Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Diposting pada 26 views
Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus – HP android merupakan salah satu perangkat eletronik yang paling canggih dan menjadi incaran banyak orang sekarang ini. Pasalnya HP android tersebut mampu memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam menjalani aktivitas harian. Fitur-fitur canggih yang dihadirkan di dalamnya, membuat HP android semakin banyak digandrungi. Bahkan tidak hanya kalangan anak muda saja, HP android juga diminati oleh kalangan anak-anak hingga dewasa, bahkan lansia.

Meskipun terbilang canggih, namun HP android masih punya beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan tersebut yakni mudah terserang virus atau malware. Virus atau malware ini sendiri bisa menyerang dari mana pun, baik itu melalui situs tertentu, dari sebuah aplikasi, melalui perangkat lain yang terhubung dan lain sebagainya. Apapun faktor yang menyebabkan HP terserang malware, yang terpenting adalah cara untuk memusnahkannya. Berikut ini cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus paling mudah selengkapnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Malware di Android Paling Ampuh

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Berbicara mengenai virus atau malware, ada banyak sekali jenisnya. HP yang terkena malware tersebut akan mengalami gejala yang berbeda-beda sesuai jenis malware yang menyerang. Mulai dari munculnya iklan secara tiba-tiba di layar, HP mengalami error, hingga kerusakan pada sistem software ataupun hardware HP. Bahkan yang paling parah lagi, ada jenis malware tertentu yang menyebabkan data pribadi pengguna dicuri oleh si pembuat virus atau malware tersebut.

Beberapa jenis malware umumnya bisa dihapus dengan mudah. Tetapi, ada pula beberapa jenis malware yang susah untuk dihilangkan alias tidak bisa dihapus. Adapun cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus selengkapnya, yakni:

1. Menggunakan Antivirus Terbaik

Cara yang paling dasar untuk menghapus virus atau malware dari HP android yakni dengan menggunakan antivirus. Antivirus untuk perangkat mobile sendiri ada banyak sekali jenisnya, namun yang paling bagus performanya hanya beberapa saja. Pastikan Anda sudah memilih antivirus yang punya performa mumpuni dalam memusnahkan virus atau malware dari dalam HP android.

Beberapa rekomendasi aplikasi antivirus untuk HP android terbaik, antara lain:

  • Avast Mobile
  • Avira Mobile
  • AVG Antivirus Mobile
  • Kaspersky Mobile Antivirus
  • Security Master

Beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas memang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, untuk perlindungan yang lebih maksimal sebaiknya Anda berlangganan versi premiumnya. Untuk versi premium Anda akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan handal.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus Untuk Pemula

2. Uninstall aplikasi yang terakhir kali diinstall

Mungkin saja malware yang menyerang HP androidmu tersebut disebabkan oleh aplikasi yang baru saja Anda install. Biasanya hal ini sering terjadi jika aplikasi yang diinstall tersebut Anda unduh melalui situs lain diluar Google Play Store. Aplikasi dari luar Play Store memang sangat rentan disusupi virus atau malware. Dan umumnya, virus atau malware yang menyerang tersebut sangat sulit untuk dihapus.

Untuk melakukan uninstall aplikasi, Anda bisa langsung masuk ke menu Pengaturan. Kemudian, klik pada opsi Aplikasi lalu cari dan pilih aplikasi yang terindikasi menyimpan virus atau malware. Dan terakhir klik Uninstall, tunggu sampai prosesnya selesai. Selain itu, pastikan Anda juga menghapus atau uninstall semua aplikasi yang diinstall dari luar Play Store. Jika sudah, sekali lagi Anda scan HP menggunakan Antivirus terbaik yang Anda gunakan.

3. Melakukan Factory Reset

Jika Anda sudah melakukan banyak cara namun virus atau malware tetap saja tidak bisa dihapus, maka dengan factory reset adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Melakukan factory reset berarti Anda akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, layaknya seperti saat pertama kali Anda membelinya. Karena itu, hal ini tentunya akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal HP. Jika memang banyak data penting yang tersimpan di dalamnya, maka Anda bisa melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk melalukan factory reset di HP android, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan baterai HP tersisa minimal 50%. Kalau sudah, sekarang matikan HP android.
  • Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik. Jika sudah tampil sesuai di layar atau HP bergetar, maka lepaskan tekanan pada kedua tombol.
  • Pada halaman recovery mode ini Anda pilih Wipe Data. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Konfirmasi penghapusan data dengan pilih Yes, Wipe all user data.
  • Dan terakhir klik Reboot System. Tunggu sampai HP menyala kembali.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Aplikasi Malware di Android

Itulah tadi beberapa cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *