Cara Meningkatkan Performa Laptop Paling Mudah

Diposting pada 48 views

Cara Meningkatkan Performa Laptop – Laptop merupakan bentuk praktis dari perangkat komputer konvensional yang umumnya punya ukuran lebih besar. Meskipun ukurannya cukup praktis, namun fungsinya tentu sama dengan perangkat komputer pada umumnya. Karena bentuknya yang lebih praktis ini membuatnya lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, beberapa produsen laptop biasanya juga menyematkan fitur-fitur canggih yang membuat laptop semakin diminati.

Layaknya sebuah komputer konvensional, laptop bisa Anda install sistem operasi apapun, termasuk Windows. Namun, untuk menginstall Sistem Operasi Windows Anda perlu menyesuaikan versinya dengan spesifikasi laptop yang Anda miliki. Misalnya laptop Anda termasuk versi lama, maka lebih baik menginstallnya menggunakan OS Windows 7 ke bawah. Windows versi 7 ke atas diklaim cukup berat sehingga hanya cocok untuk perangkat laptop keluaran terbaru. Jika tetap dipaksakan, yang terjadi performa laptop akan menjadi lebih lambat dan bahkan sering mengalami lag.

Selain karena pengguna versi Windows yang tidak sesuai, ada beberapa penyebab lain yang membuat performa laptop menjadi menurun. Baik itu karena komponen laptop yang bermasalah atau karena ulah dari si pengguna itu sendiri. Yang pasti, performa laptop yang lambat akan membuat efektivitas pengguna dalam mengoperasikan laptop menjadi terganggu. Lantas, bagaimana cara meningkatkan performa laptop tersebut? Cukup mudah, informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Meningkatkan Performa Laptop Paling Mudah

Meningkatkan performa laptop bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang dilakukan jika kita tahu tata caranya, dan sebaliknya susah jika melakukannya secara sembarangan. tenang saja watpedia kali ini akan bahas cara meningkatkan performa laptop yang benar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Uninstall Software

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Cara yang pertama untuk meningkatkan performa laptop Windows paling mudah yakni dengan melakukan uninstall aplikasi atau software. Software yang perlu dihapus atau uninstall ini yakni yang tidak Anda gunakan atau perlukan. Percuma tentunya membiarkan software tertentu tetap terinstall di laptop, padahal Anda tidak pernah menggunakannya. Hal ini hanya akan memakan ruang di RAM sehingga membuat performa laptop menjadi menurun.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan uninstall pada aplikasi atau software bawaan laptop alias bloatware. Sama seperti sebelumnya, Bloatware hanya akan memakan banyak ruang di memori sehingga membuat performa laptop menurun. Untuk melakukan uninstall software di laptop sangat mudah, yakni:

  • Pertama Anda masuk ke menu Control Panel dengan cara klik Start Menu lalu pilih Control Panel.
  • Pilih opsi Program, kemudian klik pada opsi Programs and Features.
  • Cari dan pilih software yang ingin diuninstall.
  • Dan terakhir klik tombol Uninstall yang ada di bagian atas.
  • Tunggu sampai proses uninstall selesai.

2. Lakukan Disable Program di Startup

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Layaknya pada perangkat smartphone, di laptop juga ada beberapa jenis software yang berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Program yang sedang berjalan tersebut bisa Anda lihat melalui menu Startup yang ada di Task Manager. Jika ternyata ada banyak aplikasi atau program yang sedang berjalan di Startup tersebut, tentunya hal ini akan membuat performa laptop menjadi menurun. Karena itulah, agar performa laptop menjadi meningkat maka Anda perlu menonaktifkan atau disable program di Startup tersebut.

Untuk melakukan disable program atau aplikasi di Startup terbilang sangat mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka Task Manager dengan cara klik kombinasi tombol Ctrl + Shift + esc. Atau jika Anda tidak menemukan menu Startup maka bisa mengakses Task Manager dengan cara klik Windows + R, lalu ketik msconfig.
  • Di halaman yang muncul Anda klik menu Startup. Dan di sini Anda akan melihat list program yang berjalan serta memberatkan kinerja dari laptop.
  • Untuk melakukan disable, Anda hanya perlu klik tombol Disable All. Perlu diingat, jangan semua program Anda lakukan disable, biarkan Antivirus tetap berjalan.
  • Atau bisa juga dengan cara klik kanan pada salah satu program, lalu pilih Disable.
  • Selesai.

3. Lakukan Defragment pada HDD

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Cara meningkatkan performa laptop selanjutnya yakni dengan melakukan Defragment pada harddisk. Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan performa laptop sehingga lebih cepat dalam melakukan proses data. Defragment sendiri bisa dibilang sebagai cara penataan ulang blok file yang tersimpan di dalam HDD alias harddisk.

Defragment ini sendiri bisa kamu lakukan pada semua atau salah satu drive harddisk. Namun, untuk masalah peningkatan performa laptop yang paling utama harus dilakukan defragment yakni pada bagian drive C. Pasalnya, di dalam drive C tersebut tempat tersimpannya sistem atau instalasi Windows. Untuk melakukan Defragment pada HDD cukup mudah, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Windows Explore dengan cara klik tombol Widows + E.
  • Karena yang ingin di-defragment adalah drive C, maka Anda klik kanan pada Drive C tersebut. Selanjutnya Anda pilih opsi Properties.
  • Pada halaman pop up yang muncul, Anda masuk ke menu Tools.
  • Pilih tombol Defragment now, nanti akan muncul lagi halaman pop up baru.
  • Pada halaman tersebut Anda pilih Drive C, lalu klik tombol Defragment Disk.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Lakukan Pembersihan Disk

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Performa laptop yang melambat juga bisa disebabkan oleh file sampah yang telah menumpuk di dalamnya. Hal ini tentunya akan membuat sesak ruang penyimpanan atau memori pada laptop, sehingga kinerjanya pun juga menjadi cukup berat. Alhasil, laptop responnya menjadi lebih lambat saat diberikan perintah.

Tidak hanya performa yang menurun, terlalu banyak file sampah juga sering mengakibatkan error pada sistem. Untuk membersihkan penyimpanan dari file sampah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama Anda buka Windows Eksplore dengan cara klik tombol Windows + E.
  • Pada bagian Drive C, Anda klik kanan lalu pilih opsi Properties.
  • Pada halaman properties tersebut Anda masuk ke menu General.
  • Di bagian samping kanan terdapat tombol Disk Cleanup. Anda klik tombol tersebut.

5. Mengembalikan Browser ke Mode Default

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Performa laptop sangat lambat saat Anda membuka browser? Mungkin saja hal tersebut dikarenakan terlalu banyak ekstensi dan Add-Ons yang terpasang di dalamnya. Selain itu, terlalu banyak histori atau toolbar yang terpasang di browser juga menjadi salah satu penyebab performa laptop menjadi lebih lambat.

Untuk meningkatkan performa laptop saat browsing, Anda bisa menghapus ekstensi, histori, Add-Ons dan toolbar tersebut. Atau lebih simplenya dengan cara mereset browser ke mode default.

6. Lakukan Upgrade Komponen Hardware

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Dan cara terakhir untuk meningkatkan performa laptop yakni dengan melakukan upgrade komponen hardware. Salah satu komponen yang cukup berkontribusi dalam hal performa kinerja laptop yakni RAM. Jika ternyata RAM yang diusung di laptop Anda kapasitasnya tidak terlalu besar, maka Anda bisa melakukan upgrade agar performanya semakin meningkat. Namun, untuk melakukan upgrade RAM Anda harus tahu prosedurnya.

Selain RAM, Anda juga bisa mengupgrade komponen harddisk ke jenis SSD. SSD sendiri diklaim lebih cepat dan lancar saat booting, menjalankan aplikasi hingga melakukan shutdown perangkat.

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan performa laptop paling ampuh dan mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *