Inilah Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup! Lakukan Hal Ini Sebagai Pertolongan Pertama!

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup –  Selau ada kendala yang akan Anda temukan ketika menggunakan Laptop atau PC. Entah itu kerusakan pada Software maupun Hardware tentunya akan sangat menggangu aktifitas dan pekerjaan Anda yang berhubungan dengan Laptop.

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Pernahkan Anda mengalami kendala saat meyalakan Laptop seperti tidak dapat menyala padahal sudah berulangkali dicoba? Pastinya seketika Anda akan panic dan bertanya-tanya penyebab kendala yang sedang terjadi pada Laptop.

Atau ketika tiba-tiba Laptop mati saat sedang digunakan juga sangat disayangkan apabila Anda sedang mengerjakan sesuatu yang belum tuntas atau disave sebelumnya pasti data otomatis akan hilang.

Meskipun Anda bukan ahli dalam bidang IT untuk mengatasi kendala tersebut, Sangat membanggakan jika teryata Anda dapat memberika pertolongan Pertama dalam menghadapi hal tersebut.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup agar dapat dengan tepat mengatasinya dengan langkah-langkah yang akan kami sampaikan dalam artikel ini. Diantaranya :

Batrai Laptop yang Bermasalah

Penyebab pertama yang sangat umum terjadi yakni tidak mengecheck kondidi Batrai Laptop yang digunakan. Banyak orang yang sering terlewatkan dalam memastikan kondisi batrai pada Laptop sebelum digunakan untuk waktu yang lama.

Sehingga kemungkinan penyebabnya adalah daya batrai Laptop yang habis sehingga Laptop tidak mau menyala. Langkah yang dapat Anda lakukan dengan segera adalah dengan menghubungkan Laptop milik Anda dengan Adptor listrik untuk mengisi daya baterai samapi penuh.

Hal ini Anda memerlukan beberapa waktu agar supply daya batraicukup digunakan untuk waktu yang lama. Namun, apabila Anda telah mengisi daya Batrai Laptop tetapi tetap saja tidak mau menyala. Bisa jadi dikarenakan ada kerusakan pada Batrai itu sendiri ataupun karena konektor batrai yang bermasalah.

HDD yang bermasalah

Penyebab selanjutnya yakni karena HDD yang rusak dengan ditandai tampilan layar Laptop Nada kosong dan hanya bertuliskan “HDD Tidak terdeteksi”.

Maka saat itu juga Anda dapat membongkar dan membersihkan HDD terlebih dahulu utnuk kemudian dipasang kembali dan dinyalakan ulang. Tetapi apabila hal itu tidak berfungsi, HDD pada Laptop Anda harus diganti ke yang baru karena sudah rusak.

RAM yang bermasalah

Apabila layar tampilan Laptop Anda hanya Blank berwarna Hitam, sudah jekas jika RAM Laptop Anda bermasalah. RAM bisa saja mengalami kerusakan yang fatal sehingga tidak bisa digunakan lagi, tapi bisa jadi kerusakannya disebabkan karena kotor atau longgar.

Sama seperti HDD, Anda hanya perlu membersihkan RAM dengan membongkarnya. Anda dapat membuka RAM dengan membersihkan PIN dengan alat khusus atau memakai kain lap. Jika sudah bersih, Anda dapat menyalakan ulang Laptop milik Anda.

Masalah Pada Processor

Kendala selanjutnya yakni Prosesor yang merupakan komponen utama dari laptop mengalami Hang dan tidak dapat menyala meskipun lampu indicator power telah menyala.

Dan biasanya hal ini disebabkan karena banyak sekali debu yang menumpuk sehingga menggangu kinerja prosessor. Sama seperti uraian diatas, Anda dapat membersihkannya dengan membongkar Laptop menggunakan alat khusus untuk membuka prosessor. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian Isothermal apakah masih terlihat baik atau harus diganti yang baru karena sudah rusak.

Dalam pengecheckan processor lebih rumit karena perlunya sikap hati-hati karena kaki-kaki Pin yang berukuran kecil sangat rentan bengkok dan patah. Selanjutnya, Anda juga dapa mengecheck pembuagan angin pada laptop karena debu mengendap disana.

Mainboards yang bermasalah

Mainboards merupakan istilah korsleting pada komponen dalam Laptop. Langakh yang Anda lakukan yakni dengan melepas semua komponen termasuk Hardsk, wifi Card, DVD yang ada pada Laptop Anda dan membersihkannya dari debu. Setelah itu, Anda cek juga apakah ada komponen yang terbakar, jika iya sebaiknya Anda ganti Mainboard.

Baca juga : Laptop Lenovo Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Demikian artikel tentang penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup beserta solusi pertama yang dapat Anda lakukan. Namun, apabila semua langkah telah dilakuka tetapi tetap belum berhasil, Membawa Laptop Anda kepada ahlinya di tempat Service merupakan pilihan terakhir yang paling tepat. Sekian, Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan komentar