Cara Mudah Hilangkan Aplikasi Malware di Android

Diposting pada 157 views

watpediaCara Mudah Hilangkan  Aplikasi Malware di Android – Saat ini pengguna smartphone android sudah semakin bertambah. Pemilihan smartphone android sebagai gadget utama karena tergolong pintar, mudah, dan murah. Bila dibandingkan pesaingnya seperti iOS, perangkat android jauh lebih memberikan pilihan yang beragam.

Namun, kemudahan tersebut juga sebanding dengan tingkat resiko yang ada. Perangkat android sangat mudah untuk dimasuki perangkat berbahaya (malware). Dengan kehadiran malware di Android, menyebabkan perangkat kita berjalan lambat, mudah rusak, dan bahkan membahayakan keamanan data pribadi kamu.

Untuk itu sebelum malware menyerang, sebaiknya kamu lebih selektif dalam memilih aplikasi yang akan dipasang di perangkat androidmu. Selalu cari sumber aplikasi yang tidak membahayakan perangkat dan keamanan data kamu. Namun, jika malware sudah mengancam perangkat kita, kamu masih bisa berusaha untuk membersihkan ancaman tersebut.

Baca juga : Daftar Antivirus HP Terbaik Yang Aman

Sebelum membahas cara menghapus aplikasi malware di android, perlu diketahui bahwa malware itu tidak datang dengan sendirinya. Perangkat malware akan muncul ketika kamu memasang aplikasi yang disusupi oleh sebuah malware. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kamu memilih terlebih dahulu aplikasi yang akan dipasang. Jika kamu memasang sebuah aplikasi dengan format “.apk” yang didapat dari sebuah website di internet, kamu perlu mewaspadai aplikasi tersebut. Biasanya para hacker sengaja menyusupkan sebuah malware ke dalam sebuah aplikasi yang terlihat biasa saja.

Cara Mudah Hilangkan  Aplikasi Malware di Android

Langkah paling tepat jika kamu ingin memasang aplikasi adalah menggunakan bantuan toko aplikasi resmi di android (Google Play Store) yang lebih terjamin karena aplikasi yang ada di Google Play Store sudah melalui serangkaian uji oleh Google. Aplikasi yang di Google Play Store sudah sangat lengkap dan mencukupi kebutuhan aplikasi kamu. Keunggulan lainnya adalah aplikasi tersebut memiliki pilihan rating dan ulasan yang membantu sehingga kamu tidak kebingungan dalam mencari aplikasi yang sesuai untuk perangkat android kesayangamu.

Baca juga : Inilah Aplikasi VPN gratis Untuk PC, Laptop dan Android

1. Maksimalkan keamanan dari perangkat android milikmu

Pada dasarnya perangkat android sudah memberikan pencegahan untuk menghadapi malware, salah satunya dengan membatasi pemasangan aplikasi tidak resmi. Namun, jika kamu sudah terlanjur memasang aplikasi malware, kamu harus mencoba terlebih dahulu menghapus aplikasi malware tersebut. Jika memang sulit menemukan aplikasi yang berpotensi ancaman tersebut, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pembersih bawaan smartphone. Untuk tampilan dan nama aplikasi tersebut bisa berbeda-beda bergantung kepada jenis dan merk smartphone. Biasanya nama aplikasi tersebut adalah cleaner, booster, atau security.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi di HP Android

2. Gunakan aplikasi tambahan

Jika pada perangkat android milikmu tidak terdapat sebuah aplikasi keamanan, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Untuk aplikasi yang bisa membersihkan ancaman malware, hasil yang didapat cukup banyak. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas memori yang kamu miliki. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki rating yang baik dengan disertai ulasan yang membantu.

Baca juga : 5 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis di Smartphone Android

3. Hardreset

Jika ternyata setelah kamu membersihkan dengan bantuan aplikasi ternyata tidak membantu sama sekali, kemungkinan malware tersebut tergolong ganas dan sudag menginfeksi banyak data di perangkatmu.

Untuk itu agar kamu bisa menggunakan kembali perangkatmu, sebaiknya kamu melakukan langkah terakhir yang disebut dengan hardreset. Fungsi dari hardreset adalah menghapus semua data yang ada pada perangkat android milikmu dan mengembalikan kembali ke setelan awal pabrikan. Cara ini memang ampuh untuk membersihkan ancaman malware namun beresiko tinggi. Resiko tersebut adalah kamu akan kehilangan semua data pribadi.

artikel menarik lainnya




Inilah Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Work 100%
Inilah Aplikasi Hotspot Android dan Laptop Terpopuler
Cara Unlock Bootloader Android Semua Tipe
Cara Unduh Video di Twitter Tanpa Bantuan Aplikasi
Cara Menambah Stiker Animasi pada Video Paling Mudah

Demikian artikel mengenai cara mudah menghilangkan malware di Android. Apabila tips dan trik tersebut membantu, sebaiknya kamu mulai berhati-hati dalam memasang sebuah aplikasi untuk perangkat android milikmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *