berukuran sebesar 3,5MB saja. Untuk langkah-langkah mencari HP yang hilang dengan aplikasi Find My Device, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda perlu menginstall aplikasi Find My Device di perangkat HP android lain. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm&hl=in
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian lakukan login ke akun Google yang digunakan pada HP android yang hilang.
  • Jika sudah, nantinya secara otomatis aplikasi akan menunjukkan posisi atau lokasi keberadaan HP android yang hilang tersebut.
  • Namun sayangnya, aplikasi ini hanya bekerja jika HP android yang hilang tersebut sudah diaktifkan fitur GPS-nya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keberadaan HP yang hilang tersebut secara real-time.

Baca juga : Cara Amankan Akun FB Saat Diretas dengan Mudah

Tidak hanya bisa menemukan lokasi keberadaan HP yang hilang, Anda juga bisa melakukan beberapa tindakan pada HP yang hilang tersebut. Terdapat 3 fitur tindakan yang bisa Anda pilih, yakni Play Sound [untuk membuat HP berdering], Secure Device ( untuk mengunci HP yang hilang), dan Erase Device [untuk menghapus semua data dalam HP].

Jangan lupa baca artikel ini juga ya

1 Terapkan Tips Transaksi Online Berikut Agar Pembayaran Anda Tetap Aman
2 Daftar Antivirus HP Terbaik Yang Aman
3 Cara Bayar Gojek Mengungnakan LinkAja
4 Cara Mengatasi Aplikasi Eror Pada Smartphone Yang Tiba-Tiba Berhenti

Itulah tadi dua cara mencari HP android yang hilang paling mudah dan akurat bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *