Cara Setting Bios Laptop HP Untuk Install Ulang Pada Windows 10Terbaru

Diposting pada 10 views

Anda bingung ingin tau cara setting bios laptop hp untuk install ulang? Jangan khawatir dan bingung, Anda cukup perhatikan ulasan berikut dan ikuti paduannya tanpa harus berpusing-pusing.

Tahukah Anda, apa itu Bios? Bios atau singkatnya Basic Input-Output System merupakan nama dari suatu program yang berfungsi mengatur perangkat keras dalam laptop yang penulisannya menggunakan bahasa assembly. Adapun fungsi Bios itu sendiri untuk menjalankan booting menu pada laptop hp atau memuat suatu sistem operasi, melakukan POST guna uji status pengoperasian suatu perangkat keras laptop, mengatur konfigurasi dasar serta menjalankan intruksi lainnya selama proses startup. Sedangkan bios memiliki peran penting lhooo saat proses menghidupkan laptop Anda. Dengan masuk ke menu BIOS anda bisa mengatur beberapa konspigurasi dasar.

cara setting bios laptop hp untuk install ulang

Namun tidak semua orang tau cara setting bios laptop hp untuk install ulang pada windows 10. Padahal dengan mengetahui cara masuk Bios akan membantu Anda dalam proses install ulang laptop HP. Untuk mengetahui cara setting bios khususnya untuk Anda pemilik laptop HP, maka sangat disarankan untuk mengikuti tips dibawah ini.

Yang perlu Anda ketahui adalah cara masuk bios pada laptop hp

1. Salah satu cara masuk bios laptop hp menggunakan tombol f9

Pada keyboard laptop Anda pastinya banyak sekali tombol-tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari tombol f5 bisa digunakan dalam merefresh laptop dan masih banyak lainnya.  Nah, Anda harus tau fungsi tombol f9 pada laptop anda jika ingin masuk bios. Untuk masuk bios menggunakan tombol f9,  Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Langkah awal yang Anda lakukan, silahkan hidupkan laptop atau merestart laptop Anda
  • Setelah Anda menekan tombol power pada laptop, tekan tombol F9 terus menerus sampai kalian bisa masuk bios.
  • Jika Anda menggunakan windows 8 atau 10 kalian bisa menggunakan fitur fast startup akan tetapi besar kemungkinan kalian tidak cukup waktu untuk menekan tombol sehingga akan gagal.
  • Jika Anda gagal dalam masuk bios, ulangi saja langkah-langkah di atas atau bisa mengikuti cara lainnya

2. Menggunakan tombol F10

  • Selain menggunakan tombol f9, Anda juga harus mengetahui fungsi tombol F10 caranya adalah sebagai berikut.
  • Hidupkan atau restart laptop hp kalian.
  • Setelah Anda menghidupkan atau restart laptop, Anda bisa langsung menekan tombol f 10 secara terus menerus.
  • Apabila gagal lakukan lagi seperti cara yang sama.

3. Masuk Bios Laptop HP dengan Menekan tombol ESC.

  • Restart atau hidupkan laptop Anda .
  • Kemudian tekan tombol ESC berulang kali dengan cepat.
  • Lalu muncul pilihan menu boot, termasuk menu bios. Kemudian pilih opsi ke menu bios.

Menu utama pada BIOS mempunyai 3 chips yang banyak digunakan pada laptop yang beredar di seluruh dunia, yatu Award BIOS, AMI BIOS, dan Phoenix (baca : jenis-jenis bios). Menu utama tiap chip BIOS emiliki tampilan yang berbeda-beda, akan tetapi pada intinya sama yaitu untuk mengisi konfigurasi system computer. Dibawah ini merupakan beberapa menu yang terdapat dalam chip bios Pheonix.

  1. Main menu berfungsi untuk mengatur konfigurasi dasar setup bios.
  2. Advanced menu untuk mengatur system yang digunakan dalam computer. Apabila terjadi kesalahan pengaturan pada menu ini, akan menyebabkan sistem mengalami kegagalan proses, sehingga tidak dapat digunnakan sebelum pengaturan diperbaiki.
  3. Security menu berfungsi menentukan kapan password akan ditanyakan. Pilih setup : ketika BIOS akan dijakankan, atau System : setiap kali booting.
  4. Power menu berfungsi untuk mengkonfigurasi manejemen power.
  5. Boot menu berfungsi untuk mengatur konfigurasi boot.
  6. Exit menu berfungsi keluar dari BIOS.

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat mengalaminya ke. Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah diulas diatas. Jika Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai cara setting bios laptop hp untuk install ulang pada windows 10 terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *