Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Diposting pada 274 views

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah – Mengulas tentang istilah jaringan komputer memang begitu banyak sekali jenisnya, mungkin anda pernah mendengar dari beberapa jaringannya yang disebut dengan istilah LAN atau pun juga WAN. Pada informasi kali ini yang akan di bahas mengenai pembangungan sebuah jaringan komputer, beserta jenis-jenis yang berkaitan.

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Tahukah anda, apa jaringan komputer itu? mengenal kata jaringan memang banyak sekali atau bisa dibilang lebih dari satu komputer yang saling terhubung. Jaringan ini memang dikombinasikan oleh hardware maupun software, sehingga membentuklah hubungan dari kekomputer yag satu dengan komputer lainnya.

Pada jaringan komputer opsinnya ada dua antara menggunakan kabel untuk menyambungkannya ke suatu perangkat lainnya, dan bisa juga menggunakan wireless tanpa adanya kabel bisa dibilang memanfaatkan hantaran udara. Jaringan gunakan kabel ini perangkat pendukung seperti coaxial cable, optical fiber dan juga kabel bahan tembaga. Sedangkan untuk jaringan wireless cara konksinnya hanya memanfaatkan sebuah titik, di antarannya satelit, siaran radio dan lain sebagainnya.

Jaringan komputer bisa dilakukan dengan pengaturan publik dan private, artinnya jika anda ingin tampilannya private maka harus memasng user dengan memasukkan kredensialnya, sehingga jika ingin menyambungkannya harus ada kata sandi terlebih dahulu. Untuk opsi jaringan publik sifatnya umum tanpa harus ada batasan akses jaringan.

Baca juga : Pemakaian Bersama Sumber Daya dalam Jaringan Komputer Dikenal dengan Istilah?

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah?

Untuk pertanyaan ini sebenarnya jawabannya sangat mudah, hanya saja tidak semua orang mengetahuinya. Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah TOPOLOGI. Topologi ini sendiri memang sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku jaringan komputer. Meski demikian, tidak jarang pula sebagian dari mereka belum tahu betul apa definis dari topologi tersebut.

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer

Berbicara mengenai skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer, sebenarnya banyak sekali macam dan jenisnya. Mungkin salah satunnya anda sudah pernah mengetahuinya, langsung saja biar tidak penasaran langsung saja simak di bawah ini.

1. Jaringan LAN

Yang pertama, jaringan LAN yang biasannya disebut juga dengan Local Area Network merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan dari jarak pendek. Biasannya banyak di gunakan di ruangan kantor, sekolahan dan sebagainnya.

Jaringan LAN biasannya dikelolah hanya dengan satu orang saja, di samping itu jaringan LAN juga bisa menggunakan wireless, untuk megkoneksikan pada saluran Wi-Fi.

2. Jaringan MAN

Jaringan satu ini kebalikan dari LAN di atas, dimana jaringan yang dapat di koneksikan oleh dua komputer maupun lebih dalam satu wilayah. Jadi jaringan LAN ini tidak memungkinkan jika antara jarak dari dua LAN maka tidak akan bisa di hubungkannya.

Baca juga : Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

3. Jaringan WAN

Disebut sebagai Wide Area Network, dimana jaringan ini bisa dibilang router, yang menghubungkan antara jaringan lainnya seperti LAN menuju WAN. Untuk IP Address-nya terseimpan di dalam router.

4. Jaringan PAN

Bisa dikatanakan hampir sama dengan koneksi jaringan lainnya LAN, Pearson Area Network/ PAN ini hubungannya tidak luas hanya sebatas dari rumah ke rumah atau pun ruang kantoran saja. Biasannya yang anda ketahui jaringan ini di pakai oleh printer maupun internet.

5. Jaringan CAN

Jika jaringan PAN hampir sama dengan LAN, kali ini jaringan CAN bisa dikatakan sama dari MAN. Untuk jaringan CAN sendiri memang biasannya di khususkan pada koneksi di lingkup pendidikan seprti ruangan komputer, praktik, dan ruangan lainnya yang memiliki koneksi jaringan komputer.

6. Jaringan Internet

Seperti yang anda ketahui internet merupakan jaringan paling banyak diminati dan bahkan jaringan ini banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Hampir aktivitas sehari-hari sudah merasakan yang namannya internet, di samping itu jaringan internet bisa dihubungkan oleh banyak perangkat seperti laptop/ PC, smartphone, Televisi, CCTV dan lain sebagainnya.

Cara menghubungkan jaringan internet ini banyak sekali macamnya, ada sifatnya umum bisa langsung terkoneksi. Sedangkan yang bersifat private anda perlu menulis passwordnya. Dan juga ada opsi menggunakan wifi.id dimana anda harus membeli voucher untuk mendapatkan username beserta passwordnya.

7. Jaringan VPN

Satu lagi untuk jaringan VPN ini memang digunakan ketika web di tutup atau private maka bisa terbuka kembali. Selain itu manfaat menggunakan VPN ini koneksi internetnya aman so bisa dijadikan untuk kebutuhan transmisi data.

Baca juga : Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? Ini Jawabannya

Nah, itulah tadi mengenai Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah. Semoga bermanfaat sekaligus menambah wawasan anda semuannya.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *