Nih Bisa Dicoba Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian Paling Gampang!

keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf – Mengetik merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan pada PC atau Laptop. Keyboard tentunya menjadi salah satu kompenen terpenting dalam sebuah Laptop.

Pada setiap tombolnya  Keyboard memiliki fungsi tersendiri selain di gunakan untuk mengetik. Apalagi sekarang pekerjaan di lakukan dari rumah atau Work from home (WFH) mengharuskan seorang pekerja yang berhubungan dengan alat elektronik seperti laptop sangat membutuhkan tombol keyboard.

Ketika keyboard terlalu sering di gunakan, pastinya ada beberapa fungsi  dari beberapa tombol tersebut yang memiliki kendala saat di gunakan atau jika terlalu parah akan rusak dan tidak dapat di gunakan lagi.

keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf nah ini yang paling menyebalkan di laptop yang sering terjadi pada temen-temen iakan ?

Hal itu dapat di tandai dengan matinya tombol-tombol penting seperti hurup A,R,S dan tombol pintasan lainnya. Pasti sangat menjengkelkan bukan karena menggangu aktifitas Anda?

keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf

Kendala pada tombol keyboard yang tidak berfungsi bisa saja penyebabnya selain sering di gunakan dan penekanan tombol yang sangat keras juga karena adanya banyak debu atau kotoran yang masuk pada sela-sela.

Perlu Anda ketahui Bahwa tidak menutup kemungkinan penyebab lain tombol keyboard tidak berfungsi adalah karena adanya konsleting tegangan yang mengaklir di keyboard Laptop atau PC, atau ternyata terdapat konektor keyboar yang terlepas.

Jika sudah terjadi dan di ketahui penyebab kerusakan,  Anda dapat membawa ke tempat Service Center terdekat untuk diperiksa kerusakannya apabila masih memiliki masa garansi.

Namun jika tidak, Anda tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian dengan tangan Anda sendiri.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya dan tombol keyboard dapat berfungsi seperti semula. Adapun ulasan mengenai Keyboard yang tidak berfungsi sebagian antara lain :

Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian Dengan megetahui Peyebabnya

Sebelum memperbaikinya, Anda wajib mengetahui dan memastikan penyebab utama daripada kerusakan Laptop yang tidak berfungsi sebagian tersebut.

Apakah itu penyebabnya dari system Software atau Hardware pada Laptop atau PC Anda. Dengan mencoba akses BIOS pada Laptop, Anda dapat memastikan jika dpat masuk dengan menggunakan keyboard kemungkinannya kerusakan terjadi pada system Software.

Namun, jika ternyata di dapati konektor dalam Keyboard yag bermasalah berarti penyebab utama dari pada kerusakan terebut ialah system Hardwarenya.

Melakukan Pembersihan Pada Keyboard

Setelah mengetahui penyebab utama dari pada kerusakan sebagian pada tombol keyboard, kemungkinan lain ialah di sebabkan karena banyak sekali debu dan otoran yang berada di sela-sela tombol keseluruhan Keyboard.

Maka, Anda hanya harus membersihkannya. Caranya gampang sekali! Anda hanya harus memiringkan Laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkannya agar debu terangkat.

Cara lain yakni dengan menempelkan selotip yang lengket pada sela-sela keyboard agar dapat terangkat keseluruhan.

Baca juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Efektif

Melakukan Restart

Ketika Anda menggunakan Keyboard dan di tengah-tengah penggunaanya seluruh keyboard tidak merespon, sudah pasti itu karena kerusakan pada system Software. Anda tidak perlu panik berlebihan, karena tinggal melakukan Restart pada Laptop Anda.

Melakukan Restore windows

Biasanya ini terjadi ketika Keyboard Anda berhenti bekerja setelah Laptop melakukan Instalisai pada setiap aplikasi baru. Cara menrestore Windows yakni :

  • Memilih menu “Start” dan klik option Control Panel
  • Selanjutnya, Anda dapat klik option bertuliskan “System and Security” dan klik juga “Back Up Your Computer”
  • Terakhir Anda dapat klik option “Open System Restore”

Jika sudah berarti Laptop Anda telah melakukan reboot dan tombol keyboard akan berfungsi lagi.

Memperbaiki Driver Keyboard

Dalam hal ini, peyebab kerusakan keyboard yang tidak berfugsi sebagian di karenakan tidak terupdatenya driver keyboard atau adanya aplikasi yang kurang responsif. Sehingga langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Pilih menu “Start” dan “Control Panel”
  • Selanjutnya pada option Control Panel Anda klik “System and Security” dan “Device Manager”
  • Terakhir, Anda akan menemukan pilihan ”Menu Driver”. jika terlihat segitiga kuning dengan tanda seru di dalamnnya, ANda harus segera mengupdate Driver.
  • Membawa Laptop atau PC Anda ke Service Center Resmi

Ini merupakan langkah terakhir yang Anda lakukan jika seluruh cara di atas belum mampu mengatasi kerusakan tombol keyboard yang tidak berfungsi sebagian agar dapat cepat di perbaiki.

Baca juga : Yuk Simak Cara Memperbaiki Keyboard Acer Yang Tidak Berfungsi!

Demikian Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian dari Artikel kami. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan komentar