Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Efektif

Diposting pada 66 views

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Pernah tidak tiba-tiba keyboard laptop anda tidak berfungsi dengan baik? Ketika sedang mengerjakan tugas mengetik namun ada saja keyboard yang tidak bisa digunakan pada tombolnya, mungkin yang di rasakan pengguna saat itu khawatir dan bingung campur aduk.

Keyboard yang mengalami masalah tentunnya ada beberapa faktor yang menyebabkan keyboard error atau tidak berfungsi, bisa jadi diakibatkan masalah dari softwarenya dan juga gangguan pada hardware-nya. Mungkin buat anda yang belum berpengalaman pastinnya menganggapnya sudah rusak, padahal bisa jadi keyboard itu hanyalah mengalami gangguan dan berpeluang besar bisa untuk di perbaiki.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Sebelum melanjutkan ke langkah memperbaiki keyboard laptop, ada baiknya kenali dulu penyebabnya yang mengakibatkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi dengan baik.

  • Keyboard di anggap mengalami masalah ketika salah satu tombolnya tidak berfungsi dengan baik, misalnya jika anda menekan tombol A, tapi yang keluar di layar laptop huruf B.
  • Berikutnya problem yang di alami keyboard yakni ketika mengetik namun huruf atau angkannya berjalan sendiri, istilahnya tanpa diketik namun tampilan di layar tetap mengetikan huruf maupun angka.
  • Keyboard mengalami kerusakan bisa disebabkan karena terjadinnya gangguan arus pendek, sehingga kemungkinan besar akan mempengaruhi laptop menjadi blank/ mati.
  • Kondisi keyboard yang sudah error namun masih tetap di biarkan dalam waktu yang cukup lama, maka komponen di dalamnya akan merambat ke bagian yang lainnya. Dengan begitu akan sangat fatal menjadikan keyboard menjadi parah rusaknya.

Jika anda sudah menyimak penyebab dari kerusakan keyboard, kali ini anda bisa merawat sekaligus untuk mengantisipasi keyboard mengalami kerusakan.

1. Mengetahui Kerusakannya

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Yang pertama pastikan anda selaku pemilik dan pengguna keyboard untuk mengetahui masalahnya, biasannya keyboard tidak berfungsi karena ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni antara hardware atau pun juga softwarenya. Selanjutnya anda cek bagian mana yang tidak berfungsi dengan baik, biasannya jika keyboard sudah tidak jalan salah satu tombolnya, anda bisa memberi tanda pada tombol itu.

Alasannya jika anda nantinnya mulai melakukan perbaikan agar tidak bingung, dan pastinnya tahu mana yang tidak berfungsi dengan baik. Selain itu anda juga harus curiga pada perangkat BIOS laptop, jika memang ada gangguan maka keyboard anda tidak akan bisa digunakan. Dan kemungkinan software anda telah mengalami problem atau rusak.

2. Membersihkan Bagian-Bagian Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop agar tidak menjadi parah dengan merawat sekaligus membersihkan bagian keyboard dari kotoran/ debu. Kemungkinan besar jika ada tombol keyboard anda yang tidak berfungsi, solusinnya bisa di lepas bagian tombol tersebut kemudian anda bersihkan dengan menggunakan kuas lembut.

Cara yang efektif untuk mengusir kotoran yang letaknya tersembunyi yaitu dengan memposisikan laptop keadaan miring, selanjutnya anda bisa menggerakkan laptop agar kotorang yang hinggap tadi akan jatuh atau menyingkir. Namun yang harus anda perhatikan disini ketika membersihkan keyboard laptop, usahakan sudah dalam keadaan mati.

3. Usahakan Restart Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Berikutnya, jika terjadi masalah pada keyboard laptop anda atau seringkali gangguan no respon maka anda bisa restart laptop terlebih dahulu. Ada kemungkinan pada software mengalami masalah, jika memang benar maka anda cukup dengan restart laptop saja.

Selain itu keyboard terkadang juga pernah mengalami masalah kecil seperti perangkat keras tidak berfungsi dengan baik, untuk memperbaiki cobalah restart yakni dari menu start, kemudian pada tombol power keyboard anda tekanlah selama antara 5 – 15 detik saja.

4. Malakukan Restore Windows

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Langkah kali ini ketika keyboard anda mengalami masalah kecil, solusinnya adalah melakukan restore windows. Carannya pun cukup sederhana, yang pertama anda menuju menu start lalu klik setelah itu pilih menu control panel. Setelah membuka tampilan baru anda pilih opsi yang bernama System and Security, selanjutnya tekan fitur back up your computer. Pada tampilan baru anda pilih Recover system settings or your computer lalu klik. Jika sudah anda pilih Open System Restore kemudian tekan klik.

Nah, sekarang anda sudah sukses mengikiti cara melakukan restore untuk mengembalikan keyboard menjadi berfungsi kembali, setelah anda lakukan meng-klik tadi maka anda tinggal mengikuti saja wizad saat melakukan restore, maka laptop juga akan reboot secara otomatis. Langkah ini digunakan jika keyboard anda sistemnya bermasalah.

5. Periksa Kondisi Driver Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Salah satu untuk memperbaiki keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi ketika di klik, coba anda periksa kondisi driver keyboardnya barangkali sudah tidak up to date, sehingga wajar jika keyboard tidak bisa digunakan untuk ketikan atau kegiatan lainnya.

Cara memperbaikinnya dengan memeriksa melalui driver keyboard, berikut simak langkah sederhannya disini.

  • Buka lebih dulu start menu, setelah itu klik menu control panel
  • Berikutnya, di dalam control panel anda pilih fitur system and security, lalu pilih Device manager, klik.
  • Apabila tampilan Device manager sudah muncul, sekarang anda sudah bisa melihat driver yang isinnya hardware semua.
  • Selanjutnya anda menuju ke perintah keyboard, lalu akan muncul seperti menu driver letaknya berada di bawah.

Yang perlu diperhatikan disini jika terdapat ada masalah pada laptop anda, maka terdapat tanda peringatan segitiga kuning yang terdapat tanda serunnya di tengahnya. Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini cobalah untuk anda update driver keyboard, anda juga bisa mendownload terlebih dahulu di situs resminnya. Anda cari disitu driver terbaru yang menyesuaikan laptop anda dan setelah di download langsung anda install juga.

6. Memperbaiki di Jasa Tukang Service Laptop

Salah satu langkah cepat yang bisa anda andalkan meski kondisi anda masih belum berpengalaman untuk memperbaiki service, solusinnya yakni memanfaatkan/ membayar ke tukang jasa service laptop.  Di counter service anda bisa konsultasi masalah yang terjadi pada keyboard anda, namun yang perlu diperhatikan disini ketika memilih jasa service sebaiknya yang terpercaya atau sudah resmi.

Anda juga memanfaatkan garansi ketika membeli laptop pertama kali, jika garansi masih ada maka anda tidak perlu membayar kepada jasa teknisinnya. Cukup konsultasi sekaligus melaporkan problem yang terjadi pada keyboard anda saat ini. Biasannya kerusakan di keyboard itu terjadi pada elemen kawat, yang bentuknya seperti kabel pita yang tidak terhubung, namun ini masih mudah untuk diperbaiki.

7. Alternatif Lain

Untuk rekomendasi yang satu ini jika keyboard mengalami gangguan sebagian tidak semuannya, namun untuk memperbaiki ke tukang jasa service tidak memiliki dana atau alasan lainnya, maka anda bisa gunakan keyboard USB eksternal saja ketika beraktivitas. Carannya pun sederhana, cukup masuk menu start terlebih dulu, kemudian pilihlah all programs, berikutnya pilih Accessories, opsi selanjutnya klik Ease of Acces lalu pilihlah On-Screen Keyboard.

Nah, itulah rangkuman dari watpedia tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Efektif. Semoga referensi ini memberikan manfaat sekaligus bisa menambah wawasan anda semuannya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *