Cara Mengatasi Layar Hitam Pada Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Taukah Anda cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10 dengan mudah? Fenomena layar hitam pada laptop bukan menjadi masalah baru sebagai akibat dari proses instalasi windows 10. Meskipun platform tersebut di katakan stabil dan canggih dalam perfoma dengan fitur yang di bangun oleh teknologi terbaru,  namun masih banyak masalah yang di temui yang dapat mengganggu dan menghambat aktivitas dengan komputer bagi penggunanya.

Cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10

Tidak bisa di pungkiri bahwa fenomena layar hitam menjadi masalah terbesar pada windows 10 yang mungkin Anda alami ketika memperbarui atau menginstal OS Windows 10. Apabila mengalami  masalah layar hitam pada laptop Anda, tidak perli khawatir dan risau. Cukup lakukan paduan seperti di bawah ini dengan mudah dalam memperbaiki masalah yang serung di temui di Windows 10. Karena Microsoft melihat beberapa masalah yang di alami oleh penggunanya,  akhirnya perusahaan memutuskan untuk memberikan instruksi supaya di terapkan guna mengatasi masalah layar hitam pada saat proses instalasi. Oleh sebab itu, membaca dengan cermat paduan yang ada di bawah supaya bisa memperbaiki masalah layar hitam dengan menerapkan solusi yang di berikan oleh microsoft sendiri.

            Sebelum membaca panduan cara mengatasi layar hitam pada windows 10, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab masalah tersebut, di antaranya adalah

Proses instalasi update windows 10

  1. Proses instalasi update windows 10 yang tidak beralan dengan baik.

Anda sebagai pengguna windows 10, pastinya anda mengetahui bahwa update otomatis selalu di lakukan (kecuali di matikan update otomatisnya). Apabila Anda tidak mematian update otomatis pada windows 10, maka proses otomatis akan di lakukan. Maka dari itu, hal tersebut bisanya menyebabkan terjadinya layar hitam ada laptop windows 10.

  1. Gagal proses sistem fast booting windows 10

Anda pastinya sudah pernah mendengar istilah fast booting? Yaa, benar sekali. Fast booting merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menyalakan laptop dengan cepat. Sehingga anda dapat mengakses keperluan melalui laptop tanpa harus menunggu booting saat laptop baru di nyalakan. Akan tetapi, fast booting tentu bisa mengalami proses gagal yang menjadi faktor terjadinya layar hitam pada laptop windows 10.

  1. Terjadinya kerusakan pada file start up windows 10.

Penyebab terjadinya layar hitam pada laptop windows 10, karrena terjadinya kerusakan pada file startup windows 10 walaupun jarang terjadi. Kerusakan file start up windows 10 merupakan kasus yag terjadi akibat sernagn virs yang cukup berat. Maka dari itu, hal ini kemungkinan berakibat pada terjadinya layar hitam.

Cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10 dengan beberapa metode.

1.  Metode resmi yang disediakan oleh Microsoft.

  • Anda harus memiliki disk windows 10 yang bisa diboot.
  • Kemudian masukkan flashdisk/DVD yang berisi windows 10 pada perangkat yang Anda miliki dan mulai ulang laptop Anda.
  • Apabila perlu, ubah terlebih dahulu urutan boot dengan teka F9.
  • Tekan tombol apa saja dari keyboard Anda untuk boot dari DVD/Flashdisk.
  • Ketika urutan instalasi di mulai, tunggulah bebrrapa saat semua file windows sedang di muat.
  • Jendela pemasang microsoft default akan di tampilkan.
  • Setelah itu, klik Next.
  • Kemudian pilih opsi troubleshoot yang ada di sudut kiri bawah layar penginstall windows.
  • Lalu pilih troubleshooy refresh atau reset PC anda, bisa juga use advaced tool kemudian lanjut ke opsi advanced.
  • Klik jendela command promt.
  • Pada jendela cmd yang di tampilkan, ketik C: tekan Enter dan kemudian ketik bootrec / fixmbr lalu tekan Enter jika sudah.
  • Dalam jendela cmd ketik exit dan tekan enter.
  • Reject DVD/Flashdisk instalasi Windows 10 lalu pilih turn off your PC.
  • Tunggu sementara perangkat Anda di matikan/reboot.

Dengan mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi permasalahan pada windows 10, Anda tidak perlu risau apalagi panik di saat deadline tugas maupun kerjaan menumpuk. Cukup perhatikan penyebab terjadinya permasalahan tersebut, dan terapkan pedoman yang sudah di ulas di atas. Jika Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10 dengan mudah.

Tinggalkan komentar