Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Diposting pada 153 views

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10 – Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi masyarakat modern sekarang ini. Pasalnya, sebagian besar masyarakat kita khususnya tidak bisa terlepas dari yang namanya internet. Apalagi dengan kehadiran smartphone android, membuat kebutuhan akan jaringan internet menjadi semakin penting bagi kehidupan masyarakat. Seperti yang kita tahu, hampir semua aktivitas di smartphone android pasti membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan dengan lebih maksimal.

Selain HP android, mengakses internet juga bisa dilakukan di perangkat elektronik lainnya. Salah satunya adalah laptop yang tentunya lebih nyaman untuk digunakan browsing. Untuk mengakses internet ini sendiri kita membutuhkan jaringannya, bisa menggunakan kuota data seluler ataupun jaringan Wifi. Namun, lebih nyaman menggunakan jaringan Wifi karena kecepatannya yang lebih stabil dan cepat.

Terkadang kita mengalami beberapa masalah saat ingin menghubungkan laptop ke jaringan Wifi. Misalnya saja tidak bisa connect Wifi di laptop dengan OS Windows 10. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi Windows 10 tersebut? Simak ulasan versi watpedia lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Masalah tidak bisa konek di laptop Windows 10 ini memang cukup sering dialami oleh beberapa pengguna. Penyebabnya pun cukup beragam, bisa karena Windows yang mengalami error atau terdapat bug. Selain itu, bisa juga masalah tersebut disebabkan oleh provider yang digunakan sedang bermasalah. Apapun penyebabnya, yang pasti hal ini cukup membuat pengguna kesal dan bingung untuk mengatasinya.

Adapun cara memperbaiki laptop tidak bisa connect Wifi Windows 10 paling mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart Perangkat (Laptop dan Router)

Cara yang pertama untuk mengatasi laptop Windows 10 yang tidak bisa connect Wifi yakni dengan melakukan restart. Pertama-tama Anda lakukan restart pada perangkat laptop dan tunggu hingga perangkat menyala kembali. Jika sudah menyala, sekarang Anda coba nyalakan lagi fitur Wifi di Laptop dan sambungkan ke jaringan Wifi. Biasanya laptop yang sebelumnya tidak bisa konek Wifi, sekarang sudah bisa.

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Jika memang masih tidak bisa connect ke jaringan Wifi, sekarang coba Anda lakukan reset pada router atau modem Wifi-nya. Selain masalah error disebabkan oleh perangkat laptop, bisa juga Wifi tidak tersambung disebabkan karena terdapat error pada router Wifi. Untuk me-reset router Anda tinggal tekan tombol reset yang biasanya ada di baguan belakang router, bersebelahan dengan port LAN dan lainnya.

2. Uninstall Driver Perangkat Wifi

Agar bisa terhubung ke jaringan Wifi, sebelumnya kita harus menginstall yang namanya driver. Seharusnya driver untuk jaringan Wifi ini tersedia dalam satu paket dengan driver perangkat lain saat install Windows. Jika Anda menginstall Windows sendiri, untuk masalah driver biasanya menggunakan tools khusus, seperti EasyDriver, DriverPack Solution dan lain sebagainya. Namun, terkadang driver yang sudah diinstall mengalami error sehingga tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Begitu pula pada driver jaringan Wifi, tidak jarang masalah error terjadi sehingga perangkat tidak bisa terhubung dengan jaringan Wifi yang ada. Untuk masalah ini, Anda perlu melakukan uninstall driver tersebut. Langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Device Manager dengan cara klik kanan pada logo Windows (Start Menu), lalu pilih Device Manager.
  • Pada halaman Device Manager sekarang Anda cari driver Wifi untuk nantinya diuninstall. Nama driver Wifi di setiap perangkat laptop mungkin berbeda-beda, misalnya saja bertulis Wireless LAN Card.
  • Klik kanan pada driver Wifi tersebut, lalu klik Uninstall.
  • Jika sudah, sekarang Anda coba lakukan restart pada perangkat laptop dan tunggu hingga menyala.
  • Setelah laptop menyala, coba Anda sambungkan lagi ke jaringan Wifi. Biasanya masalah tidak bisa konek Wifi sekarang sudah bisa teratasi.

3. Install Ulang Driver Wifi

Cara di atas memungkinkan driver Wifi akan terinstall secara otomatis setelah dilakukan restart perangkat laptop. Namun, jika ternyata langkah tersebut tetap tidak bisa memperbaiki masalah laptop Windows 10 yang tidak bisa konek Wifi, maka cara satu ini bisa menjadi alternatif lainnya. Melakukan install ulang driver Wifi secara manual mungkin akan mampu mengatasi masalah tersebut.

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Menginstall ulang atau dikenal dengan sebutan re-install driver Wifi terbilang cukup mudah. Meskipun demikian, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara melakukannya di Windows 10. Untuk melakukan cara ini Anda membutuhkan yang namanya DVD yang berisi driver resmi dari produsen laptop yang Anda miliki. Biasanya DVD driver tersebut terdapat pada kotak dus laptop saat pembeliannya. Cara update driver laptop ini terbilang lebih efektif dalam hal mengatasi masalah error pada perangkat laptop.

Jika memang DVD driver tidak bisa Anda temukan, maka Anda bisa mengunduhnya langsung dari situs resmi sesuai dengan seri laptop. Cara installnya sendiri sangat mudah, biasanya sudah tersedia di situs resmi tersebut.

4. Mengubah Channel Wifi

Oleh masing-masing produsen umumnya channel pada Wifi sudah diatur secara default, sehingga pengguna hanya tinggal menggunakannya. Namun, terakadang settingan default ini menimbulkan error pada perangkat, termasuk laptop tidak bisa connect Wifi. Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu melakukan setting secara manual.

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10

Masalah laptop tidak bisa konek ke jaringan Wifi umumnya menampilkan pesan, seperti “Windows 10 can’t connect to this network”. Untuk masalah seperti ini biasanya akan bisa diatasi dengan cara mengubah channel Wifi-nya. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda masuk ke menu Device Manager dengan cara klik Start Menu, lalu klik Device Manager.
  • Pada halaman Device Manager Anda cari driver Wifi. Klik kanan pada driver Wifi tersebut, kemudian pilih Properties.
  • Masuk ke opsi Advanced. Sekarang Anda fokus ke bagian Property, Anda klik pada opsi 802.11n Mode. Pada bagian Value-nya Anda ubah ke posisi Disabled.
  • Simpan pengaturan tersebut, lalu lakukan restart perangat laptop.
  • Setelah menyala, sekarang Anda coba sambungkan kembali ke jaringan Wifi.

5. Melakukan Reset Windows 10

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi Windows 10, reset Windows 10 bisa menjadi alternatif selanjutnya. Dengan melakukan reset maka akan membuat Windows kembali ke pengaturan default. Ini artinya aplikasi dan driver yang terinstall di dalamnya akan dihapus secara menyeluruh.

Dengan cara reset tersebut biasanya masalah error pada Windows 10 akan teratasi. Jika masih belum bisa, maka langkah terakhir yang bisa ditempuh yakni dengan melakukan install ulang Windows 10. Kemungkinan masalah error tersebut sudah dari sistem Windowsnya sehingga tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi Windows 10 yang bisa coba Anda terapkan. Semoga dara di atas bermanfaat.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *