Cara Mengetahui Bit Laptop Paling Mudah

Diposting pada 59 views

Cara Mengetahui Bit Laptop – Di dalam dunia teknologi memang penting sekali untuk mengetahui bit itu apa? Berbicara tentang Bit pada laptop terdapat dua jenis dengan versi masing-masing yaitu 32 bit dan juga 64 bit. Pentingnya bit pada laptop ini ketika anda sedang mendownload aplikasi, maka harus sesuaikan dengan versi bit laptop yang anda gunakan.

Apabila OS atau operasi system di laptop anda versinnya 64-bit, sedangkan anda menginstall aplikasi dengan versi 32-bit maka nantinnya aplikasi tersebut tidak akan bisa terbaca. Meski instalisasi sudah dikatakan sukses namun tipe pada sistemnya berbeda. Ada baiknya sebelum mengunduh aplikasi yang diinginkan lihat terlebih dahulu versi bit pada laptop anda.

Cara Mengetahui Bit Laptop Paling Mudah

Sebelum melanjutkan ke pembahasan yang lebih detail untuk mengetahui Bit, ada baiknya anda perhatikan dahulu metode yang akan di bahas menggunakan system operasi versi windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows Vista dan juga Windows Xp. Apabila versi windows laptop anda kategorinnya termasuk, maka bisa meanjutkan cara berikut di bawah ini :

1. Aplikasi SecurAble

Cara Mengetahui Bit Laptop

Pertama, cara mengetahui Bit laptop yang paling mudah yaitu menggunakan aplikasi SecurAble, fungsi dari aplikasi satu ini bisa menginformasikan mengenai spesifikasi prosesor di laptop anda. Fitur di dalamnya juga lengkap sekali, sehingga anda bisa memakai aplikasi SecurAble untuk melihat aplikasi lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi SecurAble bisa langsung menuju di Google pencarian, aplikasi ini juga gratis dan kapasitasnya tidak banyak membutuhkan ruang pada laptop anda. Jika anda berhasil menginstal, maka jalankan langsung aplikasinnya dengan cara membukannya terlebih dahulu.

ketika sudah dibuka aplikasi SecurAble anda akan mengetahui prosesor yang digunakan pada laptop anda, apa menggunakan versi yang 32-bit atau 64-bit. Tidak hanya mengetahui bit lapto yang menggunakan prosesor AMD saja, tetapi anda juga bisa mengetahui intel yang memiliki perbedaan pada socket prosessornya.

2. Mengetahui dari System Properties

Cara Mengetahui Bit Laptop

Rekomendasi berikutnya cara mengetahui bit laptop anda dengan cara memanfaatkan fitur di dalam Windows yang bernama system properties. Jenis windows yang bisa anda gunakan mulai dari versi windows 7, 8, 10, dan juga windows vista. Anda dapat mempraktekannya langsung dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut di bawah ini :

Pertama-tama anda buka start menu terlebih dahulu, atau bisa juga langsung pilih icon windows dengan meng-kliknya, setelah itu anda pilih opsi My Computer dengan klik kanan pada mouse, lalu di opsi berikutnya tekan nama properties. Tunggu proses halaman baru keluar. Sekarang pada halaman baru pilih System yang di dalamnya terdapat System Type, sekarang anda bisa melihat tampilan versi prosessor dengan menggunakan 32-bit atau juga versi 64-bit.

3. Fitur System Information

Cara Mengetahui Bit Laptop

Salah satu fitur yang bisa di andalkan untuk mengetahui bit laptop, fitur system information ini asli dari bawaan windows yang memiliki kelebihan meenginformasikan tentang isi laptop kepad pengguna baik itu prosessor laptop hingga spesifikasinnya. Menariknya fitur ini cukuplah mudah untuk di akses, tidak perlu banyak aturan yang dilakukan ketika ingin mengetahui bit laptop.

Cara mengetahui bit dengan fitur system information, awalnya cukup membuka start menu terlebih dahulu atau bisa juga menekan icon windows pada keyboard, berikutnya anda pilih lagi opsi All Programs, lalu klik kembali fitur Accessories. Jika sudah sekarang anda cari system tools, maka disitu akan keluar tampilan System Information.

Sekarang anda diperintahkan untuk membuka aplikasi pada jendela baru nantinnya anda akan menyaksikan system apa yang dipakai dan tidak lupa informasi dari prosessor. Apabila info tersebut muncul angka x86 berarti system yang digunakan di laptop anda versi 32-bit, sedangkan untuk tampilan x64 sistem laptop anda menggunakan versi 64-bit. Sampai sini mungkin anda bisa membedakan dan memahami untuk melihat bit laptop.

4. Gunakanlah System Pada Laptop

Cara Mengetahui Bit Laptop

Anda juga bisa menggunakan fitur dari Windows  XP maupun windows lainnya yang biasannya digunakan, karena pada tampilan jendela informasi terdapat system yang di dalamnya memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satunnya bisa menginformasikan tentang bit laptop yang digunakan sekarang.

Carannya juga tidaklah sulit yang dibayangkan, cukup membuka kotak pencarian dengan menuju ke menu start, kemudia anda klik kotak pencarian itu untuk mengisi dengan menuliskan system. Sama seperti informasi di atas jika keluar tampilan versi x86 maka jenisnya 32-bit, sedangkan yang muncul x64 maka jenisnya 64-bit. Selain itu anda juga bisa mengetahui versi prosesor laptop anda dengan lengkap, seperti pada dual core maupun core 2 duo untuk mengetahui perbedaannya.

5. Menggunakan System Summary

Rekomendasi untuk mengetahui bit laptop dengan mudah dan cepat, anda bisa menggunakan system summary ini. Fitur ini merupakan bawaan asli dari windows sudah lama sekali, meski terbilang sudah lama versi ini namun carannya pun cukup mudah anda tidak perlu banyak membuang waktu.

Langkah yang pertama kali harus anda lakukan yakni tekan tombol kombinasi di keyboard Windows + R, setelah itu akan muncul kotak Run, dan anda tuliskan sysdm.cpl. lalu tekan Ok. Tunggu prosesnnya maka akan keluar System Information.

Cara melihat rumusnya sama apabila tampilan angka x86, berarti OS laptop anda versi 32-bit dan jika terlihat seperti EM64T berarti OS laptop anda versinya 64-bit. Jadi anda tinggal melihatnya dan sesuaikan dengan system operasinnya.

6. Memanfaatkan Aplikasi CPU-Z

Satu lagi aplikasi di windows yang bisa digunakan untuk melihat bit laptop adalah software CPU-Z, sebetulnya aplikasi satu ini sudah cukup populer untuk mengetahui bit maupun spesifikasi laptop secara lengkap. Mulai dari kegunaan prosessor, kapasitas RAM, hingga spesifikasi lainnya yang berhubungan dengan perangkat laptop.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki keunggulan untuk mengetahui OS operasi system yang ada di laptop anda, seperti pada umumnya anda bisa melihatnya dengan angka yang terlihat x86 yang berarti operasi system anda versi 32-bit, dan apabila muncul angka x64 maka operasi system anda versi 64-bit.

7. Menggunakan Terminal

Nah, kali ini cara yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja adalah fitur terminal di windows, program ini memang dikenal paling mudah sekali karena anda cukup melakukannya hanya dalam satu kali saja.

Fitur terminal ini cocok dipakai untuk jenis laptop maupun juga Appel, anda mungkin penasaran ingin mengetahui langkah sederhanannya. Yuk langsung saja ikuti infonya di bawah ini :

  • Buka terlebih dulu fitur terminal, lalu anda tuliskan nama uname –a kemudian tekan enter. Mudah bukan?

Setelah anda Enter tadi maka proses berjalan cepat dengan menginformasikan operasi system laptop milik anda, baik itu informasi tentang bit laptop, kernel dan masih banyak yang lainnya.

Nah, itu tadi ulasan dari watpedia tentang Cara Mengetahui Bit Laptop Paling Mudah. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *