Kenapa Memory Card Tidak Terbaca di HP dan Komputer? Ini Penjelasannya

Diposting pada 49 views
Kenapa Memory Card Tidak Terbaca di HP dan Komputer

Kenapa Memory Card Tidak Terbaca di HP dan Komputer – Memory Card  merupakan salah satu alat penyimpanan data yang paling banyak digunakan sekarang ini. Memory card ini sendiri biasanya dipasang di perangkat handphone, khususnya ponsel pintar atau smartphone. Fungsi dari kartu memori tersebut tidak lain sebagai ruang penyimpanan tambahan pada smartphone. Peranannya menjadi lebih penting jika memori internal yang disematkan di HP tidak terlalu besar. Ditambah lagi dengan kebutuhan ruangan bagi para pengguna yang terbilang sangat besar.

Penggunaan memory card ini sendiri terkadang tidak selalu mulus. Memory card atau kartu memori sering juga mengalami masalah error. Salah satu masalah error yang sering dialami oleh pengguna yakni memory card yang tidak terbaca di HP. Untuk memperbaikinya, biasanya pengguna juga akan mengetes kartu memori tersebut di perangkat komputer melalui Card Reader. Terkadang juga cara tersebut tidak mampu menyelesaikan masalah, memory card juga tidak terbaca di komputer atau PC. Kenapa memory card tidak terbaca di HP dan komputer? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut bisa Anda simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Dengan Mudah

Kenapa Memory Card Tidak Terbaca di HP dan Komputer?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab memory card tidak terbaca. Penyebab tersebut bisa dari komponen fisiknya yang rusak atau bisa juga kerusakan terjadi pada perangkat pembaca (HP atau komputer). Lantas, kenapa memory card tidak terbaca di HP dan komputer? Berikut ini jawaban selengkapnya, yakni:

1. Kerusakan pada komponen memory card

Kemungkiman pertama yang menyebabkan memory card tidak terbaca yakni karena ada komponen memory card yang rusak. Misalnya saja chip atau kuningan pada memory card yang tergores atau bahkan patah. Jika hal ini terjadi tentunya kartu memori tidak bisa digunakan lagi. Semua file dan data yang tersimpan di dalamnya juga akan hilang dan tidak bisa diakses.

Jika yang terjadi hanya karena kotoran yang menempel di chip atau kuningan memory card, maka masalah ini masih bisa Anda perbaiki. Caranya yakni dengan menggosok secara perlahan pada kuningan memory card tersebut menggunakan karet penghapus pensil. Jika sudah, coba pasangkan kembali ke smartphone.

2. Memory card terjangkir virus

Selain karena kerusakan fisik, kemungkinan juga memory card tidak terbaca disebabkan oleh adanya virus di dalamnya. Virus ini sendiri bisa saja manyusup dari mana pun, bisa dari situs yang Anda akses di internet, aplikasi yang diinstall, hingga file yang didownload dari internet.

Virus ini sendiri memang ada banyak jenisnya, salah satunya yakni virus yang bisa membuat kartu memori tidak terdeteksi di HP maupun komputer. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan scan memory card atau bisa juga dengan melakukan format.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Komputer Yang Boros Listrik

3. Kebiasaan mencabut dan memasang memory card

Inilah salah satu kebiasaan buruk pengguna dalam hal penggunaan memory card pada smartphone-nya. Sebagian dari mereka terlalu sering mencabut dan memasang kembali memory card pada smartphone untuk keperluan tertentu. Kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang seperti ini biasanya akan membuat chip atau kuningan dari memory card menjadi tergores. Dan lagi, jika hal tersebut dibiarkan akan membuat memory card susah untuk dibaca atau dideteksi lagi.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa mengakibatkan slot memori pada ponsel menjadi rusak. Dan jika ini terjadi tentunya HP tidak bisa lagi mendeteksi memory card.

4. Terdapat file rusak di dalamnya

Memory card berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis file yang nantinya bisa diakses melalui perangkat HP maupun komputer. Namun, terkadang pengguna tidak sengaja atau tidak tahu kalau file yang disimpan di dalam memory cardnya tersebut merupakan file rusak.

Pada beberapa kasus, file rusak yang dipaksa disimpan di memory card bisa menyebabkan memory card tersebut mengalami error. Dan salah satu error yang biasa terjadi yakni memory card tidak terbaca atau terdeteksi oleh perangkat HP ataupun komputer.

Baca juga: Inilah Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Laptop Dengan Mudah

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa memory card tidak terbaca di HP dan dan komputer. Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, tentu nanti Anda akan lebih udah untuk melakukan perbaikan pada memory card tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *