Cara Mengatasi Layar Hitam Di Laptop (windows 7)

Black screen/dari layar hitam di komputer. Apa itu black scren?, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi layar hitam di laptop(windows 7). Blacks scren adalah kondudsi layar pada komputer menjadi hitam secara tiba-tiba tanpa tau penyebabnya.

cara mengatasi layar hitam di laptop(windows 7)

Kejadian yang tak terduga pada perangkat computer sering kali membuat kita jengkel, apalagi pada saat ada tugas yang sangat mendesak. Computer mati pada  computer/laptop di dasari banyak faktor, bisa karna terkena virus, ada software yang memang tidak cocok untuk perangkat computer, atau faktor lain.

Langkah awal yang paling mudah untuk mengetahui apa masalah yang menyebabkan layar hitam/black screen pada laptop adalah dengan menyolokan pada monitor lain, apabila di monitor lain tampilan nya wajar saja tidak mengalami black screen makan dapat di pastikan layar computer yang rusak atau kabel konektor system ke layar yang lepas. Dan sebaliknya apabila sudah di sambuyngkan dengan monitor lain tetap mengalami black screen, maka masalahnya bukan dari layar namun dari system computer itu sendiri.

Setelah terdeteksi apakah karan lcd nya yang rusak atau pada sitemnya, langkah selanjutnya mencoba bebrapa cara yang akan di jelaskan di bawah ini:

Pertama bisa mencoba cara ini, cara yang sanat sederhana dan sering saya gunakan. Ketika laptop di nyalakna dan tidak bisa boot sampai kesistem cobalah untuk mewmatikanya dengan cara tekan tombol power laptop hingga laptop mati, cara ini akan berhasil apabila kerusakan tidak parah. Dan apabila cara ini tidak berhasil bisa menggunakan cara yang kedua.

Kedua ,jika layar tidak bisa menampilkan menu sama sekali seperti hp yang bootlop, maka cara ini bisa di coba. Langkah awal yang di lakukan adalah dengan cara nyalakan laptop seperti biasanya, kemudian tekan tombol f8 pada keywoad beberapa kali (di lakukan sebelum masuk pada logo windows) hingga masuk pada menu boot option windows, lalu pilih safe mode dan tunggu beberapa menit bisa 10- 15 menit lalu restar laptop dan nyalakan lagi seperti biasanya. Cara ini pernah di coba dan berhasil mapabila laptop tidak mengalami rusak yang memang sangat fatal.

Ketiga  tentang bagaimana cara mengatasi layar hitam di laptop (window 7) adalah dengan merubah resolusi layar, kenapa resolusi layar dapat menyebabkan layar hitam karena tidak semua setting pada resolusi layar itu mendukung semua laptop. Bagaimana caranya?, yaitu dengan cara masuk mode safe seperti yang nomer dua yaitu nyalakan laptop seperti biasanya dan tekan tombol f8 berulang-ulang hingga muncul tampilan boot option dan pilih setting resolusi, kemudian restar laptop.

Keempat penyebab layar hitam bisa juga dari system laptop yang terlalu panas sehingga laptop tidak blank. laptop juga punya batas kemampuan yang tidak bisa di paksakan, apabila slaptop terlalu banyak program yang berjalan makan laptop akan semakin panas dan apalagi dengan laptop yang tidak memiliki kipas akan sangat mudah panas. Bagaimana caranya untuk mengatasianya, pastinya  semua tau yaitu dengan cara mengistirahtkan laptop.

Kelima bisa juga di sebabkan oleh RAM laptop, bagaimana cara mengatsi nlayar hitam pada laptop selanjutnya ialah dengan cara memeriksa RAM yaitu dengan cara melepasnya dan membersihkan nya, sebelum di lepas pastikan dulu tidak ada aliran listrik yang masuk pada laptop, bisa di copot dulu batre nya, kemudian kabel printer atau yang lianya yang masih terhubung, setelah semua terlepas langsung saja lepas RAM dan bersihkan. Setelah di bersihkan RAM nya, laptop tetap saja mengalami masalah pada layar maka cobalah dengan menggati RAM lain, apabila di ganti dengan Ram lain kok menyala berat RAM laptopnya yang rusak.

Cara yang keenam yaitu dengan cara menghapus aplikasi yang tidak kompetable. Kenapa, karena ketika laptop memiliki softwere yang tidak sesuai dengan kapasitas laptop makan laptop akan menolak dengan menunjukan indikasi leptop semnakin lemot berjalan tidak seperti biasnya. Tidak beda jauh dengan HP, jika hp memiliki aplikasi yang memang bukan kapasitas HP tersebut pastinya akan mengalami blank atau pun bootlop dan itu sangat mengganggu. Maka sebaiknya gunakan softwere yang memang sesuai dengan kapasitas laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi layar hitam di laptop (windows 7). Semoga yang telah di paparkan bermanfat.

Tinggalkan komentar