Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Diposting pada 40 views

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP – Kebanyakan HP android keluaran terbaru sekarang ini sudah dibekali dengan fitur kamera yang mumpuni. Kamera yang disematkan disetiap HP android tersebut ada pula yang didukung dengan AI Camera alias kecerdasan buatan. Dukungan tersebut diklaim mampu membuat hasil jepretan foto menjadi semakin berkualitas tinggi. Hal inilah yang semakin membuat banyak orang tertarik memilih HP android sebagai sarana untuk mengoleksi foto, baik itu foto selfie maupun foto objek lain.

Berbicara mengenai foto, terkadang kita tidak sengaja menghapusnya dari perangkat android. Kalau di laptop mungkin kita masih bisa mengembalikannya dengan mudah melalui Recycle Bin. Tapi bagaimana jika yang terjadi tersebut di HP android? Di HP android tidak disediakan fitur Recycle Bin layaknya di PC atau laptop, sehingga akan cukup sulit mengembalikan foto yang tidak sengaja dihapus. Tidak perlu bingung, masih ada kok alternatif lain untuk mengembalikan foto terhapus tersebut. Berikut ini watpedia akan membahas beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP android bisa coba Anda terapkan.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Cukup mudah sebenarnya untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di HP android. Di sini Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil kembali file foto yang sudah terhapus dari perangkat HP android tersebut. Beberapa aplikasi pastinya punya fitur tersendiri untuk memaksimalkan proses untuk mengembalikan foto terhapus.

Adapun cara mengembalikan foto yang terhapus di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan aplikasi Google Foto

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.photos

Cara yang pertama untuk mengembalikan foto yang terhapus di smartphone android yakni dengan menggunakan Google Photos atau Google Foto. Sesuai dengan namanya, Google Foto ini merupakan layanan gratis dari Google yang biasanya terinstall secara default di HP android. Google Foto memungkinkan pengguna untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan foto di dalamnya secara aman.

Tidak hanya foto terbaru saja yang bisa disimpan, bahkan foto lama yang sudah terhapus juga akan tetap ada di dalam Google Foto ini. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus dari smartphone. Untuk cara mengembalikannya terbilang mudah, yakni:

  • Langkah pertama Anda buka aplikasi Google Foto yang ada di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan ada beberapa opsi yang ditampilkan, di sini Anda pilih opsi Trash.
  • Nantinya aplikasi akan menampilkan semua file foto yang pernah tersimpan di HP android dan sekarang sudah dihapus. Untuk mengembalikan foto Anda pilih salah satu foto yang ada.
  • Foto akan ditampilkan, selanjutnya Anda klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan lalu pilih opsi Restore.
  • Secara otomatis foto tersebut akan langsung kembali ke menu Galeri HP android.
  • Lakukan cara yang sama pada foto lain yang ingin Anda restore atau kembalikan.

2. Menggunakan aplikasi Dumpster

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

https://dumpster-recycle-bin.id.uptodown.com/android

Selain Google Photos, ada jenis aplikasi lain yang juga tidak kalah handal dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus dari HP android. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni bernama Dumspster. Layaknya fitur Recycle Bin di Sistem Operasi Windows, Dumpster juga memiliki kemampuan untuk menyimpan foto serta jenis file lain yang dihapus dari perangkat. Nantinya Anda juga masih bisa mengembalikan foto atau file lain tersebut jika memang masih dibutuhkan.

Pengembalian foto masih bisa dilakukan jika Anda belum menghapusnya secara permanen dari Dumpster. Untuk langkah-langkah mengembalikan foto terhapus dengan aplikasi Dumpster, yakni:

  • Langkah pertama Anda install aplikasi Dumpster di HP android.
  • Jika sudah, langsung Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi Anda klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi, sekarang Anda pilih opsi Deep Scan Recovery.
  • Nantinya pada aplikasi akan ditampilan list foto yang pernah disimpan dan sekarang sudah terhapus dari perangkat HP android. Sekarang Anda bisa memilih salah satu foto yang ingin di-restore atau dikembalikan.
  • Foto yang dipilih tadi akan ditampilkan, selanjutnya Anda klik tombol Restore to Gallery untuk mengembalikan foto tersebut ke galeri HP.

3. Menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.defianttech.diskdigger&hl=in

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP paling mudah berikutnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi bernama DiskDigger Photo Recovery. Aplikasi satu ini tidak kalah populer digunakan untuk urusan mengembalikan foto yang sudah dihapus dari HP android. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery juga bisa Anda gunakan secara gratis dan tidak membutuhkan akses root. Seperti yang kita tahu, melakukan rooting HP android akan membuat sistem keamanan HP menjadi lebih rentan terhadap virus dan serangan hacker.

Tampilan antarmuka dari aplikasi DiskDigger Photo Recovery ini tampak sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Untuk langkah-langkah mengembalikan foto yang sudah dihapus dengan DiskDigger Photo Recovery, yakni:

  • Langkah pertama Anda install aplikasi DiskDigger Photo Recovery di HP android.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Masuk ke opsi recovery foto dan lakukan scanning. Di sini akan tampil list foto yang sudah terhapus dari perangkat HP android Anda.
  • Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin Anda kembalikan atau restore.
  • Selanjutnya Anda tinggal lakukan restore foto.

4. Menggunakan aplikasi Deleted Photo Recovery Free

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.greatstuffapps.deletedPhotoRecoverySD&hl=en_US

Satu lagi aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP android terbaik yakni Deleted Photo Recovery Free. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini bisa Anda gunakan decara gratis. Deleted Photo Recovery Free juga didukung dengan user interface yang simple dan sederhana, sehingga cukup mudah untuk digunakan. Cara kerja dari aplikasi ini yakni dengan mencari atau scanning memori untuk menemukan foto yang pernah ada dan sudah dihapus.

Pada list foto yang sudah ditemukan saat scanning tersebut bisa Anda pilih foto mana yang ingin dikembalikan. Cukup tandai foto dan pilih restore untuk mulai mengembalikan foto ke menu Galeri HP. Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Deleted Photo Recovery Free ini diklaim sangat cepat dalam pemindaian dan pengembalian foto.

5. Menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.greatstuffapps.digdeep&hl=en

Dan cara terakhir untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus di HP android yakni menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery. Hampir sama dengan aplikasi lainnya, DigDeep Image Recovery juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan foto terhapus dengan cepat dan efisien. Tidak hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus di memori internal saja, melainkan juga bisa mengembalikan foto terhapus dari microSD atau memori eksternal.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Mula-mula aplikasi DigDeep Image Recovery akan melakukan scanning untuk mencari foto yang pernah ada dan sudah dihapus. Dari list foto yang sudah ditemukan tersebut Anda bisa memilih foto yang ingin dikembalikan.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di smartphone android paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *