Cara Menghapus Cache di Laptop Agar Lebih Ngebut

Diposting pada 66 views

Cara Menghapus Cache di Laptop – Di era seperti sekarang ini memang tidak lepas dengan yang namannya teknologi, aktivitas di kantoran maupun di sekolahan pun sekarang sudah menggunakan yang namannya laptop. Berbicara tentang manfaat laptop sendiri memang banyak sekali kegunaannya selain dipakai untuk aktifitas perkantoran ternyata dibuat untuk hiburan seperti bermain game.

Cara Menghapus Cache di Laptop

Beraneka ragam kegiatan yang dilakukan ketika menggunakan laptop, tak heran jika di dalamnya terdapat cache atau bekas penggunaan ketika laptop di operasikan. Sebenarnya cache sendiri dapat mempercepat pengguna untuk membuka aplikasi atau pun alamat web, namun disisi lain jika cache menumpuk lebih banyak malah akan memperlambat kinerja system laptop itu sendiri. Pada akhirnya akan menjadi lemot pada laptop anda, untuk antisipasinya ada baiknya di hapus secara berkala atau setiap waktu setelah anda menggunakan laptop.

Cara Menghapus Cache di Laptop

Membahas mengenai cache di laptop sebenarnya tak jauh berbeda dengan cache pada umumnya seperti pada perangkat smartphone, hanya saja cache di laptop harus menggunakan versi windows Xp, 7, 8, 10 dan juga Vista. Namun di watpedia ada beberapa metode cara menghapus cache di laptop yang efektif, bagaimana carannya? yuk simak selengkapnya disini.

1.Menggunakan Fitur Run untuk Bersihkan Cache

Cara Menghapus Cache di Laptop

Pertama, cara menghapus cache di laptop yang mudah maka gunakanlah fitur run. Anda bisa melihat file maupun data cache di folder temporary, dimana banyak sekali kumpulan history, cache dan berbagai aktivitas lainnya ketika anda menggunakan laptop pada waktu itu.

Langkah menghapus cache dengan fitur run sangatlah udah, anda juga tidak perlu mengunduhnya karena sudah ada di windows laptop anda. Untuk menyaksikan langkah menghapus cache, simak paparannya disini.

  • Pertama anda langsung menuju keyboard dengan menekan tombol kombinasi Windows + R,
  • Berikutnya tunggu sampai keluar tampilan kotak Run, dimana nantinnya anda menulisnya dengan nama %temp%. lalu pilih Enter.
  • Setelah itu tampilan di folder temporary akan terbuka dengan jelasnya anda akan melihat seperti cache dan lain sebagainnya.
  • Selanjutnya hapuslah semua cache, agar nantinnya kinerja system operasi laptop anda berjalan lebih cepat.
  • Selesai.

2.Menggunakan Windows Disk Cleanup untuk Menghapus Cache

Cara Menghapus Cache di Laptop

Berikut ini windows di laptop anda menyediakan penghapusan cache paling efektif untuk dilakukan langsung oleh pengguna, fitur ini merupakan asli bawaan dari windowsnya dengan sebutan Disk Cleanup. Sebenarnya untuk menghapus windows di Disk Cleanup ini sudah umum digunakan oleh pengguna laptop itu sendiri.

Namun tidak ada salahnya jika anda menyimak langkah yang akan di jelaskan seperti di bawah ini.

  • Pertama, anda buka terlebih dahulu menu start, kemudian pilih program, lalu klik pada opsi Accessories, tekan lagi System Tool dan yang terakhir pilih fitur Disk Cleanup, klik.
  • Pada tampilan kotak Disk Cleanup for (D), anda akan melihat langsung cache yang letaknya berada di fiture recycle bin.
  • Untuk menyetujuinnya maka anda tinggal pilih dan jangan lupa untuk memberi tanda centang.
  • Apabila sudah di klik keluar tanda centang maka tekan Ok.
  • Tunggu prosesnya biasannya tidak lama tergantung dari kapasitas banyaknya cache di dalamnya. Semakin tinggi kapasitasnya maka proses akan lebih lama. Selesai.

3.Menggunakan CCleaner untuk Bersihkan Cache

Cara Menghapus Cache di Laptop

Rekomendasi untuk menghapus cache di laptop tanpa menggunakan aplikasi pendukung adalah memanfaatkan fitur CCleaner. Sebenarnya fitur pembersih cache seperti CCleaner ini merupakan bawaan dari windows, jika anda sudah pengguna lama mungkin sudah mengenal dengan karaakter dari CCleaner ini.

Fitur CCleaner kelebihannya bisa menghapus seluruh isi harddisk di dalam laptop anda, selain itu CCleaner ini memiliki fungsi untuk membantu membersihkan file cache, history dan lain sebagainnya. Selain kelebihannya bisa menghapus semua file tidak terpakai, ternyata penggunaan CCleaner ini ringan ketika digunakan sehingga anda tidak usah khawatir laptop akan menjadi lemot.

Untuk mengetahui cara menghapus cache dengan menggunakan aplikasi CCleaner asli bawaan dari windows, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama jika anda masih belum memiliki aplikasi CCleaner ini, bisa mencarinnya di website dan untuk mengunduhnya tidak perlu membayar alias gratis. Kapasitas CCleaner juga sangat ringan, jadi anda bisa menggunakan kuota biasa untuk unduh tanpa harus berlari-lari mencari Wi-Fi.
  • Selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika sudah memiliki aplikasinnya yakni, bukalah terlebih dahulu aplikasi CCleaner dan sekaligus tunggu proses pindah cache sampai rampung.
  • Sekarang anda pilih file cache mana yang ingin dihapus, jika ingin menghapus total maka anda tinggal blok semua atau bisa menggunakan tombol kombinasi Ctrl + A.
  • Jika sudah terblok semua file cache, maka jalankan fungsi CCleaner ini yakni membersihkan seluruh cache yang ada di dalam laptop.
  • Saat ini proses penghapusan cache sedang berlangsung, jika file cache banyak maka membutuhkan waktu yang lumayan, tergantung dari kapasitasnya cache dan banyaknya ketika di hapus.

4.Menghapus Cache tanpa Aplikasi di Laptop

Cara Menghapus Cache di Laptop

Buat anda yang sekarang ini pengguna windows 10 dan ingin memanfaatkan fiturnya yang ada untuk menghapus file cache di dalam laptop. Disini anda tidak perlu bersusah payah mendownload aplikasi tambahan untuk menghapus cache, namun bagaimana cara menggunakan fitur windows 10. Yuk ikuti secara lengkap informasi di bawah ini :

  • Pertama bukalah setting terlebih dahulu, atau juga bisa memakai tombol keyboard kombinasi untuk di tekan secara bersamaan. Windows + I
  • Setelah anda buka maka sekarang tekan System, berikutnya klik perintah storage, lalu pilih program yang bernama This PC (C).
  • Sekarang anda cari letak dari cache yang akan di hapus di file Temporary, jika sudah menemukannya maka klik dan centang untuk menghapus cache, apabila anda ingin mengosongkan download folder maka klik perintah Download Folder, dan agar Recycle Bin kosong, maka usahakan anda tak lupa untuk klik Empty Recycle Bin.
  • Ketika anda sudah yakin pemilihan file yang ingin di hapus, maka sekarang anda pilih perintah Remove Files, klik.

Anda juga bisa menghapus cache di laptop secara otomatis dengan fitur Windows 10 lainnya, langkah di atas tadi anda memakai cara manual untuk melakukan hapus data seperti cache dan lainnya. Kali ini secara otomatis secara keseluruhan file cache tidak akan tersisa, fitur di windows 10 ini biasannya disebut juga dengan Storage Sense, untuk mengaplikasikannya pun mudah sekali, ini langkahnya :

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu menu storage, kemudian di setting dengan mengikuti alur langkah selanjutnya.
  • Kemudian anda perhatikan pada opsi Storage sense yang akan dipilih, setelah itu tekan perintah slider ke dalam mode on. Aktifkan untuk anda bisa secara otomatis menggunakannya.
  • Selanjutnya tekan perintah Change how we free up space dan pilih di file temporary mana yang akan di hapus dengan cara otomatis.

Nah itu tadi mengenai Cara Menghapus Cache di Laptop Agar Lebih Ngebut. Semoga informasi ini memberikan wawasan dan juga bermanfaat buat anda semuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *