Bingung, Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop? Yuk Simak

Mungkin Anda sering di buat panik karena file penting Anda terhapus tidak sengaja, namun tidak tau cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop. Jangan terlalu pusing memikirkan hal tersebut, karena cara mengembalikan file yang terhapus tidaklah terlalu sulit. Perkembangan teknologi yang semakin pesat seharusnya membantu mengatasi permasalahan seperti file yang terhapus, kini terdapat banyak software yang membantu Anda mengembalikan file penting Anda yang hilang.

mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop

Akan tetapi, hal yang perlu di perhatikan sebelum Anda menggunakan berbagai program yang membantu mengembalikan file-file yang terhapus terdapat beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut akan menjamin file Anda yang terhapus akan kembali dengan kondisi yang baik. Berikut merupakan syarat-syaratnya.

  • Jangan menambah file-file baru pada drive tempat Anda menyimpan file tersebut yang di hapus.
  • Tidak boleh memasang aplikasi baru program apapun pada drive Anda.
  • Jangan menyimpan data apapun yang sudah di recover ke dalam drive Anda.

Apabila syarat di atas sudah Anda cermati dengan benar, sebab syarat tersebut akan membantu mengembalikan file Anda yang sudah terhapus dengan selamat. Jika Anda terlalu banyak menyimpan data baru di drive, akan di khawatirkan file ang terhapus akan tertimpa oleh file-file yang baru dan menyebabkan rusaknya bahkan file yang terhapus sama sekali tidak bisa di kembalikan.

            Nah, jika Anda sudah memenuhi beberapa syarat di atas. Sekarang saatnya Anda memilih beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengembalikan file-file yang terhapus. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda dalam mengatasi file yang hilang karena terhapus dengan sengaja maupun tidak adalah sebagai berikut.

            Beberapa aplikasi yang membantu Anda mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop di antaranya adalah sebagai berikut.

1.Stellar Phoenix.

Stellar Phoenix merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengembaliikan file yang terhapus dengan mudah. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengembalikan data yang terhapus dari satu folder sekaligus maupun mengembalikan file tertentu. Stellar Phoenix tidak hanya mengembalikan data hardisk saja melainkan membantu Anda mengembalikan data dari CD, DVD, SD Card maupun USB Drive.

Stellar Phoenix dapat membantu Anda mengembalikan file yang berjenis dokumen musik, video, maupun gambar. Selain itu,Stellar Phoenix juga membantu Anda mengembalikan file arsip seperti ZIP ataupun database dengan baik.

2.R-Studio.

Akan menyesal apabila Anda melewatkan program aplikasi yang satu ini. R-Studio merupakan apliaski yang sangat cocok di gunakan oleh siapa saja. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan pencarian file yang sederhana maupun kompleks layaknya ahli computer.

R-Studio akan bekerja dengan baik apabila Anda mencari berbagi jenis file yang terhapus untuk dikembalikan seperti semula dengan beberapa langkah saja. Selain itu, R-Studio juga akan membantu Anda mengembalikan data dari perangkat yang terhubung dengan PC semacam hard disk eksternal ataupun flash disk.

Apabila file Anda di temukan dengan keadaan rusak, Anda tetap bisa memperbaikinya dengan menggunakan text-and-hexadecimal editor jika Anda mempu menguasainya. Bahkan, apabila OS Windows computer Anda rusak, Anda hanya melakukan recovery menggunakan R-Studio melalui bootable USB Drive.

3.EaseUS Data Recovery.

Tidak kalah dengan program aplikasi lainnya, EaseUS Data Recovery bisa Anda andalkan saat file-file Anda terhapus. EaseUS Data Recovery bukan hanya bekerja memulihkan file yang hilang di laptop atau PC saja, namun juga bisa mengembalikan file pada perangkat removable lainnya.

EaseUS Data Recovery memiliki kelebihan yaitu mampu melakukan ­backup file-file pada laptop Anda. Dengan menggunakan program aplikasi ini, Anda juga bisa mengembalikan e-mail yang sudah terhapus dengan menggunakan EaseUS Data Recovery.

EaseUS Data Recovery juga di lengkapi dengan fitur-fitur scanning yang fleksible, dan memulihkan lebih dari 1000 jenis format file seperti video, gambar, audio, dokumen maupun format file lainnya.

4.Pandora Recovery.

Program aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk para pemula adalah Pandora Recovery. Sebab, aplikasi ini menggunakan wizard untuk memandu Anda dalam proses pengembalian data yang hilang.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop.

Tinggalkan komentar