Cara Root HP Android Semua Tipe

Diposting pada 64 views
Cara Root HP Android

Cara Root HP Android – Dewasa ini HP android sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Semakin banyak tipe HP android yang dihadirkan oleh para vendor, pastinya dengan mengusung spesifikasi dan fitur canggih di kelasnya. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk masing-masing produk HP android juga semakin kompetitif. Beberapa HP canggih bahkan dibanderol dengan harga yang terbilang murah. Inilah yang menjadi alasan kenapa semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli HP android.

Berbicara mengenai HP android, pasti sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan root HP android. Khususnya bagi Anda yang suka mengoprek HP android, wajib tentunya untuk melakukan rooting HP terlebih dahulu. Dengan melakukan root HP android, maka akan memungkinkan pengguna mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkat tersebut. Itu artinya pengguna bisa melakukan apa saja pada sistem android tersebut. Lalu, bagaimana cara root HP android tersebut? watpedia akan memberikan Informasi selengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Root HP Android Semua Tipe

Mungkin masih banyak pengguna yang belum mengerti apa itu root. Root merupakan sebuah fitur di mana pengguna mendapatkan kendali dan akses penu atau SuperUser terhadap sebuah perangkat HP android. Meskipun masih asing di telinga beberapa pengguna, namun nyatanya ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika melakukan rooting HP android. Hanya saja mungkin soal keamanan HP android yang terbilang agak berisiko bahi pengguna.

Untuk melakukan root HP android Anda bisa menggunakan PC atau bisa langsung dari HP itu sendiri. Selain itu, beberapa HP android harus dilakukan unlock bootloader agar bisa dilakukan root. Tetapi, ada pula beberapa tipe HP yang tidak memerlukan unlock bootloader agar bisa diroot. Adapun langkah-langkah rooting smartphone android semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Rooting HP Android Tanpa PC atau Laptop

Cara yang pertama ini Anda tidak memerlukan bantuan yang namanya perangkat PC untuk sekedar rooting smartphone. Sebagai gantinya, di sini Anda bisa menggunakan aplikasi rooting HP android yang tersedia di Google Play Store atau situs penyedia aplikasi android lainnya.

1. Menggunakan apikasi Framaroot

Cara Root HP Android

https://apkpure.com/id/framaroot/com.jorbitaire.emae

Framaroot merupakan salah satu aplikasi untuk root HP android yang cukup populer digunakan. Aplikasi satu ini juga dibekali dengan tampilan antarmuka sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu melakukan sekali tap dan HP sudah berhasil di-root. Untuk langkah-langkah menggunakan Framaroot, yakni:

  • Langkah pertama Anda perlu menginstall aplikasi Framaroot di HP android yang ingin diroot.
  • Jika sudah, sekarang langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, Anda klik menu dropdown dan pilih opsi Superuser atau SuperSu. Kedua opsi tersebut punya fungsi yang sama, yakni me-root HP android.
  • Selanjutnya Anda pilih salah satu metode root yang ada di bawah opsi tadi. Sangat disarankan untuk Anda memilih metode Gandalf.
  • Tunggu proses root hingga selesai dan nantinya akan muncul notifikasi di layar HP.
  • Selesai.

Cara root HP android dengan Framaroot ini sendiri terbilang sangat mudah. Namun, terkadang langkah tersebut bisa gagal dilakukan di beberapa tipe HP, khususnya di HP android yang menggunakan chipset selain MediaTek.

2. Menggunakan aplikasi KingRoot

Cara Root HP Android

https://kingroot.id.uptodown.com/android

Selanjutnya ada aplikasi bernama KingRoot yang juga menjadi salah satu aplikasi root android paling populer digunakan sekarang ini. KingRoot juga sama mudahnya digunakan untuk rooting smartphone android. Layaknya aplikasi Framaroot, melakukan rooting HP android menggunakan KingRoot juga hanya memerlukan satu kali tap layar saja. Menariknya lagi, KingRoot diklaim sudah support dengan lebih dari 100 ribu tipe HP yang ada saat ini.

Adapun langkah-langkah rooting HP android menggunakan aplikasi KingRoot selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastinya Anda perlu mengunduh dan menginstall aplikasi KingRoot di HP android. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi KingRoot, selanjutnya Anda klik tombol yang disediakan. Secara otomatis aplikasi akan melakukan pengecekan apakah perangkat HP android Anda bisa diroot melalui aplikasi ini atau tidak. Prosesnya biasanya tidak terlalu lama.
  • Dan apabila ternyata HP didukung oleh KingRoot, maka aplikasi akan langsung lanjut ke proses rooting HP.
  • Anda tinggal menunggu sampai proses root HP android berhasil dilakukan.
  • Selesai.

3. Menggunakan aplikasi KingoRoot

Cara Root HP Android

https://www.kingoapp.com/

Jika memang Anda mengalami kegagalan root saat menggunakan aplikasi di atas, maka alternatif lainnya yakni menggunakan aplikasi KingoRoot. Aplikasi satu ini juga cukup mudah digunakan. Pasalnya, dibekali dengan antarmuka yang sederhana dan user firendly banget. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri tidak terlalu rumit, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi KingoRoot di HP android.
  • Jika sudah, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, selanjutnya Anda klik tombol One Click Root.
  • Anda tinggal menunggu proses rooting smartphone hingga berhasil dilakukan.
  • Sekarang Anda sudah mendapatkan hak akses penuh terhadap smartphone android tersebut.
  • Selesai.

Selain ketiga aplikasi di atas, masih ada beberapa jenis aplikasi root HP android lainnya yang tidak kalah bagus untuk digunakan. Untuk urusan fungsi kurang lebih sama, namun beberapa aplikasi ada pula yang dibekali fitur menarik yang tidak bisa ditemukan di aplikasi root HP android lainnya. Beberapa rekomendasi aplikasi root HP android terbaik lainnya, antara lain TowelRoot, VRoot, iRoot dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Rooting HP Android dengan Bantuan PC atau Laptop

Jika cara di atas tidak mengharuskan Anda menggunakan perangkat PC atau laptop, berbeda dengan cara berikut ini. Di sini Anda masih membutuhkan bantuan PC atau laptop untuk melakukan root HP android. Meskipun demikian, langkah-langkah root HP android dengan PC ini juga terbilang mudah dan efektif.

Mengenai cara root HP android dengan bantuan PC atau laptop, Anda pastinya membutuhkan juga alat lain sebagai sambungannya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kabel USB original. Mengapa harus yang original? Hal ini ditujukan agar proses root HP android menjadi lebih maksimal dan tanpa adanya kendala. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sebelum lanjut ke cara rooting HP lewat PC, Anda perlu mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu di HP android.
  • Untuk mengaktifkan USB Debugging tersebut bisa dilakukan dengan masuk ke menu Pengaturan atau Settings >> pilih Abut Phone >> kemudian klik sebanyak 5 hingga 7 kali pada bagian Build Number. Nantinya akan muncul notifikasi pop up bertulis You are now a developer.
  • Kembali ke menu Settings, kemudian pilih opsi Developer Option. Selanjutnya Anda cari USB Debugging dan aktifkan.
  • Kembali lagi ke menu Settings, lalu masuk ke opsi Security dan aktifkan pengaturan Unknown Source.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda install aplikasi root android di PC atau laptop. Beberapa rekomendasi aplikasi root android di PC, seperti iRoot, OneClickRoot, RootGenius dan lain sebagainya.
  • Jalankan aplikasi root android tersebut di PC, lalu hubungkan HP android ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Sekarang Anda bisa langsung memulai proses rooting smartphone.

Itulah tadi beberapa cara root HP android paling mudah yang bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *