Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dan Safe Mode

Komputer adalah alat pembantu yang sangat menunjang kegiatan kita apalagi di bidang administrasi, namun komputer sangat riskan terkena virus apalagi komputer yang tidak memiliki anti virus. Selain itu komputer juga sangat riskan dengan kerusakan sistem atau driver tidak kompatible.

            Ada banyak error yang sudah terjadi pada sebuah komputer mulai dari data corrupt, terkena virus sampai yang paling menyebalkan yaitu tidak bisa masuk windows sama sekali. Hal ini terjadi karena komputer tidak bisa booting atau bisa di sebut dengan gagal booting. Gagal booting adalah ketikakomputer tidak dapat mengambil data dari sytem utama sehingga terjadilah booting.

Laptop tidak bisa masuk windows dan safe mode

            Sebelum melangkah bagaimana cara untuk mengatasi penyakit ini alangkah baiknya untuk mengetahui  apa penyebab dari komputer yang Laptop tidak bisa masuk windows dan safe mode, langsung saja kita bahas apa penyebab dari semua kejadian ini sebagi berikut:

Masalah atau kerusakan pada sebuah hardware

            RAM, VGA, Harddisk, Processor, adalah komponen penting dalam sytem komputer apabila salah satu dari softwere tersebut rusak maka akan menyebabkan terjadinya gagal booting. Gejala yang akan di tunjukan dengan adanya gangguan tersebut adalah laptop akan nyala dan mati sendiri, apabila ini terjadi sudah dapat di pastikan bahwa ada masalah di driver komputernya.

            Jika suhu processor panas anda bisa memberikan pasta di atas processor dan ingat bukan pasta gigi ya. Jika terjadi pada RAM dan VGA anda bisa membersihkan pin hardware tersebut dengan penghapus.

Software yang tidak kompatible

            Sudah pasti dengan adanya software yang tidak cocok dengan perangkat yang di gunakan dapat memicu melemahnya perangkat yang di gunakan. Akibatnya komputer akan mengalami gagal booting dan error.

Komputer terjangkit virus

Virus adalah penyebab komputer menjadi error  dan menjadi menyebalakan. Laptop yang terkena virus biasanya menjadi lemot, sering hidup mati, dan kadang banyak software yang rusak sampai pada data yang hilang.

Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Masuk Windows

Install ulang windows

            Computer yang memang mengalami gagal booting dang safe mode memang sulit untuk di benahi, karna kerusakan yang di alami tidak bisa di deteksi, maka cara yang paling mudah untuk mengatasi laptop tidak bisa masuk windows dan safe mode adalah dengan cara menginstal ulang komputer. Dalam instal ulang akan menjadikan laptop yang di gunakan menjadi lebih baik dari sebelumnya, menjadi lancar tidak ada kendala lemot.

Memanfaatkan system restore

            Langkah ini bisa anda gunakan apbila windows anda sudah memiliki atau pernah di backup menggunakan fitur system restore sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa mengembalikan konputer anda pada keadaan terakhir atau pada windows saat baik-baik saja.

            Akan tetapi fitur ini dapat mengatasi gagal booting apabila penyebabnya adalah masalah file system atau malfungsi pada software lainnya. Sementara gagal booting yang terjadi karena ke rusakan hardware tidak dapat di atasi dengan baik.

            File system restore ini membutuhkan banyak space atau ruang yang cukup besar sehingga terkadang dan mungkin sering kali, pengguna Windows akan mematikannya dan oleh karena itu sering kali System Restore tidak dapat di manfaatkan.

            Hardisk yang memiliki kapasitas tinggi dapat di manffatkan untuk membackup system agar nanti ada kerusakan pada sytem bisa untuk merestore.

Mengganti perangkar keras yang rusak

            Langkah berikutnya adalah dengan m,enggati perangkat keras, mengapa harus mengganti perangkat keras apakah tidak cara lain selain di ganti?, ada cara lain namun bila laptop suydah sangat parah rusaknya dan mkemang benar-benar harus di ganti apa boleh buat maka software harus di ganti.

            Biasanya softwere yang sering terkena hal ini adalah RAM, Hardisk, dan VGA. Untuk memastikan apakah RAM benar-benar rusak, bisa di cek dulu dengan cara pasang RAM lain yang benar-benar masih sehat atau coba dulu dengan membersihkanya.

            Kedua adalah hardisk, hardisk juga bisa menyebabkan laptop tidak bisa masuk windows dan safe mode. Mengapa?, karna hardisk adalah memori komputer yang menyimpan semua sistem yang menjalan sebuah komputer. Apabila memori rusak sudah jelas sytem yang ada di komputer hilang dan otomatis laptop tidak bisa di gunakan.

Tinggalkan komentar