Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android Paling Mudah

Diposting pada 40 views
Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android

Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android – Salah satu keunggulan HP android dibandingkan dengan lainnya, yakni kebebasan pengguna menginstall berbagai jenis aplikasi. Aplikasi ini sendiri sudah tersedia di Google Play Store, yang mana jumlahnya mencapai angka jutaan. Selain Google Play Store, pengguna juga memungkinkan mengunduh aplikasi dari situs penyedia aplikasi lain yang ada di internet. Namun sayangnya, menginstall aplikasi dari luar Play Store akan memperbesar risiko HP terkena virus atau malware.

Akan ada banyak sekali gejala yang bisa ditemukan saat HP terkena virus atau malware. Salah satunya yakni iklan yang sering muncul secara tiba-tiba di layar HP. Hal seperti ini tentunya akan sangat mengganggu mobilitas pengguna saat mengoperasikan smartphone-nya. Selain karena virus, iklan yang muncul juga bisa disebabkan oleh hal lain. Apapun penyebabnya, yang pasti munculnya iklan secara tiba-tiba di layar HP tersebut sangat meresahkan pengguna. Lantas, bagaimana cara menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android

Munculnya iklan pop up di layar HP android memang sering dialami oleh banyak pengguna. Kalau untuk iklan yang muncul saat browsing internet atau saat membuka aplikasi, ini tentunya tidak terlalu menjadi masalah. Yang paling meresahkan jika iklan yang muncul tersebut langsung pada layar utama  HP. Iklan tersebut muncul bahkan pengguna tidak melakukan aktivitas apapun pada smartphone-nya.

Untuk memblokir iklan yang muncul tiba-tiba di layar android tersebut sebenarnya sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa coba Anda terapkan, yakni:

1. Menggunakan antivirus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iklan yang muncul di layar HP ini bisa saja disebabkan oleh virus atau malware yang sudah menyusup ke sistem android. Hal ini bisa dibilang hal yang wajar, yang mana virus atau malware memang sangat mudah menyerang HP android.

Untuk mengatasinya, Anda tinggal install aplikasi antivirus di HP android. Salah satu aplikasi antivirus yang paling direkomendasikan yakni Avast Antivirus Mobile. Sekarang lakukan scan android dengan aplikasi tersebut agar virus atau malware bisa dihilangkan.

2. Uninstall aplikasi yang mencurigakan

Jika iklan yang muncul tiba-tiba tersebut terjadi sesaat setelah Anda menginstall aplikasi tertentu, maka akar masalahnya tentu dari aplikasi tersebut. Karena itulah, untuk mengatasi munculnya iklan di layar maka Anda perlu menghapus atau uninstall aplikasi yang baru diinstall tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu menghapus aplikasi yang mencurigakan dan dianggap menjadi biangkerok dari munculnya iklan. Umumnya, hal ini terjadi jika Anda sering menginstall aplikasi dari luar Play Store. Sebaiknya langsung lakukan uninstall pada semua aplikasi yang diinstall dari luar Google Play Store tersebut.

3. Menggunakan aplikasi blokir iklan

Cara menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di android berikutnya yakni menggunakan aplikasi blokir iklan. Aplikasi seperti ini memang difungsikan untuk memblokir iklan agar tidak muncul di layar HP. Tidak hanya mampu memblokir iklan pop up di layar, aplikasi semacam ini juga mampu memblock iklan di browser ataupun di dalam aplikasi dan game.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk memblokir iklan di android, salah satunya yang paling populer digunakan yakni aplikasi AdAway. Aplikasi satu ini dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Kemampuannya dalam memblokir iklan di android juga sangat baik dan tentunya membuat pengguna lebih nyaman saat mengoperasikan smartphone.

Baca juga : Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Sampai bersih

4. Melakukan Factory Reset

Mungkin saja masalah iklan yang sering muncul tiba-tiba di layar android ini sudah sangat parah. Jadi, tidak cukup jika hanya menggunakan beberapa cara di atas. Karena itulah, Anda perlu melakukan tindakan yang lebih ekstrim untuk mencegah iklan tersebut muncul kembali di android.

Dalam hal ini Anda bisa melakukan factory reset pada HP android. Untuk langkah-langkanya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama Anda perlu mematikan HP android.
  • Setelah itu, masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan dan tahan pada tombol Power dan Volume Down/Volume Up (setiap seri HP berbeda-beda cara masuk ke recovery mode). Lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut jika tampil sesuatu di layar.
  • Pada Recovery Mode, sekarang Anda pilih Wipe Cache. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data, lalu konfirmasi dengan memilih Yes, Wipe all user data.
  • Terakhir pilih Reboot System.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Paling Ampuh

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di android paling mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *